Langkah Mudah untuk Membuat Ayam Rica-rica (Ala Manado) yang Bisa Manjain Lidah

Diposting pada
Langkah Mudah untuk Membuat Ayam Rica-rica (Ala Manado) yang Bisa Manjain Lidah

Ayam Rica-rica (Ala Manado). Add chicken pieces and mix well. Cover the pan with a lid and let cook. Manado, ibu kota Sulawesi Utara, terkenal dengan kulinernya yang kaya bumbu dan rempah.

Langkah Mudah untuk Membuat Ayam Rica-rica (Ala Manado) yang Bisa Manjain Lidah Berikut ini resep dan cara bikinnya yang mudah. Ayam Rica-rica merupakan masakan khas Manado. Rasanya yang pedas, masakan ini sangat mudah membuatnnya.

Lagi mencari ide resep ayam rica-rica (ala manado) yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal ayam rica-rica (ala manado) yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ayam rica-rica (ala manado), mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan ayam rica-rica (ala manado) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Add chicken pieces and mix well. Cover the pan with a lid and let cook. Manado, ibu kota Sulawesi Utara, terkenal dengan kulinernya yang kaya bumbu dan rempah.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat ayam rica-rica (ala manado) yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Ayam Rica-rica (Ala Manado) memakai 17 bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Ayam Rica-rica (Ala Manado):

  1. Siapkan 1/4 kg ayam potong.
  2. Sediakan secukupnya daun kemangi.
  3. Ambil 1 batang sereh, memarkan.
  4. Sediakan 2 lembar daun jeruk, iris-iris.
  5. Siapkan 2 lembar daun salam.
  6. Sediakan secukupnya gula, garam, penyedap rasa.
  7. Gunakan secukupnya air.
  8. Siapkan secukupnya minyak goreng.
  9. Ambil Bumbu halus.
  10. Siapkan 2 buah cabai merah besar.
  11. Siapkan 6 buah cabai rawit.
  12. Ambil 4 siung bawang merah.
  13. Siapkan 3 siung bawang putih.
  14. Siapkan 2 butir kemiri.
  15. Ambil 1 cm lengkuas.
  16. Ambil 1 cm kunyit.
  17. Gunakan 1 cm jahe.

Berikut Resep dan Cara membuat Ayam Rica-rica. Apalagi ayam rica-ricanya yang cenderung pedas. Rasanya mantap, bikin sulit untuk melupakan kenikmatannya. Kalau belum berkesempatan ke Manado untuk mencicipi ayam rica-ricanya secara langsung, jangan sedih!

BARU  Bagaimana Menyiapkan Honey Lemon Herbs Chicken Anti Gagal

Cara menyiapkan Ayam Rica-rica (Ala Manado):

  1. Siapkan semua bahan..
  2. Rebus ayam yang sudah dibersihkan dengan diberi garam sedikit. Setelah matang angkat dan tiriskan. Lalu goreng setengah matang, jika sudah sisihkan terlebih dahulu..
  3. Rajang semua bumbu halus, lalu haluskan, bisa diulek atau diblender..
  4. Panaskan minyak goreng secukupnya, tumis bumbu sampai harum. Tambahkan sereh, daun jeruk, daun salam, gula, garam, penyedap rasa dan air secukupnya(bisa gunakan air kaldu), aduk rata..
  5. Masukkan ayam lalu aduk rata, jangan lupa tes rasa..
  6. Jika air agak menyusut dan ayam sudah matang tambahkan daun kemangi dan aduk kembali, setelah daun layu matikan api dan sajikan..

Kali ini IDN Times akan rekomendasikan resep ayam rica-rica khas Manado dan cara membuatnya yang enak. Daging ayam memang sangat populer untuk membuat berbagai macam masakan, namun untuk membuat masakan rica-rica semua jenis daging, ikan tawar, seafood pun bisa kamu olah menjadi masakan rica-rica yang enak. Masyarakat Manado sangat gemar mengkonsumsi berbagai macam daging, tidak heran olahan rica-rica terdapat banyak varian antara lain ayam rica. Hidangan khas Manado ini memiliki rasa yang gurih dengan paduan bumbu yang medok. Umumnya, ayam rica-rica dibuat dengan campuran beberapa bumbu tradisional seperti bawang merah, bawang.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Ayam Rica-rica (Ala Manado) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!