Resep Opor ayam, Bisa Manjain Lidah

Diposting pada
Resep Opor ayam, Bisa Manjain Lidah

Opor ayam. Meski opor ayam dapat dimasak sesuai selera namun takaran bahan dan bumbunya harus pas. Nah bagi kamu yang sedang ingin mengolah opor ayam atau mencoba memasaknya di rumah, namun. Cara membuat opor ayam spesial lebaran – cara membuat opor ayam.

Resep Opor ayam, Bisa Manjain Lidah The spice mixture (bumbu) includes galangal, lemongrass, cinnamon, tamarind juice, palm sugar. Resep Opor Ayam – Indonesia adalah negara yang terkenal dengan kulinernya yang kaya rempah. Salah satu menu kuliner yang terkenal di kalangan masyarakat adalah opor ayam.

Lagi mencari ide resep opor ayam yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal opor ayam yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari opor ayam, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan opor ayam enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Meski opor ayam dapat dimasak sesuai selera namun takaran bahan dan bumbunya harus pas. Nah bagi kamu yang sedang ingin mengolah opor ayam atau mencoba memasaknya di rumah, namun. Cara membuat opor ayam spesial lebaran – cara membuat opor ayam.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat opor ayam yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Opor ayam memakai 22 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Opor ayam:

  1. Sediakan 1 ekor ayam pejantan.
  2. Sediakan 1 buah jeruk lemon.
  3. Siapkan Bumbu halus.
  4. Gunakan 8 siung bawang merah.
  5. Gunakan 6 siung bawang putih.
  6. Ambil 5 butir kemiri.
  7. Siapkan 1/4 sdt ketumbar.
  8. Sediakan 1/4 sdt jinten bubuk.
  9. Ambil 3 cm jahe.
  10. Gunakan 1/4 sdt merica.
  11. Gunakan Minyak goreng.
  12. Sediakan Bumbu cemplung.
  13. Gunakan 3 lembar daun salam.
  14. Ambil 3 lembar daun jeruk.
  15. Gunakan 4 cm lengkuas.
  16. Sediakan 2 batang serai.
  17. Sediakan 2 butir bunga lawang.
  18. Siapkan 2 butir cengkeh.
  19. Siapkan Garam.
  20. Siapkan Kaldu jamur.
  21. Gunakan Air.
  22. Sediakan Santan.
BARU  Cara Gampang Membuat Ayam Goreng Saus Mentega Ala Mama, Enak Banget

Opor ayam merupakan masakan sejenis kari ayam yang sangat dikenal di Indonesia. Masakan ini telah dikenal luas di daerah lain. Bahkan hampir ke seluruh wilayah Indonesia. Opor ayam sebenarnya adalah ayam rebus yang diberi bumbu kental dari santan yang ditambah berbagai bumbu seperti.

Cara menyiapkan Opor ayam:

  1. Potong ayam menjadi beberapa bagian, cuci bersih dan beri perasan jeruk lemon.
  2. Blender semua bumbu halus.
  3. Tumis bumbu halus dan bahan cemplungan sampai matang dan wangi.
  4. Setelah bumbu matang, masukan ayam dan tambahkan air, garam dan kaldu jamur secukupnya. Aduk2 sampai bumbu merata dan ayam empuk.
  5. Masukan santan. Aduk rata. Koreksi rasa. Setelah matang siap dihidangkan.

Varian opor ayam tersebut dipengaruhi oleh bumbu maupun bahan. Ada jenis opor ayam kuning dan opor ayam putih. Tapi tenang saja, keduanya tetap enak dan nikmat untuk disantap. Opor ayam ini pada dasarnya lebih identik dengan perayaan hari raya idul fitri. Lihat juga resep Opor Ayam ala Violet Azalea enak lainnya.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Opor ayam yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi dalam berjualan makanan. Selamat mencoba!