Resep Ayam Rica-Rica Kemangi, Bisa Manjain Lidah

Diposting pada
Resep Ayam Rica-Rica Kemangi, Bisa Manjain Lidah

Ayam Rica-Rica Kemangi. Ayam, bahan makanan yang sering kita temui sehari hari ini memang bisa dijadikan berbagai macam variasi masakan yang lezat mulai dari ayam kecap,ayam bakar. Ayam rica-rica Kemangi memang enak banget buat di cobain. Nah, ayam rica-rica ini bisa jadi sajian makan pagi siang maupun malam.

Resep Ayam Rica-Rica Kemangi, Bisa Manjain Lidah Inilah rahasia bumbu masakan ayam rica rica dan petunjuk cara membuat rica rica ayam. Resep ayam rica rica merupakan masakan selera pedas dari daerah manado. Namun sekarang sudah banyak resep masakan rica rica ini, seperti : ayam rica rica kemangi, resep rica rica ceker, resep.

Sedang mencari ide resep ayam rica-rica kemangi yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal ayam rica-rica kemangi yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam rica-rica kemangi, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan ayam rica-rica kemangi yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Ayam, bahan makanan yang sering kita temui sehari hari ini memang bisa dijadikan berbagai macam variasi masakan yang lezat mulai dari ayam kecap,ayam bakar. Ayam rica-rica Kemangi memang enak banget buat di cobain. Nah, ayam rica-rica ini bisa jadi sajian makan pagi siang maupun malam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan ayam rica-rica kemangi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Ayam Rica-Rica Kemangi memakai 24 bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Ayam Rica-Rica Kemangi:

  1. Ambil 500 gr sayap ayam.
  2. Gunakan 500 ml air.
  3. Siapkan Bumbu Marinasi.
  4. Siapkan 1 sdt garam/himsalt.
  5. Gunakan 1 sdt bawang putih bubuk.
  6. Sediakan 1 sdt ketumbar bubuk.
  7. Siapkan 1 sdt lada bubuk.
  8. Sediakan 1 sdt kunyit bubuk.
  9. Gunakan Bumbu Halus.
  10. Siapkan 5 siung bawang merah.
  11. Gunakan 3 siung bawang putih.
  12. Ambil 1,5 butir kemiri (disangrai dulu).
  13. Sediakan 1 ruas jahe.
  14. Gunakan 5 buah cabe merah (sesuai selera).
  15. Gunakan 5 buah cabe rawit (sesuai selera).
  16. Sediakan Bahan Tumis.
  17. Ambil 2 lembar daun salam.
  18. Gunakan 3 lembar daun jeruk (2 diiris tipis, 1 disobek).
  19. Gunakan 1 batang serai, potong lalu geprek.
  20. Ambil 1 ruas lengkuas, iris atau geprek.
  21. Siapkan Bahan Pelengkap.
  22. Ambil 2 ikat daun kemangi.
  23. Siapkan 1 batang daun bawang, iris serong.
  24. Sediakan Secukupnya garam, gula, dan penyedap rasa (optional).
BARU  Langkah Mudah untuk Membuat Onde-Onde Rainbow, Enak Banget

Resepnya sederhana dan mudah, khas Manado asli pakai daun kemangi. Wajib coba bagi pecinta makanan pedas. Resep cara membuat ayam rica rica, jika ditambah daun kemangi pasti lebih enak. Ini merupakan resep makanan pedas asli khas Manado yang populer.

Cara membuat Ayam Rica-Rica Kemangi:

  1. Awali dengan membaca "Bismillahirrahmannirrahiim" terlebih dahulu. ?.
  2. Cuci bersih ayam, lumuri dengan bumbu marinasi kemudian diamkan di kulkas selama ± 30 menit. Setelah itu goreng setengah matang dan sisihkan..
  3. Blender bumbu halus kemudian tumis dengan sedikit minyak. Tambahkan bahan tumis: serai, lengkuas, daun salam, daun jeruk. Tumis sampai matang dan minyak menyusut..
  4. Tambahkan air, garam, gula, penyedap rasa. Aduk rata dan koreksi rasa..
  5. Masukkan ayam yang sudah digoreng, masak hingga air menyusut dan bumbu meresap ke dalam ayam. Proses ini membutuhkan waktu yg agak lama. Bisa disambi nyuci peralatan masak yang kotor ya buibu hehe..
  6. Terakhir, masukkan daun bawang dan daun kemangi. Aduk hingga tercampur rata. Jangan terlalu lama dimasak lalu matikan api..
  7. Siap disajikan. ?.

Ayam rica-rica dikenal sebagai masakan khas Manado yang menggugah selera. Rica berarti pedas, cocok banget buat bikin selera makan meningkat. Apalagi kalau ayam rica diberikan taburan kemangi, dijamin aromanya makin sedap. Yuk, simak resep dan cara membuat ayam rica kemangi di bawah ini! Ayam rica-rica (Indonesian for chicken rica-rica) is an Indonesian hot and spicy chicken dish.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Ayam Rica-Rica Kemangi yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi ide untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!