Cara Gampang Menyiapkan Sayur ase cabe hijau yang Menggugah Selera

Diposting pada
Cara Gampang Menyiapkan Sayur ase cabe hijau yang Menggugah Selera

Sayur ase cabe hijau. Resep Sayur Ase Cabe Hijau khas Cianjur. Sejauh yg saya ingat, di rumah Nenek saya ketika Idul Fitri selalu disajikan Sayur Ase Cabe (begitu sebutan utk masakan tersebut). Leluhur kami, salah satunya dari Cianjur, daerah Utara – Jawa Barat.

Cara Gampang Menyiapkan Sayur ase cabe hijau yang Menggugah Selera Sayur tempe tahu cabe/lombok hijau ini biasa disebut 'jangan ndeso' atau sayur desa. Sayur ini menjadi menu harian di desa-desa sekitar Jawa Tengah. Gurih santan dan pedas dari cabe hijau membuat hidangan yang satu ini paling dicari saat berkunjung ke desa di Jawa Tengah.

Sedang mencari inspirasi resep sayur ase cabe hijau yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal sayur ase cabe hijau yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Resep Sayur Ase Cabe Hijau khas Cianjur. Sejauh yg saya ingat, di rumah Nenek saya ketika Idul Fitri selalu disajikan Sayur Ase Cabe (begitu sebutan utk masakan tersebut). Leluhur kami, salah satunya dari Cianjur, daerah Utara – Jawa Barat.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sayur ase cabe hijau, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan sayur ase cabe hijau yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat sayur ase cabe hijau yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Sayur ase cabe hijau menggunakan 15 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Sayur ase cabe hijau:

  1. Gunakan 500 gram daging sapi (sengkel).
  2. Siapkan 4 bh tahu putih (potong bagi 2, goreng).
  3. Sediakan 250 gram cabe hijau besar, belah bagian tengahnya, buang bijinya.
  4. Sediakan 1750 ml air putih.
  5. Ambil 2 lbr daun salam.
  6. Ambil 1 ruas jari lengkuas (kupas, geprek).
  7. Siapkan 1 ruas jari jahe (kupas, geprek).
  8. Siapkan 6 siung bawang merah (iris tipis).
  9. Gunakan 3 siung bawang putih (iris tipis).
  10. Sediakan 4-5 bh tomat hijau (potong bagi 4).
  11. Gunakan 1 sdm gula merah sisir.
  12. Siapkan Secukupnya air asam jawa.
  13. Siapkan Secukupnya gula pasir.
  14. Gunakan Secukupnya garam.
  15. Gunakan Secukupnya penyedap/kaldu jamur.
BARU  Cara Gampang Menyiapkan Tumis buncis daging sapi enak dan sederhana Anti Gagal

Tapi sebenarnya resepnya sangat mudah lho, anda bisa membuatnya. Jika sudah matang, sayur tahu cabe hijau ini siap untuk dihidangkan. Itulah resep dan cara membuat sayur tahu cabe hijau/ijo yang pedas, enak dan istimewa. Sayur tahu ini akan lebih nikmat jika disantap dalam keadaan hangat dengan ditemani sepiring nasi hangat.

Langkah-langkah membuat Sayur ase cabe hijau:

  1. Rebus daging dengan 1750 ml air sampai daging empuk & keluar kaldu nya (me : presto 20 menit), lalu potong2 sesuai selera, lalu masukan kembali daging ke air rebusan.
  2. Tumis bawang merah, bawang putih, salam, jahe, lengkuas dan cabe hijau sampai harum lalu masukkan tumisan ke dalam rebusan daging.
  3. Bumbui dengan air asam jawa, garam, gula pasir, gula merah & penyedap, lalu test rasa.
  4. Menjelang diangkat masukkan tahu goreng & tomat hijau, masak sebentar lalu sajikan.

Selamat mencoba dan jangan lupa bagikan resep ini kepada orang-orang sekitar anda. Beranda / Sayur / Ase Cabe Hijau dan Tempe. Makanan khas nusantara yang berbahan dasar cabai hijau segar dengan tempe ini bercita rasa sedikit pedas manis yang dimasak dengan kuah santan serta campuran bumbu tradisional. Resep Ase Cabe Hijau / Besengek Cabe Hijau Khas Sunda Enak Dan Paling Gampang Buatnya ANTI GAGALAssalamualaikum BundaSelamat datang di channel Sri Dwi. Resep Sayur : Sayur Cabe Ijo.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Sayur ase cabe hijau yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!