Resep Ayam Panggang Bumbu Rujak Anti Gagal

Diposting pada
Resep Ayam Panggang Bumbu Rujak Anti Gagal

Ayam Panggang Bumbu Rujak. Resep Ayam Bumbu Rujak – Kini, sudah banyak variasi makanan yang diolah dari ayam, salah satunya adalah ayam bumbu rujak. Rujak yang biasanya dipadukan dengan buah-buahan dan sayuran, bumbunya yang lezat kini sudah dipadukan dengan lauk sejuta umat, yaitu ayam. Hidangan ayam panggang bumbu rujak adalah sajian yang lezat.

Resep Ayam Panggang Bumbu Rujak Anti Gagal Mau dimasak sampai santan mengering, dipanggang kemudian dinikmati sambil mencocol sausnya juga tambah enak. Resep ayam bumbu rujak – Ayam adalah salah satu menu favorit semua orang, dan sekarang sudah ada berbagai macam masakan variasi dari ayam. Salah satu makanan olahan ayam yang unik dan digemari adalah ayam bumbu rujak.

Sedang mencari ide resep ayam panggang bumbu rujak yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal ayam panggang bumbu rujak yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Resep Ayam Bumbu Rujak – Kini, sudah banyak variasi makanan yang diolah dari ayam, salah satunya adalah ayam bumbu rujak. Rujak yang biasanya dipadukan dengan buah-buahan dan sayuran, bumbunya yang lezat kini sudah dipadukan dengan lauk sejuta umat, yaitu ayam. Hidangan ayam panggang bumbu rujak adalah sajian yang lezat.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam panggang bumbu rujak, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan ayam panggang bumbu rujak enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan spesial.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah ayam panggang bumbu rujak yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Ayam Panggang Bumbu Rujak menggunakan 19 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Ayam Panggang Bumbu Rujak:

  1. Gunakan 1 ekor ayam utuh.
  2. Ambil 1 Jeruk nipis/lemon.
  3. Siapkan sesuai selera Garam, gula merah, & penyedap.
  4. Sediakan 250 ml santan kara (nanti tambah air lg).
  5. Ambil 2 buah asam jawa larutkan dengan air.
  6. Ambil Bumbu halus.
  7. Gunakan 10 bawang merah.
  8. Siapkan 4 bawang putih.
  9. Gunakan 4 kemiri sangrai.
  10. Sediakan 10-15 cabe merah keriting (sesuai selera).
  11. Gunakan 3 cabe rawit merah (sesuai selera).
  12. Siapkan Seujung sendok teh terasi goreng dulu sebentar.
  13. Sediakan 3-4 cm jahe sangrai.
  14. Ambil 3-4 cm kunyit sangrai.
  15. Ambil Bumbu cemplung.
  16. Sediakan 2 batang sereh geprek.
  17. Sediakan 2-3 cm laos geprek.
  18. Ambil 3 lembar daun salam.
  19. Ambil 5 lembar daun jeruk.

Kalau mendengar rujak pasti bakal kepikiran buah dan sayur. Cara membuat ayam panggang oven bumbu rujak : Rendam dulu potongan ayam dalam air jeruk sebentar saja. Cuci kembali daging ayam & tiriskan. Tumislah semua bumbu halusnya bersama dengan daun salam, serai, lengkuas dan juga daun jeruknya hingga harum.

BARU  Resep 66. Nugget Ayam Wortel yang Lezat Sekali

Cara membuat Ayam Panggang Bumbu Rujak:

  1. Cuci bersih ayam, tusuk-tusuk, lalu lumuri ayam dengan jeruk nipis, garam, dan 1 siung bawang putih halus supaya bau amis hilang. Kalau saya didiamkan selama 1 jam dalam kulkas..
  2. Tumis bumbu halus sampai wangi (kalau saya tambah mentega biar makin wangi?). Selanjutnya masukkan bumbu cemplung..
  3. Masukkan ayam ke dalam tumisan bumbu, tambah air sedikit demi sedikit, aduk-aduk airnya lalu masukkan gula jawa dan air asam serta garam dan penyedap. Oia jgn lupa siram2 bumbunya ke seluruh ayam supaya bumbunya meresap dengan rata. Tutup wajan diamkan 10 menit.
  4. Setelah 10 menit, masukkan santan kara yg sudah dicampur air sedikit kira2 250 ml. Aduk2 airnya biar rata lalu diamkan lg sampai airnya sat dan menyerap. (Ayam jgn dibolak-balik yah nanti hancur).
  5. Kalau bumbu udah sat (jgn terlalu sat, sisakan bumbunya buat bumbu oles atau saus pendamping), angkat ayam lalu masukkan dalam oven suhu 150°c selama 40 menit. 200°c bisa juga tp waktunya dikurangi spy nggak kering bgt..
  6. Sisa bumbunya tumis lg ya, tambah kecap manis sama mentega biar harum semerbak ??. Oia ditambah air sedikit juga gak apa2. Kalau sdh ditumis, taruh di mangkok buat dituang di atas ayamnya atau nasi pas makan ??.
  7. Sajikan ayam,potong2 sesuai selera, lalu tuang saus bumbu rujaknya di atas ayam atau nasi. Makan pakai lalapan n sambal terasi. ????.

Bumbu-bumbunya banyak memiliki kemiripan bila digunakan untuk membuat ayam bakar, seperti ayam bakar manis misalnya. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan untuk memasak resep ayam panggang dengan bumbu rujak adalah dengan menghaluskan semua bumbu-bumbu. Resep dan Cara Memasak Ayam Bakar Bumbu Rujak #AyamBumbuRujak ayam bumbu rujak tanpa santan ayam bumbu rujak. Ayam bumbu rujak is a typical Javanese food made from chicken meat which is still young and uses a red basic spice then grilled. A red base is a spice made from salt, garlic, onion, and red chili.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan ayam panggang bumbu rujak yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!