Langkah Mudah untuk Membuat Opor Ayam Pedas yang Lezat

Diposting pada
Langkah Mudah untuk Membuat Opor Ayam Pedas yang Lezat

Opor Ayam Pedas. Resep 'opor ayam pedas' paling teruji. mezzayu luna. Aku kenal menu ini justru dari salah satu varian. Resep Opor Ayam – Indonesia adalah negara yang terkenal dengan kulinernya yang kaya rempah.

Langkah Mudah untuk Membuat Opor Ayam Pedas yang Lezat Tak harus selalu menunggu hari spesial tiba, kamu juga bisa menikmatinya pada hari-hari biasa. Masakan Opor Ayam menggunakan ayam kampung, bukan ayam negeri (broiler). Sekarang mari kita mulai siap-siap untuk memasak Opor Ayam Pedas yang nikmat dan bikin nagih jika kita makan.

Sedang mencari inspirasi resep opor ayam pedas yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal opor ayam pedas yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari opor ayam pedas, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan opor ayam pedas enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian spesial.

Resep 'opor ayam pedas' paling teruji. mezzayu luna. Aku kenal menu ini justru dari salah satu varian. Resep Opor Ayam – Indonesia adalah negara yang terkenal dengan kulinernya yang kaya rempah.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat opor ayam pedas yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Opor Ayam Pedas memakai 14 bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Opor Ayam Pedas:

  1. Siapkan 1/2 kg ayam bagian paha dan sayap.
  2. Ambil 8 siung bawang merah.
  3. Gunakan 2 siung bawang putih.
  4. Siapkan 15 cabe rawit.
  5. Gunakan 2 cabe merah.
  6. Siapkan 5 cabe hijau.
  7. Sediakan 1/2 sdt tumbar.
  8. Sediakan 2 cm kunyit.
  9. Sediakan secukupnya Garam, gula, masako.
  10. Siapkan 2 lembar daun salam.
  11. Ambil 2 lembar daun jeruk.
  12. Gunakan Lengkuas.
  13. Gunakan secukupnya Air.
  14. Ambil 1 buah kara.
BARU  Resep Ayam popcorn saus telur asin pedas, Menggugah Selera

Karena opor ayam ini merupakan olahan dengan santan, sebaiknya memasaknya secukupnya saja ya. Sebab biasa seharian saja bisa menjadi basi, ditandai dengan rasanya yang asam. Ada opor kuning, opor pedas, dan opor buncis ati ayam. Resep selanjutnya adalah opor ayam pedas.

Cara membuat Opor Ayam Pedas:

  1. Bersihkan ayam, lalu tambahkan air dan garam secukupnya dan kemudian rebus selama 20 menit..
  2. Buang air rebusan ayam..
  3. Persiapan bumbu opor ayam. Potong tipis 3 siung bawang merah, 1 siung bawang putih, 7 cabe rawit dan 5 cabe hijau. Bumbu ulekan : haluskan 1/2 sdt tumbar, 5 siung bawang merah, 1 siung bawang putih dan 8 cabe rawit, 2 cabe merah, kunyit, gula dan garam. Geprek lengkuas..
  4. Goreng bumbu-bumbu irisan. Bila bumbu irisan sudah agak layu, tambahkan bumbu ulekan ke dalam wajan, goreng bersamaan dengan bumbu irisan dan masukkan daun jeruk, daun salam dan panaskan secara bersamaan..
  5. Masukkan bumbu yang telah digongso ke dalam ayam dan tambahkan air secukupnya. Kemudian rebus ayam bersamaan dengan bumbunya selama 15 menit..
  6. Tambahkan santan kedalam ayam ungkep bumbu tersebut dan tambahkan masako, gula garam secukupnya sesuaikan dengan selera masing-masing..

Ada jenis opor ayam kuning dan opor ayam putih. Tapi tenang saja, keduanya tetap enak dan Jika kurang bumbu, anda bisa menambahkannya sesuai dengan selera. Opor ayam merupakan suatu masakan dengan bahan utama olahan ayam yang memiliki kuah santan dengan pemberian rempah-rempah sehingga kuah santan memiliki warna kekuningan. Resep Opor ayam merupakan makanan yang biasa disajikan pada saat lebaran sebagai pendamping ketupat. Tapi opor ayam yang biasa disajikan adalah opor ayam yang tidak pedas.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat opor ayam pedas yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!