Resep Ghormeh Sabzi (Persian Herbs Stew), Bikin Ngiler

Diposting pada
Resep Ghormeh Sabzi (Persian Herbs Stew), Bikin Ngiler

Ghormeh Sabzi (Persian Herbs Stew).

Resep Ghormeh Sabzi (Persian Herbs Stew), Bikin Ngiler

Sedang mencari ide resep ghormeh sabzi (persian herbs stew) yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal ghormeh sabzi (persian herbs stew) yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ghormeh sabzi (persian herbs stew), mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan ghormeh sabzi (persian herbs stew) enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah ghormeh sabzi (persian herbs stew) yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Ghormeh Sabzi (Persian Herbs Stew) menggunakan 23 jenis bahan dan 16 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Ghormeh Sabzi (Persian Herbs Stew):

  1. Ambil parsley.
  2. Gunakan spring onion (daun bawang).
  3. Siapkan chives(daun kucai).
  4. Ambil cilantro/daun ketumbar.
  5. Gunakan bayam.
  6. Sediakan dill (daun adas manis).
  7. Ambil fenugreek leaves (daun klabet).
  8. Gunakan daun mint.
  9. Ambil daging (bisa sapi/kambing/kerbau asal bukan ayam ya).
  10. Ambil loomi (resep udh ada).
  11. Sediakan bawang merah yg sudah dicincang.
  12. Ambil Garam halus (sesuaikan selera).
  13. Siapkan Air (sesuaikan kebutuhan).
  14. Siapkan kacang merah yg udah direbus.
  15. Siapkan Minyak secukupnya (sesuaikan kebutuhan).
  16. Sediakan B.) Bahan Bumbu halus=.
  17. Siapkan bawang putih.
  18. Sediakan jahe.
  19. Gunakan C). Bahan Rempah bubuknya=.
  20. Ambil ketumbar bubuk.
  21. Gunakan jintan bubuk.
  22. Gunakan merica bubuk.
  23. Sediakan kunyit bubuk.

Langkah-langkah membuat Ghormeh Sabzi (Persian Herbs Stew):

  1. Cuci bersih semua mix herbs alias bahan daun-daun/sayuran,lalu cincang halus..
  2. Untuk herbs/sayur yg disebut Dill dan kasuri methi, cara nanam sendiri udah ada dipostingan saya ya, silahkan cek lampiran. (lihat resep).
  3. Cuci juga loomi lalu lubangi dgn ujung pisau dibeberapa bagian. (Untuk cara bikin loomi udah ada, silahkan cek resep lampiran sebelumnya) (lihat resep).
  4. Dalam wajan/teflon besar panaskan 3 sdm minyak goreng, lalu tuang mix herbs/daun daun yg udah dicincang tadi..
  5. Aduk, tumis tumis terus hingga air yg keluar dari sayuran habis, dan menjadi sangat kesat, lalu sisihkan..
  6. Di panci lain, panaskan 4 sdm minyak, masukkan bawang merah cincang tumis hingga layu, masukkan bumbu halus tumis kembali hingga harum..
  7. Masukkan daging yg udah dipotong dadu sesuai selera, aduk-aduk rata,dan tumis hingga warna tidak pucat lagi.
  8. Jika daging sudah berubah warna, masukkan rempah bubuk dan garam, aduk rata kemudian tutup rapat pancinya,masak dengan api kecil TANPA DITAMBAHKAN air, masak dengan api kecil dan panci tertutup hingga daging MENGELUARKAN air dengan sendirinya/kaldu..
  9. Seperti ini ya, biasanya daging mengeluarkan air dengan sendirinya alias kaldunya, lalu baru kita masukkan loomi, dan sekarang bisa kita tambahkan air juga, masukkan air sekitar 500.ml lebih dulu atau sesuaikan kebutuhan..
  10. Masak tutup rapat biarkan hingga daging menjadi SETENGAH MATANG saja, kemudian kita masukkan rebusan kacang merah dan tumisan sayur herbs tadi..
  11. Aduk rata, tambahkan air lagi, takaran air sesuaikan kebutuhan ya dan masak kembali dengan panci tertutup api kecil,sambil sesekali buka dan aduk ya biar gak gosong..
  12. Masak terus dgn api kecil hingga daging benar-benar empuk tidak ada perlawanan lagi saat digigit,dan kuah menjadi kental dengan warna yg gelap pekat, (slow cook),tekstsur dan rasa autentik dari Ghormeh Sabzi ini semakin gelap pekat,dan kental maka rasanya akan semakin nikmat. ??.
  13. Wangi mix herbs dan loomi nya sangat menggoda?.
  14. Sajikan dengan nasi putih hangat atau klo mau yg versi persian sajikan dgn saffron rice dan salad shirazi..
  15. Dan untuk nasi putih Tradisional ala Iranian/Persian,silahkan cek lampiran resep saya yg lalu lalu ? selamat mencoba dan semoga bermanfaat. (lihat resep).
  16. Karena suami saya,masih menjauhi daging, jadi klo masak Ghormeh sabzi begini,dia cukup makan kuah sama kacang merahnya aja udah mantap.?.
BARU  Bagaimana Menyiapkan Nasi goreng kambing, Menggugah Selera

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat ghormeh sabzi (persian herbs stew) yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!