Bagaimana Membuat Sayur Asem Banyuwangi/Kesrut yang Sempurna

Diposting pada
Bagaimana Membuat Sayur Asem Banyuwangi/Kesrut yang Sempurna

Sayur Asem Banyuwangi/Kesrut. Satu lagi menu khas Banyuwangi request dari suami,umumnya berisi ayam dg kuah asam pedas yg segar.orang Banyuwangi sendiri tidak hanya membuatnya dari ayam namun juga bisa diganti dg daging sapi,kambing,telur,bahkan tahu tempe+sayuran. Resep Sayur Kesrut Khas Banyuwangi – Sayur kesrut atau uyah asem ayam merupakan makanan dengan bahan dasar ayam dan diolah bersama bumbu-bumbu khasnya. Makanan khas Banyuwangi ini memiliki rasa yang pedas dan sedikit asam.

Bagaimana Membuat Sayur Asem Banyuwangi/Kesrut yang Sempurna Trus keinget kemarin dikasi ibu ayam kampung langsung kepikiran bikin sayur khas dari kotaku yaitu uyah asem atau bekennya jangan kesrut ? Sayur Kesrut Khas Banyuwangi yang Cukup Menggoda 'jangan' dalam Bahasa Indonesia artinya sayur yang berkuah. Ayam kesrut atau biasa disebut uyah asem adalah makanan khas suku Osing yang ada di Banyuwangi, Jawa Timur. Menu berkuah ini mirip seperti sup ayam pada umumnya, namun berbahan ayam kampung muda.

Sedang mencari inspirasi resep sayur asem banyuwangi/kesrut yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal sayur asem banyuwangi/kesrut yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Satu lagi menu khas Banyuwangi request dari suami,umumnya berisi ayam dg kuah asam pedas yg segar.orang Banyuwangi sendiri tidak hanya membuatnya dari ayam namun juga bisa diganti dg daging sapi,kambing,telur,bahkan tahu tempe+sayuran. Resep Sayur Kesrut Khas Banyuwangi – Sayur kesrut atau uyah asem ayam merupakan makanan dengan bahan dasar ayam dan diolah bersama bumbu-bumbu khasnya. Makanan khas Banyuwangi ini memiliki rasa yang pedas dan sedikit asam.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sayur asem banyuwangi/kesrut, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan sayur asem banyuwangi/kesrut yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat sayur asem banyuwangi/kesrut sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Sayur Asem Banyuwangi/Kesrut menggunakan 9 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

BARU  Cara Gampang Menyiapkan Sayur bening bayam jagung wortel yang Enak

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Sayur Asem Banyuwangi/Kesrut:

  1. Ambil 250 gr ayam (bisa ceker,leher,jeroan/daging.).
  2. Ambil 1 bungkus manisa serut (saya beli 1000 rupiah).
  3. Siapkan 5 siung bawang merah.
  4. Siapkan 1 siung bawang putih.
  5. Gunakan 10 buah cabe rawit.
  6. Ambil 1 buah tomat merah.
  7. Ambil 2 buah tomat ranti.
  8. Gunakan 3 lembar daun jeruk.
  9. Gunakan Secukupnya gula,garam,kaldu bubuk & belimbing wuluh.

Gak cuma itu, ayam kesrut juga mempunyai cita rasa asam yang tentunya menciptakan sensasi segar, ketika kamu menyantapnya. Kata kesrut ternyata diambil dari cara makan yang diseruput atau masyarakat. Sayur ini juga dimasak dengan kuah asem bening dengan tambahan kecambah besar. Menu ini cukup langka disediakan di rumah makan daerah Banyuwangi.

Langkah-langkah membuat Sayur Asem Banyuwangi/Kesrut:

  1. Rebus ayam dg 200 ml/1 gelas belimbing air+daun jeruk,goreng bawang cabe+tomat..
  2. Haluskan bumbu yg udah digoreng & masukkan dalam rebusan ayam,tambahkan segelas air & masukkan manisa..
  3. Tambahkan gula garam kaldu+irisan blimbing & aduk rata,tes rasa & sajikan.?.

Sop kesrut adalah makanan legendaris khas Banyuwangi yang mulai jarang ditemukan. Kuliner kuno Suku Osing ini untungnya bisa kamu cicipi di Ayam Kesrut Kanggo Riko. Penampilannya mirip dengan sayur asem, bedanya sajian sop Kesrut menggunakan potongan daging ayam kampung dan kuah asam pedas. Kalau di Banyuwangi ayam kesrut jadi andalannya. Nikmatnya ayam kesrut atau uyah asem adalah kombinasi asem dan gurih.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat sayur asem banyuwangi/kesrut yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!