Cara Gampang Membuat Opor Ayam Khas Lebaran ala MamaOka Anti Gagal

Diposting pada
Cara Gampang Membuat Opor Ayam Khas Lebaran ala MamaOka Anti Gagal

Opor Ayam Khas Lebaran ala MamaOka. Lihat juga resep Opor Ayam Khas Lebaran ala MamaOka enak lainnya. Resep Opor Ayam Khas Lebaran – Daging ayam selalu punya cerita yang tiada habisnya. Memiliki harga yang ekonomis dibandingkan daging sapi dan daging kambing, membuat daging ayam selalu menjadi favorit diberbagai kalangan masyarakat dan suasana.

Cara Gampang Membuat Opor Ayam Khas Lebaran ala MamaOka Anti Gagal Berkuah santan dan disajikan hangat lengkap dengan ketupat, opor ayam tentunya menjadi hidangan yang dinanti-nanti oleh seluruh anggota keluarga ya, Ma. COM Saat Lebaran di Indonesia, dua sajian yang mungkin tidak pernah terlewat ada di meja makan adalah ketupat dan opor ayam. Mungkin sebagian dari kita terkadang bertanya-tanya, kenapa ketupat sering kali dihidangkan dengan opor ayam terutama saat Lebaran di Indonesia?.

Anda sedang mencari inspirasi resep opor ayam khas lebaran ala mamaoka yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal opor ayam khas lebaran ala mamaoka yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari opor ayam khas lebaran ala mamaoka, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan opor ayam khas lebaran ala mamaoka enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Lihat juga resep Opor Ayam Khas Lebaran ala MamaOka enak lainnya. Resep Opor Ayam Khas Lebaran – Daging ayam selalu punya cerita yang tiada habisnya. Memiliki harga yang ekonomis dibandingkan daging sapi dan daging kambing, membuat daging ayam selalu menjadi favorit diberbagai kalangan masyarakat dan suasana.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah opor ayam khas lebaran ala mamaoka yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Opor Ayam Khas Lebaran ala MamaOka menggunakan 19 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Opor Ayam Khas Lebaran ala MamaOka:

  1. Ambil 500 gr daging ayam.
  2. Ambil 300 ml santan kental.
  3. Ambil 300 santan encer.
  4. Ambil Bumbu Yg dihaluskan:.
  5. Siapkan 10 siung bawang merah besar (jika kecil2 20 siung).
  6. Sediakan 4 siung bawang putih ukuran sedang.
  7. Ambil 2 Ruas jahe.
  8. Siapkan 2 Ruas lengkuas.
  9. Ambil 2 Ruas Kunyit(Bakar,Cuci,Kupas).
  10. Ambil 4 butir kemiri.
  11. Gunakan Bumbu Pelengkap:.
  12. Ambil 2 batang serai(geprek).
  13. Siapkan 2 Ruas Lengkuas.
  14. Ambil 4 lbr daun jeruk(buang tulangnya).
  15. Siapkan 1 sdt garam.
  16. Siapkan 3 blok kaldu rasa ayam(saya pake indofood kaldu blok rasa ayam).
  17. Sediakan Gula 1 sdm(optional).
  18. Siapkan 3 sdm minyak goreng.
  19. Sediakan 1 sdm margarin.

Perpaduan ketupat dan opor ayam ternyata tak hanya sekadar cocok dari rasa saja, tapi ada kisah yang lekat. Jika biasanya opor ayam identik dengan kuah santan berwarna kuning atau kekuningan, maka variasi opor ayam yang satu ini memiliki kuah santan yang berwarna putih dan cukup menarik untuk dicoba dan dicicipi. Opor ayam merupakan masakan dengan bahan dasar daging ayam dan santan, yaitu ayam rebus yang dimasak dengan menggunakan bumbu kental dari santan yang lalu ditambahkan dengan bermacam-macam bumbu seperti serai, kencur, dan sebagainya. Ini Daftar Menu Lebaran yang Sebaiknya Tidak Disetok.

BARU  Cara Gampang Membuat Ayam Tangkap (khas aceh) Anti Gagal

Cara menyiapkan Opor Ayam Khas Lebaran ala MamaOka:

  1. Siapkan semua bahan.Blanching dulu ayamnya.Teknik blanching bisa dilihat pada referensi yg terlampir. Santan dibagi dlm 2 wadah.Satu encer dan satu lagi santan kental.Santan Kental dari 150 ml kara+100 ml air panas.Aduk2 rata.Didihkan pd wajan dgn api kecil sambil terus diaduk2.Setelah mendidih sisihkan.Siapkan Santan encer 100 ml(50 ml kara+150 ml air)pd wadah lain.Jika digunakan santan asli tentu lebih baik ya moms. (lihat resep).
  2. Siapkan semua bumbu2..
  3. Haluskan bumbu yg harus dihaluskan.Saya menghaluskannya dgn blender tabung kecil yg saya beri 3 sdm minyak goreng..
  4. Panaskan wajan.Tunggu hingga benar2 panas.Beri 1 sdm margarin jgn kasih minyak lg krn bumbu telah kita blender bersama minyak goreng.Tumis bumbu halus hingga harum sekitar 1 menit ya biar bumbu benar2 matang.Setelah 1 menit masukkan bumbu2 daun2an nya.Masukkan daging ayam yg telah diblanching aduk2 hingga bumbu merata dan meresap pada ayam.Beri santan encer.Aduk rata.Tutup wajan masak ayam dgn api kecil selama 25 menit(tutup jgn dibuka2).Jika punya alat presto lebih baik dipresto ya moms..
  5. Setelah 15 -20 menit buka tutup wajan bumbui ayam dgn gula,garam, maggie blok rasa ayam.Aduk rata.Tuangkan santan kental.Aduk rata saja.Jgn masak santan lama2 krn santan telah matang.Koreksi rasa.Jika udah pas pindahkan ke wadah saji lalu sajikan.Jgn lupa taburi opor ayam dgn bawang merah goreng..

Menu Lebaran Ala Ketua DPRD Kaltim. Lumuri ayam dengan air asam jawa. Meski opor ayam dapat dimasak sesuai selera namun takaran bahan dan bumbunya harus pas. Opor ayam sudah menjadi sajian khas yang selalu ada ketika lebaran. Sajian gurih dan lezat ini memang paling lezat disantap dengan ketupat.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Opor Ayam Khas Lebaran ala MamaOka yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!