Langkah Mudah untuk Menyiapkan Khoresht Bamieh (Persian Okra Stew) Anti Gagal

Diposting pada
Langkah Mudah untuk Menyiapkan Khoresht Bamieh (Persian Okra Stew) Anti Gagal

Khoresht Bamieh (Persian Okra Stew).

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Khoresht Bamieh (Persian Okra Stew) Anti Gagal

Lagi mencari ide resep khoresht bamieh (persian okra stew) yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal khoresht bamieh (persian okra stew) yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari khoresht bamieh (persian okra stew), mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan khoresht bamieh (persian okra stew) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian istimewa.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah khoresht bamieh (persian okra stew) yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Khoresht Bamieh (Persian Okra Stew) menggunakan 20 jenis bahan dan 11 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Khoresht Bamieh (Persian Okra Stew):

  1. Ambil daging (bisa sapi/kambing/kerbau/domba/lainnya).
  2. Sediakan okra.
  3. Sediakan bawang merah yg sudah dicincang.
  4. Sediakan tomat ukuran besar (potong tebal kasar).
  5. Sediakan kayu manis ukuran jari telunjuk.
  6. Siapkan loomi lubagi dgn ujung pisau (resep loomi cek lampiran) (lihat resep).
  7. Sediakan pasta tomat (resep pasta tomat cek lampiran) (lihat resep).
  8. Siapkan minyak untuk menumis bumbu.
  9. Sediakan minyak untuk mengongseng okra.
  10. Siapkan Air panas secukupnya (sesuaikan kebutuhan).
  11. Ambil B.) Bahan Bumbu halus=.
  12. Sediakan bawang putih.
  13. Sediakan jahe.
  14. Ambil C.) Bahan Bumbu bubuk=.
  15. Sediakan jintan bubuk.
  16. Sediakan merica bubuk atau sesuai selera.
  17. Gunakan kunyit bubuk atau sesuai selera.
  18. Gunakan ketumbar bubuk.
  19. Siapkan Garam halus (sesuaikan selera dan kebutuhan).
  20. Ambil Kaldu bubuk/penyedap (jika suka sesuai selera/skip jika alergi).

Cara menyiapkan Khoresht Bamieh (Persian Okra Stew):

  1. Panaskan 4 sdm minyak pada teflon, lalu gongseng aduk-aduk okra beberapa saat sampai agak berubah warna tapi Jangan over cook ya,teksturnya setengah matang aja atau masih kriuk crunchy gitu, digongseng gini bertujuan agar okra tidak terlalu berlendir, (lalu angkat sisihkan dipiring).
  2. Bekas teflon yg buat gongseng okra tadi, taruh potongan tomat yg dipotong tebal, cukup bolak balikkan sebentar aja, pakai hitungan detik saja cukup, lalu sisihkan..
  3. Di panci lain,panaskan 3 sdm minyak, masukkan bawang merah cincang tumis hingga layu, masukkan bumbu halus, loomi dan kayu manis, lalu tumis kembali hingga harum..
  4. Masukkan pasta tomat, tumis beberapa saat agar pasta tomat lebih matang rasanya..
  5. Masukkan potongan daging, aduk dan tumis hingga daging berubah warna tidak pucat lagi, kemudian masukkan bumbu bubuk, aduk rata dan tutup pancinya, masak gunakan api kecil hingga daging mengeluarkan air dengan sendirinya atau kaldunya..
  6. Jika daging sudah mengeluarkan kaldu dengan sendirinya, sekarang masukkan air panas, biarkan masak hingga mendidih, setelah mendidih tutup pancinya kembali dan gunakan api kecil, masak hingga daging empuk, setelah daging empuk masukkan okra yg sudah digongseng tadi, jika perlu tambahkan air sedikit jika dirasa air kurang..
  7. Masak terus hingga okra empuk dan juga tekstur daging semakin empuk ketika digigit tidak ada perlawanan lagi, baru masukkan potongan tomat tdi, lanjut masak, hingga kuah kental, untuk kekentalan kuah sesuaikan selera ya, tapi klo yg autentik Khoresht Bamieh kuahnya memang dibikin sangat sangat kental.(sebelum kompor dimatikan cek rasa, pastikan pas gurih dan asinnya.).
  8. Jadi deh.. simple and tasty?, sajikan dengan lalapan dan persian rice/ saffron rice Tahdig, atau nasi putih biasa juga udah mantap ?.
  9. Untuk resep persian Saffron rice dgn Tahdig, silahkan cek lampiran resep sebelumnya. (lihat resep).
  10. Dan untuk resep okra/bamia versi Timur Tengah dgn ayam, silahkan cek lampiran resep (lihat resep).
  11. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ❤?.
BARU  Resep Tongseng Kambing ???, Menggugah Selera

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat khoresht bamieh (persian okra stew) yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!