Resep Sayur Tempe Lombok Ijo yang Bikin Ngiler

Diposting pada
Resep Sayur Tempe Lombok Ijo yang Bikin Ngiler

Sayur Tempe Lombok Ijo. Sayur lombok ijo original khas gunungkidul. RESEP JANGAN LOMBOK TEMPE TAHU ala Neng Nitha Emak Gaul – INDONESIAN COOKING RECIPE. Sajikan dan nikmati hidangan sayur tempe yang khas dari tanah air.

Resep Sayur Tempe Lombok Ijo yang Bikin Ngiler Anda bisa mengolah tempe dengan lombok ijo atau bisa juga membuat tempe mendoan. Nah, bila Anda tertarik membuat olahan tempe di rumah untuk makan siang, berikut Okezone rangkumkan tiga rekomendasi resepnya, Selasa Sayur Tempe Lombok Ijo. Sayur gaya kampung ini bahannya sederhana.

Lagi mencari ide resep sayur tempe lombok ijo yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal sayur tempe lombok ijo yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sayur tempe lombok ijo, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan sayur tempe lombok ijo enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Sayur lombok ijo original khas gunungkidul. RESEP JANGAN LOMBOK TEMPE TAHU ala Neng Nitha Emak Gaul – INDONESIAN COOKING RECIPE. Sajikan dan nikmati hidangan sayur tempe yang khas dari tanah air.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan sayur tempe lombok ijo sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Sayur Tempe Lombok Ijo menggunakan 13 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Sayur Tempe Lombok Ijo:

  1. Ambil 1500 ml santan kelapa (saya beli parutan 1/2 kg).
  2. Sediakan 500 ml air, untuk merebus tempe.
  3. Sediakan 1 papan tempe, iris-iris tipis.
  4. Sediakan 100 gr cabai hijau, iris serong.
  5. Gunakan 55 gr krecek, rendam di air.
  6. Gunakan 65 gr gula merah.
  7. Siapkan 10 siung bawang merah, iris tipis.
  8. Gunakan 8 siung bawang putih, iris tipis.
  9. Gunakan 3 lbr daun salam.
  10. Sediakan 2 bt daun serai, dikeprek.
  11. Ambil 2 cm lengkuas, belah jadi 2.
  12. Gunakan 1/2 btr jeruk purut.
  13. Ambil 2 1/4 sdm garam.
BARU  Bagaimana Membuat Roti Sobek Manis Isi Keju & Coklat Anti Gagal

Masak dengan api sedang hingga mendidih dan meresap. Setelah mendidih, masukkan cabai hijau, masak sebentar, angkat. Hidangkan nasi lombok hijau dengan nasi abang beserta pelengkap empal goreng, jeroan goreng dan tempe goreng. Sayur lombok ijo terbuat dari lombok ijo, tempe, bawang putih dan bawang merah. rasanya gurih yang berasal dari santan kental, sayur santan kental, sayur lombok ijo sangat digemari masyarakat karena rasa pedasnya begitu mantap, sayur lombok ijo paling cocok dihidangkan dengan nasi.

Cara menyiapkan Sayur Tempe Lombok Ijo:

  1. Siapkan bumbu dan bahan..
  2. Rebus tempe, daun salam, daun serai, lengkuas, jeruk nipis dan 1 sdm garam dengan air hingga tempe empuk. Setelah tempe empuk dan air rebusan menyusut tambahkan irisan bawang merah, bawang putih serta santan..
  3. Setelah ditambah santan tambahkan krecek, gula merah dan sisa garam. Aduk sayur jangan sampai santan pecah. Jika krecek sudah matang masukkan irisan cabe ijo, biarkan layu dan segera angkat..
  4. Sayur tempe lombok ijo bisa disajikan..

Mengingat produk peyek dan keripik lombok ijo belum banyak ditemui konsumen di pasaran, tidak heran bila sampai hari ini banyak konsumen yang penasaran dan ingin mencicipi olahan unik buatan Nuri. "Dari yang dulunya kami memasarkannya door to door dengan harga ecer seribuan per bungkus. Sayur Lombok Ijo adalah olahan masakan yang khas dari kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Makanan ini memililki ciri khas kuahnya yang terbuat Sayur Lombok Ijo ini terbuat dari bahan dasar seperti santan kelapa, cabai hijau, cabai rawit, kacang panjang, tempe kedelai, dan bahan lainnya. Jadi resep ini artinya Sayur Lombok Ijo. Meski bahan utama adalah tempe tetapi karena porsi cabe hijaunya banyak jadi disebut Jangan/Sayur Lombok Ijo.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Sayur Tempe Lombok Ijo yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!