Resep Sayur Asem Jatim Anti Gagal

Diposting pada

Sayur Asem Jatim. Ada banyak versi untuk sayur asam atau asem. Salah satunya sayur asem ala Jawa Timuran yang menambahkan sayur kangkung dan timun krai. Ciri khas yang lain yaitu citarasanya yang cenderung pedas.

Resep Sayur Asem Jatim Anti Gagal Rasanya seger dan paling mantab di makan bersama sambal terasi dan ikan asin. Sayur asem di atas mempunyai ciri khas masig-masing. Sayur asem Jakrta memakai kemiri dan buah melinjo.

Anda sedang mencari inspirasi resep sayur asem jatim yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal sayur asem jatim yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sayur asem jatim, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan sayur asem jatim yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan spesial.

Ada banyak versi untuk sayur asam atau asem. Salah satunya sayur asem ala Jawa Timuran yang menambahkan sayur kangkung dan timun krai. Ciri khas yang lain yaitu citarasanya yang cenderung pedas.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan sayur asem jatim sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sayur Asem Jatim memakai 12 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Sayur Asem Jatim:

  1. Sediakan 1 ikat kangkung (potong).
  2. Sediakan 1 buah jagung (potong2).
  3. Sediakan 7 buah cabai rawit.
  4. Gunakan 3 siung bawang merah.
  5. Siapkan 1 siung bawang putih.
  6. Ambil 1/2 bungkus terasi abc.
  7. Sediakan 1 butir kemiri.
  8. Gunakan 1 sdt gula.
  9. Siapkan secukupnya air asam Jawa.
  10. Gunakan garam.
  11. Siapkan royco ayam.
  12. Sediakan 1 Batang serai.
BARU  Resep Sayur Tahu Cabe Ijo yang Enak

Kalau sayur asem Jawa Timur memakai krai, kangkung serta asem mentah. Sayur asem mempunyai cita rasa yang segar, asem dan manis. Bahan utama sayur asem biasanya kacang panjang, labu siam , kacang tanah dan kecambah delai tentu dicampur dengan. Di siang hari yang panas, menyantap seporsi sayur asem memberikan sensasi tersendiri.

Cara membuat Sayur Asem Jatim:

  1. Cuci sayur sampai bersih dan tiriskan..
  2. Haluskan semua bumbu (untuk serainya digeprek)..
  3. Siapkan air di panci dan tunggu sampai mendidih. Setelah mendidih masukkan jagung sampai matang..
  4. Setelah itu masukkan semua bumbu yang sudah dihaluskan dan air asam. Cek rasa. Terakhir masukkan sayur kangkung. Tunggu smpai kangkung layu dan airnya mendidih kembali..
  5. Matikan kompor. Dan sayur asemnya siap dihidangkan….

Kuahnya yang asam manis segar, berpadu dengan kerenyahan sayuran di dalamnya memberikan suntikan tenaga baru untuk menghadapi hari. Tidak banyak yang tahu dari mana resep sayur asem ini bermula. Siapa yang tak kenal #masakanndeso satu ini hayoo,,,,Yahhh #sayurasem tentu bunda semua tahu khan. Yups sayur asem ini merupakam salah satu #resepmasakannusa. Ada sayur kangkung, tauge, dan timun krai.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan sayur asem jatim yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!