Resep Ayam Rica Manado/Ambon, Bisa Manjain Lidah

Diposting pada
Resep Ayam Rica Manado/Ambon, Bisa Manjain Lidah

Ayam Rica Manado/Ambon. Resep ayam Rica-Rica adalah masakan khas Menado. Rica dalam bahasa Menado artinya Cabe. Cara memasak ayam rica-rica tidaklah susah.

Resep Ayam Rica Manado/Ambon, Bisa Manjain Lidah Resep untuk membuat ayam rica-rica sangat beragam, begitu pula cara memasaknya, persamaannya hanya terletak pada rasanya yang pedas. Karena resep ayam rica-rica ini kini telah dikenal oleh masyarakat luas, bahkan hingga ke pelosok Jawa. Rica-rica ini menggunakan bumbu rempah-rempah sehingga sangat aman dan nyaman dimakan dengan menggunakan nasi yang masih hangat.

Anda sedang mencari ide resep ayam rica manado/ambon yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal ayam rica manado/ambon yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Resep ayam Rica-Rica adalah masakan khas Menado. Rica dalam bahasa Menado artinya Cabe. Cara memasak ayam rica-rica tidaklah susah.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ayam rica manado/ambon, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan ayam rica manado/ambon yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan ayam rica manado/ambon sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Ayam Rica Manado/Ambon menggunakan 12 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Ayam Rica Manado/Ambon:

  1. Sediakan 800 gr ayam (dada dan paha drumstick).
  2. Sediakan 1 batang serai.
  3. Ambil 5 lembar daun jeruk (iris tipis).
  4. Siapkan secukupnya daun kemangi (kami ganti dg bay leaves).
  5. Siapkan daun pandan (kami skip, karena ga avail di sini).
  6. Sediakan Bumbu Halus :.
  7. Siapkan 6 siung bawang putih.
  8. Sediakan 8 siung bawang merah.
  9. Ambil 4 cm jahe.
  10. Sediakan 5 buah cabai rawit.
  11. Ambil 2 buah cabai merah besar.
  12. Gunakan 1/2 buah jeruk nipis, peras airnya.
BARU  Resep Bakmi goreng jawa ala "dewilicious kitchen" yang Enak

Apalagi ayam rica-ricanya yang cenderung pedas. Rasanya mantap, bikin sulit untuk melupakan kenikmatannya. Kalau belum berkesempatan ke Manado untuk mencicipi ayam rica-ricanya secara langsung, jangan sedih! Kali ini IDN Times akan rekomendasikan resep.

Langkah-langkah menyiapkan Ayam Rica Manado/Ambon:

  1. Steam ayam dan bawang putih (tambahkan sedikit bawang putih yg digeprek), selama sekitar 20 menit. Lalu supaya garing, goreng ayamnya sampai kulit atau bagian luar crunchy..
  2. Di wajan terpisah, tumis bumbu halus + sereh + daun jeruk. Masukan ayam yang sudah digoreng ke dalam tumisan bumbu, tambahkan juga kaldu dari steam ayam tadi..
  3. Masukan air jeruk nipis, gula, garam dan lada. Saat sudah pas, taburkan kemangi/ bay leaves dan daun pandan (if any)..
  4. note : karena di sini biasanya cabai tersedia dari beragam negara, ada baiknya dicoba / dicium dulu tingkat pedas masing-masing cabai. seperti cabai 'naga jalakino' atau cabai hijau Thai, bisa sangat pedas sekali. note 2 : Agar hidangan juga bisa dinikmati anak, kami membuat sambal terpisah : di wadah kecil, ambil 2 – 5 sendok sayur kuah rica, dicampur dengan cabai rawit yang sudah dihaluskan (ulek /pun blender).

Resep ayam dengan bumbu rica-rica yang pedas bisa jadi menu spesial. Makin enak dinikmati dengan nasi hangat. Hidangan khas Manado ini memiliki rasa yang gurih dengan paduan bumbu yang medok. Umumnya, ayam rica-rica dibuat dengan campuran beberapa bumbu tradisional. Ayam rica-rica bisa menjadi pilihan menjadi hidangan saat merayakan Natal.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan ayam rica manado/ambon yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!