Bagaimana Menyiapkan Puding Alpukat Gula Aren, Menggugah Selera

Diposting pada
Bagaimana Menyiapkan Puding Alpukat Gula Aren, Menggugah Selera

Puding Alpukat Gula Aren. Puding gula aren sangat mudah dibuat. Praktis dan rasanya tradisional karena menggunakan santan kelapa. Sejak arus mudik lebaran hingga berakhirnya musim liburan sekolah, para pedagang oleh-oleh khas Kota Lubuk Linggau buah alpukat dan gula aren laris manis.

Bagaimana Menyiapkan Puding Alpukat Gula Aren, Menggugah Selera Lihat juga resep Srikaya gula aren enak lainnya. Tekstur gula aren juga lebih kental ketimbang gula merah yang lebih cair. Maka dari itu gula aren lebih disukai untuk dijadikan kinca pada kue atau minuman es Belakangan gula aren populer untuk bahan minuman boba brown sugar atau es kopi susu gula aren.

Lagi mencari inspirasi resep puding alpukat gula aren yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal puding alpukat gula aren yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari puding alpukat gula aren, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan puding alpukat gula aren enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Puding gula aren sangat mudah dibuat. Praktis dan rasanya tradisional karena menggunakan santan kelapa. Sejak arus mudik lebaran hingga berakhirnya musim liburan sekolah, para pedagang oleh-oleh khas Kota Lubuk Linggau buah alpukat dan gula aren laris manis.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah puding alpukat gula aren yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Puding Alpukat Gula Aren memakai 8 bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Puding Alpukat Gula Aren:

  1. Siapkan Bahan puding :.
  2. Sediakan 1 bungkus agar-agar plain (Swallow Lily).
  3. Sediakan 200 ml susu/krimer kental manis.
  4. Siapkan 6 sdm gula pasir.
  5. Sediakan 500 ml air.
  6. Gunakan Bahan lain :.
  7. Ambil 3 buah alpukat, blender halus.
  8. Ambil 50 gr gula merah aren, sisir halus.
BARU  Cara Gampang Membuat Ayam serundeng simpel ala aku? Anti Gagal

Baca juga: Resep Puding Nangka Gula. Jika puding modern berbahan krim, telur, atau susu, puding tradisional biasanya berbahan santan. Rasanya gurih legit dan aromanya wangi. Puding tradisional juga hampir selalu memakai agar-agar bubuk yang mudah didapat dan praktis.

Cara membuat Puding Alpukat Gula Aren:

  1. Campur air + susu kental manis + gula pasir + agar-agar bubuk. Aduk rata lalu nyalakan api dan didihkan sambil terus diaduk. Matikan api.
  2. Bagi 2 adonan. 1 adonan didihkan lagi dengan gula aren hingga gula larut. Sisanya campur dengan jus alpukat, aduk rata (lihat gambar ke 2 >> alpukatnya jangan dimasak ya, nanti pahit).
  3. Siapkan cetakan yang telah dibasahi air matang. Tuang adonan gula aren secukupnya, biarkan setengah mengeras. Tuang adonan alpukat hingga habis (lakukan pake sendok sayur sedikit demi sedikit), biarkan setengah mengeras. Terakhir tuang sisa adonan gula aren. Biarkan adonan mengeras lalu masukkan kedalam lemari es hingga dingin.
  4. Setelah dingin, keluarkan puding dan potong-potong. Sajikan.

Perasanya alami dan berasal dari tanaman lokal. Anda suka puding dan ingin mencoba membuatnya sendiri? Yuk simak cara membuat puding jagung, coklat, dan lainnya berikut ini. Puding buah ini banyak macamnya, seperti puding mangga, pepaya, buah naga, alpukat, jeruk, dan lainnya. Puding buah ini sangat sehat dan bergizi karena.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan puding alpukat gula aren yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!