Resep Ayam Pop, Enak Banget

Diposting pada
Resep Ayam Pop, Enak Banget

Ayam Pop. Pop chicken became one of the most popular dishes from a typical restaurant Minang, West Sumatra, Indonesia. Ayam Goreng Saus Kecap Inggris – Chicken with Worcestershire Sauce. Keistimewaan dari ayam pop yang membedakannya dengan olahan ayam lainnya yaitu warnanya yang putih dengan daging yang sangat empuk.

Resep Ayam Pop, Enak Banget Selain ayam bakar, resep ayam pop juga sama terkenalnya untuk dicoba di rumah. Biasanya ayam bakar merupakan pilihan paling aman di restoran Padang. Indonesian Food, Masakan Minang / Padang.

Lagi mencari inspirasi resep ayam pop yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal ayam pop yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam pop, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan ayam pop yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

Pop chicken became one of the most popular dishes from a typical restaurant Minang, West Sumatra, Indonesia. Ayam Goreng Saus Kecap Inggris – Chicken with Worcestershire Sauce. Keistimewaan dari ayam pop yang membedakannya dengan olahan ayam lainnya yaitu warnanya yang putih dengan daging yang sangat empuk.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah ayam pop yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Ayam Pop memakai 13 bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Ayam Pop:

  1. Siapkan 4 ekor Ayam Pejantan / Ayam Kalasan, belah 4 dan buang kulit.
  2. Sediakan 2.000 ml Air Kelapa.
  3. Siapkan 20 lembar Daun Salam.
  4. Ambil 6 lembar Daun Jeruk, buang tulang tengah.
  5. Sediakan 2 batang Serai, iris-iris.
  6. Siapkan 2 ruas jari Lengkuas, iris-iris.
  7. Sediakan 4 sdm Garam Kasar.
  8. Siapkan Bubuk Jamur Totole secukupnya (skip bila sudah pake air kelapa, bila pake air biasa baru dikasih).
  9. Siapkan Bumbu Halus :.
  10. Ambil 2 ruas jari Jahe.
  11. Sediakan 25 pcs Bawang Merah.
  12. Gunakan 15 pcs Bawang Putih.
  13. Gunakan 6 pcs Kemiri.
BARU  Resep Mashed Potato 3 Bahan Anti Gagal

Ayam pop merupakan salah satu varian ayam goreng khas Padang. Kuliti ayam, kemudian lumuri ayam tanpa kulit ini dengan air jeruk. Sebab kulit sudah dibuat sebelum ayam direbus dengan air kelapa. Jika melihat dari daerah asalnya yakni Padang ayam pop seringkali dibuat dengan ayam jenis kampung.

Cara membuat Ayam Pop:

  1. Alasi panci/kuali dengan daun salam, daun jeruk, serai, lengkuas..
  2. Tata ayam di atasnya, masukkan bumbu halus, garam kasar, jamur bubuk dan tuang air kelapa..
  3. Ungkep ayam hingga matang dan air menyusut..
  4. Tiriskan ayam dan sisihkan..
  5. Panaskan minyak sampai benar-benar panas dan matikan api..
  6. Celup ayam sebentar saja di minyak panas dan angkat..
  7. Ayam pop padang siap disajikan. (bisa dicocol dengan sambal merah, sambal hijau).

Ayam Pop adalah makanan khas Sumatera Barat yang menggunakan bahan utama ayam, air kelapa dan santan. Selain bahan-bahan tadi, ayam pop menggunakan bumbu bawang putih, jaeh dan garam. Ayam pop merupakan olahan ayam goreng tanpa kulit sehingga bisa dipastikan rendah lemak. Masakan ini merupakan masakan khas dari daerah Minang. Rasanya yang enak, lezat, dan rendah.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan ayam pop yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!