Bagaimana Membuat Opor ayam Anti Gagal

Diposting pada
Bagaimana Membuat Opor ayam Anti Gagal

Opor ayam. Meski opor ayam dapat dimasak sesuai selera namun takaran bahan dan bumbunya harus pas. Nah bagi kamu yang sedang ingin mengolah opor ayam atau mencoba memasaknya di rumah, namun. Cara membuat opor ayam spesial lebaran – cara membuat opor ayam.

Bagaimana Membuat Opor ayam Anti Gagal The spice mixture (bumbu) includes galangal, lemongrass, cinnamon, tamarind juice, palm sugar. Resep Opor Ayam – Indonesia adalah negara yang terkenal dengan kulinernya yang kaya rempah. Salah satu menu kuliner yang terkenal di kalangan masyarakat adalah opor ayam.

Anda sedang mencari ide resep opor ayam yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal opor ayam yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari opor ayam, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan opor ayam yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Meski opor ayam dapat dimasak sesuai selera namun takaran bahan dan bumbunya harus pas. Nah bagi kamu yang sedang ingin mengolah opor ayam atau mencoba memasaknya di rumah, namun. Cara membuat opor ayam spesial lebaran – cara membuat opor ayam.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah opor ayam yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Opor ayam memakai 17 jenis bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Opor ayam:

  1. Gunakan 500 gr ayam, cuci bersih lalu rebus ½ matang.
  2. Ambil 200 ml santan kemasan.
  3. Ambil 2 buah kentang potong menjadi 4 bagian.
  4. Gunakan 2 batang serai, geprek.
  5. Sediakan 4 lembar daun salam.
  6. Ambil 6 lembar daun jeruk.
  7. Sediakan 1 liter air.
  8. Sediakan Secukupnya garam, gula, royco ayam.
  9. Siapkan 2 ruas laos, geprek.
  10. Gunakan 1 sdt lada bubuk.
  11. Sediakan Bumbu halus.
  12. Siapkan 6 siung bawang merah.
  13. Sediakan 4 siung bawang putih.
  14. Sediakan 2 ruas kunyit bakar.
  15. Sediakan 4 butir kemiri.
  16. Siapkan 1 sdt ketumbar.
  17. Sediakan 1/2 sdt jinten.
BARU  Cara Gampang Membuat Banana Oat Chewy Cookies Anti Gagal

Opor ayam merupakan masakan sejenis kari ayam yang sangat dikenal di Indonesia. Masakan ini telah dikenal luas di daerah lain. Bahkan hampir ke seluruh wilayah Indonesia. Opor ayam sebenarnya adalah ayam rebus yang diberi bumbu kental dari santan yang ditambah berbagai bumbu seperti.

Cara membuat Opor ayam:

  1. Haluskan semua bumbu halus, saya dihakuskan dengan cara di blender supaya lebih praktis?.
  2. Tumis bumbu halus bersama salam, serei, laos, daun jeruk hingga wangi.
  3. Masak 1 liter air, setelah mendidih masukan kentang. Biarkan sampai air kembali mendidih.
  4. Setelah air kembali mendidih masukan bumbu tumis dan ayam. Aduk rata, biarkan sampai kembali mendidih.
  5. Beri gula, garam, royco dan lada bubuk. Koreksi rasa.
  6. Masukan santan kara, aduk sampai tercampur rata, biarkan sampai mendidih setelah 5 menit matikan kompor.
  7. Beri taburan bawang goreng diatasnya, opor ayam siap dinikmati..

Varian opor ayam tersebut dipengaruhi oleh bumbu maupun bahan. Ada jenis opor ayam kuning dan opor ayam putih. Tapi tenang saja, keduanya tetap enak dan nikmat untuk disantap. Opor ayam ini pada dasarnya lebih identik dengan perayaan hari raya idul fitri. Lihat juga resep Opor Ayam ala Violet Azalea enak lainnya.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat opor ayam yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!