Cara Gampang Membuat Ayam Tauco / Swike Ayam Anti Gagal

Diposting pada
Cara Gampang Membuat Ayam Tauco / Swike Ayam Anti Gagal

Ayam Tauco / Swike Ayam. Swike adalah makanan enak khas Indonesia yang masih erat hubunganya dengan Tiongkok. Jika ditengok kebelakang lagi, swike dulunya berbahan utama kodok (katak) yang dimasak bersama kuah tauco. Seiring perkembangan jaman, variasinya pun banyak, salah satunya kodok digantikan dengan ayam.

Cara Gampang Membuat Ayam Tauco / Swike Ayam Anti Gagal Lagi-lagi gegara berkunjung ke cookpadnya ci Tintin, akhirnya kepincut buat bikin makanan yang satu ini. Emang bener ya, bikinnya gampang dan ga pake ribet. Lihat juga resep Ayam Kuah Tauco / Swikee Ayam enak lainnya.

Anda sedang mencari ide resep ayam tauco / swike ayam yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal ayam tauco / swike ayam yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Swike adalah makanan enak khas Indonesia yang masih erat hubunganya dengan Tiongkok. Jika ditengok kebelakang lagi, swike dulunya berbahan utama kodok (katak) yang dimasak bersama kuah tauco. Seiring perkembangan jaman, variasinya pun banyak, salah satunya kodok digantikan dengan ayam.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ayam tauco / swike ayam, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan ayam tauco / swike ayam enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat ayam tauco / swike ayam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Ayam Tauco / Swike Ayam menggunakan 17 bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Ayam Tauco / Swike Ayam:

  1. Gunakan 1 kg Paha Ayam.
  2. Ambil 3 cm Jahe (keprak).
  3. Ambil 4 btr Telur Ayam Rebus Kupas (aku ga pake).
  4. Ambil 2 btr Kentang (potong dadu).
  5. Ambil 1 helai Bawang Daun (potong kecil).
  6. Sediakan 3 siung Bawang Putih (haluskan).
  7. Ambil 4 sdm Tauco Good Quality.
  8. Sediakan 1/2 sdt Merica Bubuk.
  9. Sediakan Secukupnya Kecap Manis.
  10. Siapkan Secukupnya Kaldu Ayam Bubuk.
  11. Sediakan Secukupnya Gula dan Garam.
  12. Sediakan Taburan :.
  13. Sediakan Bawang Putih Goreng.
  14. Sediakan Seledri.
  15. Gunakan Jeruk Nipis.
  16. Sediakan Sambel Bawang.
  17. Ambil Krupuk (optional).
BARU  Langkah Mudah untuk Menyiapkan Bubur Ayam Oatmeal Anti Gagal

Ciri khas dari Swike ini adalah penggunaan Tauco sebagai salah satu bumbunya. Tauco sendiri merupakan bumbu masakan yang dibuat menggunakan bahan berupa kedelai yang telah direbus. Selanjutnya dicampur dengan tigu dan dibiarkan agar terjadi fermentasi. Untuk proses fermentasinya dilakukan dengan menggunakan garam.

Cara menyiapkan Ayam Tauco / Swike Ayam:

  1. Siapkan bahan bahan terlebih dahulu..
  2. Potong kentang dan daun bawang..
  3. Panaskan minyak. Tumis jahe, bawang putih, dan bawang daun sampai harum dan kecoklatan..
  4. Masukan tauco dan tumis sebentar. Kemudian masukan ayam. Tumis hingga ayam berubah warna..
  5. Kemudian masukan juga kentang yang sudah dipotong dadu tadi. Diamkan selama 5 menit..
  6. Sesudah itu tambahkan air ke dalam tumisan. Masukan juga sisa bahan ke dalam tumisan. Kecap manis, garam, gula, merica, dan kaldu bubuk. Cicipi dan test rasa. Apakah rasa asin manisnya udah sesuai dengan keinginan atau belum..
  7. Masak dan ungkep ayamnya sampe kuah terlihat kental dan ayam pun empuk. Sekali lagi, test rasa. Masak hingga kuah sedikit menyusut..
  8. Taaadaaa.. Swike Ayam siap disajikan. Taburkan dengan bawang putih bubuk dan perasan jeruk lemon. Duh mantapnya makan beginian. Ditambahin sambel makin enak lagi lohhhhh… selamat mencoba..

Biasanya, swike terbuat dari paha kodok yang dimasak dengan kuah tauco. Gak selalu dari kodok, kamu bisa membuat swike dengan daging ayam. Simak cara membuat dan resep swike ayam yang gampang banget di bawah ini! Resep Swike Ayam yang Asli Nikmat. Swike merupakan salah satu jenis makanan yang berasal dari Purwodadi.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan ayam tauco / swike ayam yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!