Resep Sate Kambing Ponorogo Anti Gagal

Diposting pada
Resep Sate Kambing Ponorogo Anti Gagal

Sate Kambing Ponorogo.

Resep Sate Kambing Ponorogo Anti Gagal

Lagi mencari inspirasi resep sate kambing ponorogo yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal sate kambing ponorogo yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sate kambing ponorogo, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan sate kambing ponorogo yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan sate kambing ponorogo sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Sate Kambing Ponorogo menggunakan 22 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Sate Kambing Ponorogo:

  1. Gunakan 1.4 kg daging kambing.
  2. Sediakan Bumbu marinate:.
  3. Sediakan 12 bawang putih.
  4. Siapkan 1,5 sdm ketumbar.
  5. Sediakan 2 butir kemiri.
  6. Gunakan 1 sdt jinten.
  7. Siapkan 2 sdm madu.
  8. Siapkan 1 sdm gula pasir dan gula jawa.
  9. Ambil 2 sdm kecap.
  10. Sediakan 1 sdm penuh garam bubuk.
  11. Siapkan 1 sdm air jeruk nipis.
  12. Sediakan 3 sdm air jawa dari 3 buah asam jawa.
  13. Siapkan Bumbu kacang:.
  14. Sediakan 2 genggam kacang tanah.
  15. Ambil 4 buah bawang putih.
  16. Sediakan 10 buah cabe rawit merah.
  17. Sediakan 1 lembar daun jeruk.
  18. Siapkan garam secukupya.
  19. Sediakan Kaldu bubuk secukupnya (optional).
  20. Gunakan Gula jawa secukupnya (saya pakai 2 sdm).
  21. Sediakan Bumbu oles:.
  22. Gunakan Kecap manis secukupnya dan air.

Langkah-langkah menyiapkan Sate Kambing Ponorogo:

  1. Iris daging kambing memanjang saya potong sekitar 5 *2*1 cm atau sesuai selera. Ini daging kambingnya empuk banget jadi tidak perlu di kasih nanas dan membakarnya juga sebentar saja sudah matang. Sisihkan.
  2. Buat bumbu marinate: Sangrai dulu kemiri, jinten dan ketumbar kemudian di haluskan, dan tambahkan bawang putih haluskan,tambahkan madu, gula pasir, gula jawa, garam,air asam dan tumis sampai harum. Setelah harum tambahkan kecap, dan air jeruk nipis balur ke seluruh daging kambing sampai rata. Diamkan dalam kulkas minimal 2 jam saya sekitar 4 jam. Lebih lama lebih baik biar bumbu semakin meresap..
  3. Lanjutannya….
  4. Setelah di rendam bumbu, tusuk daging sate jangan sampai kelihatan tusuk satenya. Biar tidak mudah terbakar. Kemudian bakar diatas bara api sampai setengah matang jika sudah setengah matang baru celupkan ke bumbu celup kecap dan air. Kalau di kasih kecap di awal daging sate akan mudah terbakar tapi dalamnya belum matang..
  5. Setelah sate matang, siap di sajikan di makan dengam sambel kacang atau sambel kecap, nikmat….
  6. Cara membuat sambal kacang: goreng/sangrai kacang tanah, cabe dan bawang putih, kemudian haluskan sampai halus dan tambahkan selembar daun jeruk, garam dan gula Jawa haluskan lagi sampai halus. Bisa ditambahkan kaldu bubuk/penyedap tapi saya tidak pakai. Setelah semuanya halus baru tambahkan air panas sesuai selera mau kental apa encer..
  7. Untuk sambal kecap: potong kecil-kecil cabe hijau dan bawang merah lalu kasih kecap..
BARU  Resep Lamb Chop Steak Simple yang Bikin Ngiler

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat sate kambing ponorogo yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!