Bagaimana Membuat Ayam Woku Khas Manado yang Sempurna

Diposting pada
Bagaimana Membuat Ayam Woku Khas Manado yang Sempurna

Ayam Woku Khas Manado. Ayam woku biasanya dimasak hingga kuahnya mengental dan sedikit menyusut. Hati-hati, bila menurut pengalaman, nasi sepiring saja belum cukup untuk puas menikmatinya. Sudah bukan rahasia lagi bahwa makanan khas Manado yang satu ini bercita rasa pedas dan sarat akan penggunaan.

Bagaimana Membuat Ayam Woku Khas Manado yang Sempurna Resep Ayam Woku – Ayam woku adalah salah satu makanan khas asal Indonesia. Ayam woku berasal dari daerah Manado, Sulawesi Utara. Menjadi salah satu makanan khas daerah di Indonesia, kelezatan ayam woku tak perlu diragukan lagi.

Anda sedang mencari inspirasi resep ayam woku khas manado yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal ayam woku khas manado yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ayam woku khas manado, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan ayam woku khas manado yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Ayam woku biasanya dimasak hingga kuahnya mengental dan sedikit menyusut. Hati-hati, bila menurut pengalaman, nasi sepiring saja belum cukup untuk puas menikmatinya. Sudah bukan rahasia lagi bahwa makanan khas Manado yang satu ini bercita rasa pedas dan sarat akan penggunaan.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat ayam woku khas manado yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Ayam Woku Khas Manado menggunakan 21 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Ayam Woku Khas Manado:

  1. Siapkan 1 kg ayam potong, potong kecil.
  2. Ambil 1 buah jeruk nipis, ambil airnya.
  3. Siapkan 2 batang serai, memarkan.
  4. Ambil 1 lembar daun kunyit, iris tipis (sy iris kasar).
  5. Sediakan 5 lembar daun jeruk, sobek-sobek.
  6. Ambil 1 buah tomat, potong kecil.
  7. Ambil 2 batang daun bawang, potong-potong.
  8. Ambil Daun kemangi (sy ga pakai).
  9. Ambil Secukupnya cabai rawit merah utuh.
  10. Gunakan 1,5 sdt garam (sesuai selera).
  11. Siapkan 1/2 sdt kaldu jamur.
  12. Ambil 250 ml air.
  13. Ambil Secukupnya minyak goreng.
  14. Ambil Bumbu halus:.
  15. Sediakan 7 siung bawang merah.
  16. Gunakan 4 siung bawang putih.
  17. Ambil 15 buah cabai rawit.
  18. Ambil 5 buah cabai merah.
  19. Sediakan 2-3 butir kemiri, sangrai.
  20. Siapkan 1 sdt kunyit bubuk.
  21. Gunakan 1 ruas jari jahe.
BARU  Resep Dim sum ayam wortel Anti Gagal

Makanan khas Manado itu memilih bahan. Ayam woku ini termasuk makanan khas Manado. Masakan ini punya citarasa gurih, pedas, dan aroma yang wangi. Ayam woku terasa lebih nikmat jika disajikan dengan nasi hangat.

Cara menyiapkan Ayam Woku Khas Manado:

  1. Cuci bersih ayam, kemudian beri air jeruk nipis, diamkan beberapa saat. Kemudian bilas kembali dengan air bersih, tiriskan. Siapkan juga bahan lain yang digunakan..
  2. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus, serai, daun jeruk, daun kunyit dan daun pandan sampai harum. Kemudian masukkan ayam, bumbui garam, masak sampai ayam berubah warna. Note: jika mau pakai gula pasir biar lebih sedap, tambahkan 1/2 sdt dilangkah ini..
  3. Setelah ayam berubah warna, tambahkan air, masak sambil ditutup supaya ayam cepat empuk dan bumbu meresap. Buka sesekali tutup dan aduk-aduk ayam supaya matang merata..
  4. Selanjutnya buka tutup wajan, tambahkan kaldu jamur, aduk rata, masak sampai ayam empuk. Setelah ayam empuk dan kuah menyusut, masukkan tomat, daun bawang, cabai rawit utuh dan daun kemangi (jika pakai), aduk rata, koreksi rasa, masak sebentar, matikan api..
  5. Sajikan dengan nasi panas, selamat mencoba..

Cara memasaknya pun terbilang sederhana lho. Hal ini lantaran Resep Ayam Woku Khas Manado memiliki citarasa gurih, pedas, dan aroma yang wangi. Terlebih lagi jika disajikan dengan nasi Meski kadang orang melihat terlalu banyak rempah yang dibutuhkan untuk membuat Resep Ayam Woku Khas Manado, namun sebenarnya cara. Ayam Woku Khas Manado Yang Gurih Pedas Banget. Ikan Kakap Woku Resep Dan Cara Membuat Ikan Kakap Woku Belanga Khas Manado.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Ayam Woku Khas Manado yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi dalam berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!