Resep Opor Ayam Pedas Anti Gagal

Diposting pada
Resep Opor Ayam Pedas Anti Gagal

Opor Ayam Pedas. Resep 'opor ayam pedas' paling teruji. mezzayu luna. Aku kenal menu ini justru dari salah satu varian. Resep Opor Ayam – Indonesia adalah negara yang terkenal dengan kulinernya yang kaya rempah.

Resep Opor Ayam Pedas Anti Gagal Tak harus selalu menunggu hari spesial tiba, kamu juga bisa menikmatinya pada hari-hari biasa. Masakan Opor Ayam menggunakan ayam kampung, bukan ayam negeri (broiler). Sekarang mari kita mulai siap-siap untuk memasak Opor Ayam Pedas yang nikmat dan bikin nagih jika kita makan.

Anda sedang mencari inspirasi resep opor ayam pedas yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal opor ayam pedas yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Resep 'opor ayam pedas' paling teruji. mezzayu luna. Aku kenal menu ini justru dari salah satu varian. Resep Opor Ayam – Indonesia adalah negara yang terkenal dengan kulinernya yang kaya rempah.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari opor ayam pedas, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan opor ayam pedas enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan spesial.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat opor ayam pedas yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Opor Ayam Pedas memakai 20 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Opor Ayam Pedas:

  1. Gunakan 1 ekor ayam pejantan, potong 8-10 bagian, bersihkan.
  2. Ambil 2 bungkus kelapa parut.
  3. Siapkan 2 lembar daun jeruk.
  4. Ambil 3 lembar daun salam.
  5. Siapkan 1 batang serai.
  6. Ambil 3 ruas jahe, geprek.
  7. Sediakan 2 irisan tebal lengkuas.
  8. Siapkan 4 buah cabe rawit merah.
  9. Ambil 1 buah kentang.
  10. Ambil secukupnya Garam.
  11. Sediakan 1 keping Gula jawa.
  12. Sediakan Bumbu halus.
  13. Sediakan 7 siung bawang merah.
  14. Gunakan 5 siung bawang putih.
  15. Gunakan 4 buah cabe merah keriting.
  16. Sediakan 1/4 sdt terasi.
  17. Sediakan 1 sdm ketumbar butir.
  18. Ambil 2 ruas kunyit.
  19. Siapkan 1/2 irisan tipis lengkuas.
  20. Siapkan 4 butir kemiri sangrai.
BARU  Resep Pepes Tahu Daun Mangkokan Anti Gagal

Karena opor ayam ini merupakan olahan dengan santan, sebaiknya memasaknya secukupnya saja ya. Sebab biasa seharian saja bisa menjadi basi, ditandai dengan rasanya yang asam. Ada opor kuning, opor pedas, dan opor buncis ati ayam. Resep selanjutnya adalah opor ayam pedas.

Langkah-langkah menyiapkan Opor Ayam Pedas:

  1. Cuci bersih ayam, kucuri jeruk nipis, sisihkan. Peras kelapa parut menjadi santan dengan air hangat. Tuang santan di panci. Potong potong kentang sesuai selera..
  2. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan jahe geprek, lengkuas, daun jeruk, daun salam, dan serai. Tumis hingga tanak. Tuang bumbu yang sudah ditumis ke dalam santan..
  3. Masukkan ayam. Aduk rata, masukkan garam, gula jawa. Tunggu hingga ayam 3/4 matang, masukkan kentang dan cabe rawit utuh. Koreksi rasa. Angkat dan sajikan panas dengan lontong atau nasi..

Ada jenis opor ayam kuning dan opor ayam putih. Tapi tenang saja, keduanya tetap enak dan Jika kurang bumbu, anda bisa menambahkannya sesuai dengan selera. Opor ayam merupakan suatu masakan dengan bahan utama olahan ayam yang memiliki kuah santan dengan pemberian rempah-rempah sehingga kuah santan memiliki warna kekuningan. Resep Opor ayam merupakan makanan yang biasa disajikan pada saat lebaran sebagai pendamping ketupat. Tapi opor ayam yang biasa disajikan adalah opor ayam yang tidak pedas.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat opor ayam pedas yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!