Resep Klepon /Onde-onde ubi Ungu yang Sempurna

Diposting pada
Resep Klepon /Onde-onde ubi Ungu yang Sempurna

Klepon /Onde-onde ubi Ungu. Lihat juga resep Klepon Ubi Ungu enak lainnya. Jika klepon yang kita temui umumnya berwarna putih karena berasal dari tepung beras ketan ataupun berwarna hijau karena berasal dari daun suji, resep kali ini akan membahas mengenai klepon yang berwarna ungu. Warna ungu ini tak lain didapatkan dari dari ubi ungu.

Resep Klepon /Onde-onde ubi Ungu yang Sempurna Jika Kamu bosan dengan rebusan dari ubi ungu ini sendiri, kini Kamu bisa mengreasikannya menjadi beberapa macam. Bahkan, cara membuat klepon ubi ungu ini sangat mudah. Cara Membuat Kue Klepon Ubi Ungu Kenyal – Kue klepon merupakan kue basah yang sangat khas dari Indonesia.

Lagi mencari inspirasi resep klepon /onde-onde ubi ungu yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal klepon /onde-onde ubi ungu yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari klepon /onde-onde ubi ungu, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan klepon /onde-onde ubi ungu yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Lihat juga resep Klepon Ubi Ungu enak lainnya. Jika klepon yang kita temui umumnya berwarna putih karena berasal dari tepung beras ketan ataupun berwarna hijau karena berasal dari daun suji, resep kali ini akan membahas mengenai klepon yang berwarna ungu. Warna ungu ini tak lain didapatkan dari dari ubi ungu.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan klepon /onde-onde ubi ungu sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Klepon /Onde-onde ubi Ungu memakai 7 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Klepon /Onde-onde ubi Ungu:

  1. Sediakan 200 gr Ubi ungu yang sudah dikukus.
  2. Gunakan 400 gr tepung Beras ketan.
  3. Ambil 100 gr tepung beras biasa.
  4. Ambil Secukupnya kelapa yang muda yang sudah di parut.
  5. Ambil Gula merah yang telah di sisir halus atau di potong kecil2.
  6. Gunakan secukupnya Air.
  7. Sediakan secukupnya garam.
BARU  Cara Gampang Membuat Sayap Ayam Panggang Oven, Lezat Sekali

Kue klepon termasuk dalam golongan kue tradisional yang pada umumnya terbuat dari bahan dasar tepung ketan yang dipadukan dengan warna hijau dari air perasan daun suji dan daun pandan juga diberi isi gula merah pada bagian tengahnya. Memang perdebatan onde-onde dengan klepon ini sudah ada sejak dulu. Pasalnya, beberapa daerah di Indonesia juga menyebut klepon dengan onde-onde. Murdijati-Gardjito, Guru Besar Ilmu dan Teknologi Pangan Universitas Gadjah Mada, perdebatan ini terjadi karena jajanan pasar seperti klepon sebarannya luas.

Langkah-langkah membuat Klepon /Onde-onde ubi Ungu:

  1. Ubi yang telah di kukus di.haluskan(bisa memakai garpu).
  2. Campur beras ketan,beras biasa aduk rata dan garam.
  3. Masukkan Ubi ungu,aduk hingga tercampur rata..
  4. Tambahkan air sedikit demi sedikit hingga adonan tercampur dan tidak terlalu lembek.(konsistensi adonan agak keras karena jika ketika di masak akan terasa lembek sebab ada tambahan ubi ungu.
  5. Ambil sejumput adona n pipihkan lalu beri gula merah yang sudah di sisir dan bulatkan dengan di remas pelan2 atau di pulung.(jangan sampai gula merah ada yg tidak tertutupi).
  6. Masukkan pada air yang sudah di didihkan terlebih dahulu.
  7. Setelah mengapung angkat,taburi dengan kelapa parut.

Onde onde jawa bukanlah klepon tapi kue tradisional dari tepung beras bulat yang berbalut wijen dan biasanya berisi kacang hijau. Umumnya klepon memiliki warna hijau yang diberi pewarna dari daun suji atau pandan. Yang berbeda adalah kue klepon dengan warna ungu, kue klepon ini dibuat dengan menambahkan ubi ungu kedalam bahannya. Klepon Ubi Ungu – Indonesian Traditional Snack. It's called onde-onde in Sumatera (onde-onde in Java is the name to another different snack).

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Klepon /Onde-onde ubi Ungu yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi dalam berjualan makanan. Selamat mencoba!