Bagaimana Menyiapkan Opor Ayam Putih Anti Gagal

Diposting pada
Bagaimana Menyiapkan Opor Ayam Putih Anti Gagal

Opor Ayam Putih. Opor ayam merupakan salah satu menu yang wajib ada ketika Lebaran. Biasanya, hidangan yang populer di Nusantara ini juga disajikan bersama dengan ketupat dan sayur labu siam. Umroh.com – Resep opor ayam putih menjadi salah satu menu andalan saat lebaran.

Bagaimana Menyiapkan Opor Ayam Putih Anti Gagal Salah satu menu kuliner yang terkenal di kalangan masyarakat adalah opor ayam. Opor ayam biasanya memiliki bentuk berwarna kuning. Nah, bagi sebagian orang mungkin ada yang tidak suka.

Sedang mencari ide resep opor ayam putih yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal opor ayam putih yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Opor ayam merupakan salah satu menu yang wajib ada ketika Lebaran. Biasanya, hidangan yang populer di Nusantara ini juga disajikan bersama dengan ketupat dan sayur labu siam. Umroh.com – Resep opor ayam putih menjadi salah satu menu andalan saat lebaran.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari opor ayam putih, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan opor ayam putih enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat opor ayam putih yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Opor Ayam Putih memakai 14 bahan dan 2 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Opor Ayam Putih:

  1. Sediakan 500 gr ayam, potong dan cuci bersih.
  2. Sediakan 150 ml Santan kara.
  3. Siapkan 2 cm lengkuas, cuci, geprek.
  4. Sediakan 2 batang serai.
  5. Ambil 3 lembar daun jeruk.
  6. Gunakan 2 lembar daun salam.
  7. Siapkan secukupnya Gula, garam, lada.
  8. Gunakan Bumbu halus.
  9. Siapkan 8 Bawang merah.
  10. Siapkan 3 Bawang putih.
  11. Sediakan 1/2 sdt jinten.
  12. Sediakan 1 ruas jahe 2 cm.
  13. Siapkan 1 sdt ketumbar.
  14. Siapkan 1/2 butir kemiri.
BARU  Cara Gampang Membuat Ayam Rebus (PekCamKe) yang Lezat

Sekarang, kamu bisa membuat dan mengetahui apa saja bumbu opor ayam putih ini. Opor ayam menjadi sajian khas Idulfitri yang wajib hadir di atas meja. Uniknya, ada dua jenis opor ayam, yakni kuning dan putih. Opor ayam putih masih jadi favorit banyak orang saat menyantap ketupat Lebaran, selain opor ayam kuning dan gulai daging tentunya.

Cara membuat Opor Ayam Putih:

  1. Haluskan bumbu halus. Tumis. Masukkan daun-daun, lengkuas dan serai. Jika sudah harum masukkan ayam dan santan..
  2. Tambahkan air, gula, garam, lada. Masak hingga menyusut..

Asal bumbunya pas, opor ayam putih buatan kamu tidak mungkin. Daging ayam di cuci lalu di rebus hingga empuk. Bawang putih, kunyit, laos, kemiri serta daun salam di ulek hingga halus lalu kemudian di tumis. Cara Memasak Opor Ayam tanpa Santan. Ilustrasi opor ayam © Wikimedia Commons/Sakurai Midori.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan opor ayam putih yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!