Resep Gulai Daun Singkong Rimbang (Cepokak) Anti Gagal

Diposting pada
Resep Gulai Daun Singkong Rimbang (Cepokak) Anti Gagal

Gulai Daun Singkong Rimbang (Cepokak). Resep Gulai Daun Singkong Rimbang (Cepokak). Ikut memeriahkan GoDa Paders minggu ini. Tema: Cooking ? cooksnap masakan dedaunan.

Resep Gulai Daun Singkong Rimbang (Cepokak) Anti Gagal Lihat juga resep Gulai Daun Singkong Rimbang (Cepokak) enak lainnya. Lihat juga resep Daun Singkong Tumbuk Khas Medan by Zahara enak lainnya. Gulai tauco ala kampung saya adalah sayur bersantan tanpa cabe merah giling, yang berisi kacang buncis, kentang rimbang, serta tambahan tauco, cabe hijau yang dibelah dan kerupuk kulit.

Anda sedang mencari inspirasi resep gulai daun singkong rimbang (cepokak) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal gulai daun singkong rimbang (cepokak) yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari gulai daun singkong rimbang (cepokak), pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan gulai daun singkong rimbang (cepokak) yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian istimewa.

Resep Gulai Daun Singkong Rimbang (Cepokak). Ikut memeriahkan GoDa Paders minggu ini. Tema: Cooking ? cooksnap masakan dedaunan.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan gulai daun singkong rimbang (cepokak) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Gulai Daun Singkong Rimbang (Cepokak) menggunakan 13 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Gulai Daun Singkong Rimbang (Cepokak):

  1. Siapkan 1 ikat daun singkong, ambil daunya.
  2. Gunakan 1 mangkok kecil rimbang (cepokak) / 3 genggam.
  3. Ambil 900-1000 ml santan dari 1 butir kelapa.
  4. Siapkan 1 lembar daun kunyit.
  5. Gunakan 1 batang sereh, geprek simpul.
  6. Siapkan Secukupnya garam.
  7. Siapkan Sedikit sasa (saya ganti gula), untuk penguat rasa (boleh skip).
  8. Sediakan Bahan bumbu halus.
  9. Gunakan 15 buah cabe merah kriting (enak mix rawit).
  10. Gunakan 7 siung bawang merah.
  11. Siapkan 1 siung bawang putih.
  12. Ambil 1/3 jempol jahe (kira² 2 ruas).
  13. Ambil 1 ruas kunyit.
BARU  Resep Oseng Daun Singkong Udang Rebon, Lezat Sekali

Orang Minangkabau biasa memasukkan buah Rimbang ke dalam pakis yang digoreng dan gulai pakis. Orang Mandailing dan Batak memasak gulai daun singkong pakai Rimbang. Daun singkong sangat familiar di masyarakat karena bisa diolah menjadi camilan dan sayur. Salah satunya diolah menjadi gulai daun singkong.

Cara membuat Gulai Daun Singkong Rimbang (Cepokak):

  1. Siapkan bahan², ini fresh petik dari kebun ya. Daun singkong ambil daun saja, Cepokak belah tengah tidak putus, lepaskan dari tangkainya..
  2. Siram daun singkong dengan air panas hingga mulai layu, lalu buang airnya, cuci bersih, peras dan iris² besar, mekar2kan (lihat pict ke 2), cuci bersih cepokak. Siapkan bumbu giling. Blender halus..
  3. Campurkan bumbu halus,daun kunyit, sereh dan santan. Masak hingga mendidih, aduk² terus agar santan tidak pecah..
  4. Setelah mendidih tambahkan daun singkong, aduk. Lalu rimbang (cepokak). Masak hingga cepokak berubah warna, tambahkan garam dan sasa (gula sedikit,kira² 1/2 sdt).
  5. Setelah matang, sangai sebentar dengan api kecil, kira² 5 menit..
  6. Matikan api, salin ke piring saji. Sajikan..

Manfaat Luar Biasa Daun Singkong bagi Kesehatan – Selama ini mungkin hanya dikenal sebagai sayur untuk menemani makan, untuk dibuat gulai, sambal, sayur bening dsb, siapa sangka ternyata daun ubi yang memiliki Nama Latin Manihot utilissima ini bermanfaat juga untuk kesehatan. Gulai daun singkong teri adalah masakan sederhana dari daun singkong rebus yang dimasak dengan santan kelapa dan taburan teri goreng.@SunFlower Creator Bahan. Cara membuat : Daun singkong, rimbang, bunga kecombrang, rias dan bunga pepaya ditumbuk tidak terlalu halus. Masukkan bumbu yang telah dihaluskan, lengkuas, daun salam dan sere serta udang. Setelah mendidih, masukan daun singkong yg telah ditumbuk.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan gulai daun singkong rimbang (cepokak) yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!