Resep Tengkleng Kambing yang Enak Banget

Diposting pada
Resep Tengkleng Kambing yang Enak Banget

Tengkleng Kambing. Tengkleng dapat dijadikan menu andalan saat idhuladha. Lihat juga resep Tengkleng Rica Kambing enak lainnya. Tengkleng kambing ini sangat terkenal di kota Solo, Jawa Tengah.

Resep Tengkleng Kambing yang Enak Banget Tulang dan jeroan kambing enak diolah jadi tengkleng kambing khas Solo. Bumbunya ringan kaya rempah, enak dimakan hangat dengan taburan bawang goreng. Resep Tengkleng Kambing Sederhana Khas Solo Spesial Asli Enak.

Anda sedang mencari ide resep tengkleng kambing yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal tengkleng kambing yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari tengkleng kambing, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan tengkleng kambing yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian istimewa.

Tengkleng dapat dijadikan menu andalan saat idhuladha. Lihat juga resep Tengkleng Rica Kambing enak lainnya. Tengkleng kambing ini sangat terkenal di kota Solo, Jawa Tengah.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat tengkleng kambing sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Tengkleng Kambing menggunakan 29 bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Tengkleng Kambing:

  1. Gunakan ♦ Bahan Merebus balungan+daging kambing :.
  2. Gunakan balungan+daging kambing.
  3. Gunakan serai+3 lbr daun salam.
  4. Sediakan air, utk merebus daging.
  5. Siapkan minyak gr, utk menumis.
  6. Ambil ♦ Bahan Lainnya :.
  7. Ambil lengkuas, memarkan.
  8. Ambil jahe, memarkan.
  9. Sediakan serai, memarkan.
  10. Gunakan kayu manis, (tambahan sy).
  11. Ambil Daun jeruk, buang tulang daunnya.
  12. Gunakan daun salam (tambahan dari sy).
  13. Sediakan Cengkih.
  14. Ambil Kapulaga.
  15. Siapkan Klabet.
  16. Sediakan garam, gula merah, gula pasir, kaldu bubuk sapi.
  17. Sediakan air asam.
  18. Siapkan santan cair/sedang (sy skip, ganti dg air).
  19. Gunakan cabai rawit setan, biarkan utuh, sesuai selera.
  20. Ambil ♦ Bumbu Halus :.
  21. Sediakan bawang merah.
  22. Gunakan bawang putih.
  23. Siapkan cabai merah, sesuai selera (sy 2 bh cabai merah ukrn besar).
  24. Sediakan cabai rawit merah, sesuai selera, (sy cabe rawit biasa).
  25. Siapkan ketumbar, sangrai.
  26. Siapkan kemiri, sangrai.
  27. Siapkan jintan, sangrai.
  28. Ambil merica bubuk.
  29. Gunakan kunyit.

Memasak gule tengkleng bisa pakai santan dan juga bisa tanpa santan juga, tidak aneh kalau ada resep tengkleng kambing tanpa. Bumbu tengkleng kambing juga sangat beragam. Bagi kamu yang mendapat bagian tulang atau jeroan seperti usus, babat, paru, kepala, atau lidah kambing cobalah membuat tengkleng Solo. Kehangatan semangkuk tengkleng kambing memang tak ada duanya.

BARU  Resep Sate Kambing Bumbu Kecap Special Anti Gagal

Cara membuat Tengkleng Kambing:

  1. Siapkan panci, rebus balungan+daging dalam air yg sdh mendidih hingga empuk, lalu cuci hingga bersih. Potong2 daging. ♦Pada saat merebus balungan+daging jangan dicuci dulu ya…
  2. Siapkan panci, masukkan balungan+daging yg sdh dicuci dan dipotong2, masak dg api kecil (SIMMER). Jika ada busa yg mengapung dibuang ya (SKIM) karna itu lemaknya, ♦Spy air kaldu tdk bau amis dan tdk terlalu berminyak/nglenyid kala dimakan. Masak hingga busa yg mengapung tdk ada lg (berkurang)..
  3. Haluskan bumbu halus. Memarkan serai dan lengkuas. Sobek-sobek daun salam dan daun jeruk.
  4. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, lengkuas, jahe, serai, daun salam dan daun jeruk hingga harum. Masukkan cengkih, kayu manis, kapulaga, dan klabet hingga bumbu matang, ♦Tambahkan minyak jk susah matang. Kemudian beri 2 sendok sayur air kaldu/santan dr rebusan daging td di pinggiran wajannya, aduk2 hingga mendidih & surut..
  5. Masukkan tumisan bumbu td ke air kaldu/santan, aduk rata. Masak hingga mendidih dg api sedang..
  6. Bumbui dg garam, gula merah, gula pasir, kaldu bubuk sapi dan air asam. Aduk rata, sempurnakan rasanya hingga pas. Terakhir masukkan cabe rawit, aduk rata biarkan beberapa menit, matikan api. (lihat resep).
  7. Sajikan selagi hangat bersama acar. (lihat resep).

Berikut ini resep tengkleng kambing, hidangan spesial asal Solo, Jawa Tengah. Tengkleng bisa menjadi pilihan untuk mengolah daging kambing kurban yang masih tersisa. Cara Membuat Bumbu Tengkleng yang Mudah dan Praktis, Ini Resepnya. Tengkleng merupakan salah satu makanan berbahan dasar tulang kambing beserta jeroannya. Namun untuk Tengkleng kambing ini sangat terkenal di kota Solo, dan sekitarnya di Jawa Tengah.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Tengkleng Kambing yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi ide dalam berjualan makanan. Selamat mencoba!