Cara Gampang Membuat Tengkleng Daging Kambing Bening Gurih Lezat ?, Enak Banget

Diposting pada
Cara Gampang Membuat Tengkleng Daging Kambing Bening Gurih Lezat ?, Enak Banget

Tengkleng Daging Kambing Bening Gurih Lezat ?.

Cara Gampang Membuat Tengkleng Daging Kambing Bening Gurih Lezat ?, Enak Banget

Anda sedang mencari inspirasi resep tengkleng daging kambing bening gurih lezat ? yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal tengkleng daging kambing bening gurih lezat ? yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari tengkleng daging kambing bening gurih lezat ?, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan tengkleng daging kambing bening gurih lezat ? yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian spesial.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah tengkleng daging kambing bening gurih lezat ? yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Tengkleng Daging Kambing Bening Gurih Lezat ? menggunakan 28 bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Tengkleng Daging Kambing Bening Gurih Lezat ?:

  1. Gunakan 300 gram daging kambing, jangan dicuci yaa.
  2. Gunakan 3 potong tulang kambing kecil/secukupnya, jgn dicuci juga.
  3. Gunakan 200 ml santan (me: santan kara 60 ml yg dilarutkan di air panas).
  4. Ambil Air panas secukupnya (untuk kuah, sesuai selera mau sebening apa.
  5. Sediakan Bumbu halus:.
  6. Ambil 10 buah bawang merah.
  7. Siapkan 5 buah bawang putih.
  8. Gunakan 4 buah kemiri.
  9. Sediakan 1/2 sdt merica butir.
  10. Gunakan 1/2 sdt jintan.
  11. Gunakan 1/2 sdt ketumbar butir.
  12. Gunakan 2 butir kapulaga.
  13. Siapkan 1/2 biji pala.
  14. Ambil 1/2 sdt kunyit (me: kunyit bubuk).
  15. Sediakan 1 ruas jahe.
  16. Siapkan 3 sdm minyak goreng.
  17. Siapkan Bahan celup:.
  18. Sediakan 6 lembar daun jeruk, buang tulangnya.
  19. Siapkan 2 sereh masak, geprek.
  20. Ambil 1 potong kayu manis.
  21. Gunakan 2 buah bunga lawang.
  22. Gunakan 2 ruas lengkuas, geprek.
  23. Gunakan Cabai rawit secukupnya (me: utuh 7 buah, potong kecil 2 buah).
  24. Sediakan secukupnya Garam secukupnya, gula pasir.
  25. Sediakan Untuk menumis:.
  26. Sediakan 1 sdm blue band.
  27. Sediakan Bahan taburan:.
  28. Ambil Bawang merah goreng.

Langkah-langkah membuat Tengkleng Daging Kambing Bening Gurih Lezat ?:

  1. Siapkan bahan2 termasuk daging dan tulang kambing. Sains: daging dan tulang sebaiknya segar. Bila disimpan di freezer pastikan tersimpan di wadah kedap udara dan dalam porsi 1 kali masak. Lalu simpan di kulkas bawah setidaknya 6 jam sebelum dimasak agar tidak beku. Daging dan tulang jangan pernah dicuci!!! Karena bila dicuci, ada bakteri yg langsung menyebabkan bau prengus kambingnya muncul, kak?.
  2. Rebus tulang kambing dulu yuk di panci kecil. Caranya: didihkan air dulu dan tambah 1/2 sdt garam, setelah air mendidih, baru masukkan tulangnya. Pastikan jumlah air cukup shg tulang terendam ya… Masak tulang di air mendidih sekitar 10 menit. Kalau sudah, simpan dan sisihkan tulang dan kuahnya. Sains: Mengapa air harus mendidih dulu? Karena kalau dimasak sejak air masih dingin, bakteri "prengus" nya tetap membuat bau prengus kak ?.
  3. Sangrai rempah kering dulu yuk: biji kemiri, biji pala, kayu manis, bunga lawang, kapulaga, merica, ketumbar, jintan, ketumbar. Sains: mengapa disangrai? Supaya aromanya keluar terekstraksi maksimal kak ? Yakinlah kak, rasa bumbunya beddaaa loh kalau ini disangrai dulu ?.
  4. Kita haluskan bumbu halus yuk! Dari bahan rempah yang sudah disangrai, sisihkan bahan yg merupakan bahan celup. Masukkan semua bahan bumbu halus ke blender atau cobek dan haluskan. Termasuk minyak goreng yaa… Supaya ada cairan utk memudahkan memblender, plus minyak juga membantu mengekstrak bahan bumbu dg lbh optimal, pluss nanti ktika numis sudah ga perlu banyak minyak kak ?.
  5. Yess tulang sudah direbus, bumbu halus sudah siap, bumbu celup sudah ready. Yuk sekarang kita padukan semuanya! ? Tumis dulu bumbu halusnya dalam 1 sdm blue band. Langsung masukkan semua bumbu celup ya kak! Sains: karena sebagian aroma dan bahan aktif bumbu celup bisa terekstrak sempurna dg adanya minyak. Ingat ya kak: bumbu halus dan bumbu celup ditumis bareng dulu..
  6. Ketika bumbu sudah wangi, baru masukkan potongan daging kambing plus tulang kambing. Lalu aduk merata dengan bumbu yang tleha dimasak. Tunggu sampai daging berubah warna ? Ingat, jangan beri air dulu sampai daging berubah warna ya kak! Karena biar ga prengus tadi, selain itu daging kambing biasanya memproduksi air (kaldu) juga secara alami…
  7. Nah kalau sudah berubah warna, baru tambahkan santan dan kuah tulang tadi sbanyak yang disuka. Lalu koreksi rasa dengan garam dan gula sesuai selera ya kaka. Lanjut dg dimasak di api sedang sampai santan benar2 matang (kalau saya ini sekitar 30 mnt) ditandai dengan warna kuah yg relatif bening dan rasa gurih alami dari santannya keluar ??. Kalau sudah begini, kalau kuah akhirnya menyusut banyak dan kita merasa kurang banyak, bisa tambahkan air panas sesuai selera sbanyak apa kuah yang qt mau.
  8. Kalau sudah matang, koreksi rasa kembali. Bila sudah oke, matikan api. Yeaaay tengkleng beningmya matang! ?? Sajikan dengan taburan bawang merah goreng yaa… Maapin kak poto matengnya kelupaan ga dibikin, gegara keburu diserbu suami dan anak2 yg makannya pada kayak monster. Tersisa kayak gini deh ?? Lariiiis alhamdulillah pada lahap makannya dan nambah lagi ? Selamat mencoba ya kaka!! ?.
BARU  Resep Sambal Goreng Ati Kambing Tanpa Santan, Lezat Sekali

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan tengkleng daging kambing bening gurih lezat ? yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!