Resep Ayam Kecap Bunga Lawang, Sempurna

Diposting pada
Resep Ayam Kecap Bunga Lawang, Sempurna

Ayam Kecap Bunga Lawang. Bunga lawang (Illicium verum) atau Kembang lawang atau pekak adalah rempah-rempah yang memiliki rasa yang mirip dengan adas manis. Bunga lawang adalah salah satu bumbu tradisional masakan Cina, yaitu Ngo Hiong, yang terdiri dari lima macam rempah. Penggunaan kecap asin pada resep ayam kecap ala Hongkong ini membuat tampilannya serupa dengan ayam Hongkong di restoran-restoran mahal.

Resep Ayam Kecap Bunga Lawang, Sempurna Ayam bumbu kecap bisa menjadi pilihan menu makan di rumah yang digemari keluarga. Apalagi, kamu bisa membuatnya dengan berbagai variasi rasa. Ayam kecap akan disebut lezat apabila rasa gurih dan saus kecap dapat terasa hingga ke dalam daging ayam.

Anda sedang mencari ide resep ayam kecap bunga lawang yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal ayam kecap bunga lawang yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ayam kecap bunga lawang, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan ayam kecap bunga lawang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Bunga lawang (Illicium verum) atau Kembang lawang atau pekak adalah rempah-rempah yang memiliki rasa yang mirip dengan adas manis. Bunga lawang adalah salah satu bumbu tradisional masakan Cina, yaitu Ngo Hiong, yang terdiri dari lima macam rempah. Penggunaan kecap asin pada resep ayam kecap ala Hongkong ini membuat tampilannya serupa dengan ayam Hongkong di restoran-restoran mahal.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan ayam kecap bunga lawang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Ayam Kecap Bunga Lawang menggunakan 17 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Ayam Kecap Bunga Lawang:

  1. Siapkan 1/2 kg ayam.
  2. Siapkan 1 buah bawang bombay.
  3. Ambil 3 siung bawang putih.
  4. Siapkan 3 siung bawang merah.
  5. Siapkan secukupnya Cabe rawit.
  6. Gunakan 2-3 buah bunga lawang.
  7. Gunakan 1 batang daun bawang/pre.
  8. Sediakan 1 batang seledri.
  9. Ambil Kecap manis.
  10. Gunakan Kecap asin.
  11. Ambil Kecap raja rasa (boleh skip).
  12. Siapkan Garam.
  13. Ambil Gula.
  14. Siapkan Merica.
  15. Ambil 500 ml air panas.
  16. Ambil 2 sdm minyak goreng.
  17. Sediakan 1 sdm mentega.
BARU  Cara Gampang Menyiapkan 30. Pizza Bihun??, Enak

Secara ilmiah, bunga lawang dikenal dengan nama Illicium verum. Bunga berwarna coklat ini berbentuk mirip bintang yang terdiri dari delapan ruas. Bunga lawang kaya akan flavonoid dan polifenol sehingga rempah ini dianggap baik bila digunakan sebagai obat herbal. Mari coba Ayam Kecap ala Bango, Kawan Kuliner bisa dapatkan resepnya di sini: bit.ly/AyamKecapBango Dapatkan beribu.

Cara menyiapkan Ayam Kecap Bunga Lawang:

  1. Cuci bersih dan potong ayam sesuai selera. Lumuri dengan ± 2 sdm kecap asin, diamkan..
  2. Potong bawang bombay, bawang putih, bawang merah dan cabe rawit. Sisihkan..
  3. Potong daun bawang serong tipis. Untuk seledri tidak perlu dipotong, bisa diikat atau hanya bagi menjadi 2 bagian (seperti membuat sop), sisihkan..
  4. Panaskan minyak dan mentega, masukkan bawang bombay, tumis hingga layu, lalu masukkan duo bawang dan cabe rawit, tambahkan 1 sdm kecap asin, tumis hingga harum..
  5. Masukkan ayam, tumis hingga berubah warna, tambahkan kecap manis, kecap raja rasa (bila ada), gula, garam, merica dan sejumput garam, masukkan bunga lawang, aduk hingga rata..
  6. Tmbahkan 500ml air panas, aduk, jika warna kurang gelap, tambahkan kecap manis. Tutup (ungkep) dengan api sedang..
  7. Jika air sudah menyusut setengahnya, koreksi rasa, tambahkan seperlunya, masukkan potongan daun bawang dan seledri, ungkep kembali hingga ayam berwarna coklat pekat dan kuah mengental..

Cara membuat ayam kecap yang enak dan lezat #lukmanfamily #caramembuat #resep. Bunga Lawang atau Kembang Lawang bukan seperti jenis bunga pada umumnya. Tumbuhan ini dikenal sebagai salah satu rempah-rempah yang menghasilkan aroma khas. Bentuknya yang unik menjadi karakteristik bunga ini sehingga mudah dikenali. Selain untuk melezatkan masakan, konsumsi bunga lawang memiliki manfaat menyembuhkan sakit tenggorokan, anti jamur, mengobati nyeri, hingga meningkatkan libido seksual yang hilang.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan ayam kecap bunga lawang yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!