Langkah Mudah untuk Membuat Ayam Rica – rica (ala Mamer) yang Menggugah Selera

Diposting pada
Langkah Mudah untuk Membuat Ayam Rica – rica (ala Mamer) yang Menggugah Selera

Ayam Rica – rica (ala Mamer). Bagi pecinta pedas, ayam rica-rica memang memiliki banyak penggemar. Bahkan tak hanya di Manado saja, kini banyak warung makan hingga restoran menyajikan masakan ayam rica-rica. Rasa pedas, gurih dan empuk daging ayamnya terbukti sangat cocok disajikan bersama nasi dalam.

Langkah Mudah untuk Membuat Ayam Rica – rica (ala Mamer) yang Menggugah Selera Ayam rica-rica (Indonesian for chicken rica-rica) is an Indonesian hot and spicy chicken dish. It is made up of chicken that cooked in spicy red and green chili pepper. Ayam rica-rica merupakan salah satu masakan khas Manado, Sulawesi Utara, yang terkenal dengan cita rasa pedasnya.

Anda sedang mencari ide resep ayam rica – rica (ala mamer) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal ayam rica – rica (ala mamer) yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam rica – rica (ala mamer), mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan ayam rica – rica (ala mamer) yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Bagi pecinta pedas, ayam rica-rica memang memiliki banyak penggemar. Bahkan tak hanya di Manado saja, kini banyak warung makan hingga restoran menyajikan masakan ayam rica-rica. Rasa pedas, gurih dan empuk daging ayamnya terbukti sangat cocok disajikan bersama nasi dalam.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah ayam rica – rica (ala mamer) yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Ayam Rica – rica (ala Mamer) memakai 25 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Ayam Rica – rica (ala Mamer):

  1. Ambil ? Bahan :.
  2. Siapkan 500 gr ayam.
  3. Siapkan Secukupnya air jeruk nipis.
  4. Ambil 500 ml air (secukupnya).
  5. Sediakan Secukupnya minyak gr utk menumis.
  6. Ambil ? Bumbu Cemplung :.
  7. Gunakan 3 lbr daun jeruk, buang tulang daun.
  8. Siapkan 1 lbr daun kunyit (optional), ikat.
  9. Sediakan 2 lbr daun salam.
  10. Siapkan 1 bh Sere, digeprek, ikat.
  11. Siapkan 1 genggam daun kemangi.
  12. Ambil ? Bumbu (seasoning) :.
  13. Siapkan 2 sdt (Secukupnya) garam.
  14. Sediakan 1 sdt (Secukupnya) kaldu bubuk (jamur/ayam).
  15. Gunakan 1/2 sdt merica putih bubuk.
  16. Sediakan 1/2 sdt gula (optional).
  17. Sediakan ? Bumbu Halus :.
  18. Gunakan 6 bh bawang merah.
  19. Ambil 4 siung bawang putih.
  20. Siapkan 5 bh kemiri, disangrai.
  21. Gunakan 10 bh cabe rawit merah (sesuai selera), sebagian biarkan utuh.
  22. Gunakan 5 bh cabai merah keriting (bisa diganti 2 bh cabe merah besar).
  23. Sediakan 1 ruas jari kunyit.
  24. Sediakan 2 ruas jari jahe.
  25. Sediakan 2 ruas jari lengkuas.
BARU  Cara Gampang Menyiapkan Quiche Potato yang Sempurna

Ayam rica-rica merupakan salah satu masakan khas Manado, Sulawesi Utara, yang terkenal dengan cita rasa pedasnya. Dalam bahasa Manado, kata "rica" sendiri berarti "cabai" atau "pedas". Ayam memang paling populer untuk dibuat rica, tapi hampir semua jenis daging, unggas, ikan air tawar. Resep Ayam Rica Rica – Siapa yang tidak mengenal kuliner yang telah menjamur ditengah masyarakat ini.

Langkah-langkah membuat Ayam Rica – rica (ala Mamer):

  1. Cuci ayam, potong2 sesuai selera (sy potong2 kecil), lumuri dgn air jeruk nipis, remas2, diamkan sekitar 15 mnt. Kmdn cuci bersih kembali dan tiriskan..
  2. Panaskan wajan, beri minyak gr secukupnya. Tumis bumbu halus hingga harum, tambahkan bumbu cemplung (daun jeruk, daun kunyit, daun salam, serai), kecuali kemangi. Masak kembali hingga matang..
  3. Tambahkan ayam, aduk rata. Stlh ayam berubah warna, tuang air, bumbui garam, merica, kaldu bubuk, gula. Aduk rata & masak sekitar 30 mnt dgn api kecil – sedang..
  4. Setelah air menyusut dan ayam matang, masukkan daun kemangi, aduk rata, koreksi rasa. Matikan kompor..
  5. Tata di piring dan siap disajikan ?.

Ayam rica-rica adalah salah satu kuliner kebanggaan masyarakat Indonesia khas dari Manado, Sulawesi Utara. Dengan aroma yang menggoda dibumbui dengan rempah-rempah pilihan. Bumbu rica-rica khas Manado bisa dipadukan dengan aneka bahan, seperti ayam. Coba membuat ayam panggang bumbu rica-rica berdasarkan resep ini. Ayam rica-rica memang dibuat dengan menggunakan berbagai rempah-rempah yang khas Indonesia, sama seperti makanan tradisional lainnya yang kaya akan rempah-rempah.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan ayam rica – rica (ala mamer) yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!