Bagaimana Menyiapkan Ayam Rica-Rica Kemangi, Lezat Sekali

Diposting pada
Bagaimana Menyiapkan Ayam Rica-Rica Kemangi, Lezat Sekali

Ayam Rica-Rica Kemangi. Ayam, bahan makanan yang sering kita temui sehari hari ini memang bisa dijadikan berbagai macam variasi masakan yang lezat mulai dari ayam kecap,ayam bakar. Ayam rica-rica Kemangi memang enak banget buat di cobain. Nah, ayam rica-rica ini bisa jadi sajian makan pagi siang maupun malam.

Bagaimana Menyiapkan Ayam Rica-Rica Kemangi, Lezat Sekali Inilah rahasia bumbu masakan ayam rica rica dan petunjuk cara membuat rica rica ayam. Resep ayam rica rica merupakan masakan selera pedas dari daerah manado. Namun sekarang sudah banyak resep masakan rica rica ini, seperti : ayam rica rica kemangi, resep rica rica ceker, resep.

Anda sedang mencari inspirasi resep ayam rica-rica kemangi yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal ayam rica-rica kemangi yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ayam, bahan makanan yang sering kita temui sehari hari ini memang bisa dijadikan berbagai macam variasi masakan yang lezat mulai dari ayam kecap,ayam bakar. Ayam rica-rica Kemangi memang enak banget buat di cobain. Nah, ayam rica-rica ini bisa jadi sajian makan pagi siang maupun malam.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ayam rica-rica kemangi, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan ayam rica-rica kemangi yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian spesial.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah ayam rica-rica kemangi yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Ayam Rica-Rica Kemangi memakai 21 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Ayam Rica-Rica Kemangi:

  1. Gunakan 1 ekor ayam dipotong.
  2. Ambil 1 ikat kemangi.
  3. Gunakan 3 buah sereh digeprek.
  4. Gunakan 6 lembar daun jeruk diiris-iris.
  5. Sediakan 5 lembar daun salam.
  6. Siapkan Secukupnya garam, gula, penyedap.
  7. Siapkan 1 batang daun bawang potong potong.
  8. Gunakan 1 lembar daun pandan, simpul (opsional).
  9. Sediakan Bumbu halus:.
  10. Ambil 1 ons cabe merah keriting.
  11. Siapkan 1/2 ons cabe merah rawit.
  12. Ambil 6 siung bawang merah.
  13. Ambil 5 siung bawang putih.
  14. Gunakan 3 butir kemiri.
  15. Sediakan 2 cm jahe.
  16. Sediakan 2 cm lengkuas.
  17. Ambil 1 cm kunyit.
  18. Siapkan Bumbu marinasi:.
  19. Siapkan 1/2 bungkus kunyit bubuk merk desaku.
  20. Siapkan 1 buah jeruk nipis.
  21. Ambil 1 sdt garam.
BARU  Cara Gampang Membuat Ayam saus mentega, Bisa Manjain Lidah

Resepnya sederhana dan mudah, khas Manado asli pakai daun kemangi. Wajib coba bagi pecinta makanan pedas. Resep cara membuat ayam rica rica, jika ditambah daun kemangi pasti lebih enak. Ini merupakan resep makanan pedas asli khas Manado yang populer.

Langkah-langkah membuat Ayam Rica-Rica Kemangi:

  1. Marinasi ayam dengan bumbu marinasi. Diamkan selama kurang lebih 15 menit..
  2. Panaskan minyak lalu goreng ayam hingga sedikit kering. Ini opsional ya. Boleh langsung rebus tp kalo saya sih ga suka kalo bagian sayap agak benyek..
  3. Uleg bumbu halus lalu panaskan minyak dan tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan daun jeruk, daun salam dan sereh. Tumis hingga harum.
  4. Masukkan ayam. Aduk hingga merata lalu tambahkan air. Boleh banyak boleh dikit. Kalo saya sih 500 mL. Masukkan daun pandan. Tambahkan garam, gula dan penyedap. Aduk.
  5. Masak ayam hingga empuk dan kuah sedikit menyusut. Lalu masukkan daun kemangi dan daun bawang. Masak hingga daun kemangi dan daun bawang layu..

Ayam rica-rica dikenal sebagai masakan khas Manado yang menggugah selera. Rica berarti pedas, cocok banget buat bikin selera makan meningkat. Apalagi kalau ayam rica diberikan taburan kemangi, dijamin aromanya makin sedap. Yuk, simak resep dan cara membuat ayam rica kemangi di bawah ini! Ayam rica-rica (Indonesian for chicken rica-rica) is an Indonesian hot and spicy chicken dish.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Ayam Rica-Rica Kemangi yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!