Resep Gulai Daun Singkong, Bikin Ngiler

Diposting pada
Resep Gulai Daun Singkong, Bikin Ngiler

Gulai Daun Singkong. Hi Heidi, there are usually two versions, gulai daun singkong (curry version) and daun singkong rebus (plain boiled version). Gulai daun singkong is a delicious gulai (coconut curry, the base for dishes like gulai nangka) dish made of daun singkong or cassava leaves. This is one of the most popular ways of cooking this vegetable.

Resep Gulai Daun Singkong, Bikin Ngiler Cocok banget dinikmati dengan lauk lainnya. Kalau kamu punya stok daun singkong di rumah, tak ada salahnya mencoba mengolahnya jadi gulai, lho. Caranya mudah, berikut resep gulai daun singkong untuk panduan memasakmu.

Lagi mencari ide resep gulai daun singkong yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal gulai daun singkong yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Hi Heidi, there are usually two versions, gulai daun singkong (curry version) and daun singkong rebus (plain boiled version). Gulai daun singkong is a delicious gulai (coconut curry, the base for dishes like gulai nangka) dish made of daun singkong or cassava leaves. This is one of the most popular ways of cooking this vegetable.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari gulai daun singkong, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan gulai daun singkong yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian istimewa.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah gulai daun singkong yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Gulai Daun Singkong menggunakan 23 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Gulai Daun Singkong:

  1. Ambil 2 ikat daun singkong.
  2. Siapkan 100 gram teri nasi.
  3. Ambil 100 ml santan kental.
  4. Sediakan 1/2 sdt baking soda (untuk rebus daun singkong).
  5. Sediakan secukupnya garam.
  6. Sediakan secukupnya lada.
  7. Gunakan secukupnya kaldu bubuk.
  8. Gunakan secukupnya gula pasir.
  9. Siapkan secukupnya minyak goreng.
  10. Siapkan secukupnya air.
  11. Siapkan Bahan Bumbu Halus.
  12. Siapkan 7 siung bawang merah.
  13. Sediakan 5 siung bawang putih.
  14. Gunakan 5 buah cabai merah keriting.
  15. Sediakan 1 ruas kunyit.
  16. Gunakan 4 butir kemiri (sangrai).
  17. Sediakan Bahan Bumbu Cemplung.
  18. Gunakan 1 ruas lengkuas (geprek).
  19. Siapkan 2 lembar salam.
  20. Siapkan 3 lembar daun jeruk (buang tulang daunnya).
  21. Sediakan 1 batang serai (geprek).
  22. Ambil 1 helai daun kunyit.
  23. Siapkan cabai rawit (sesuai selera).
BARU  Resep Sayur bening bayam wortel dan jagung pipil simpel, Sempurna

Put the remaining coconut milk and the spice paste in a large skillet and bring to a boil over moderate heat. Sayur lagi dan sayur lagi, bersyukur kita tinggal di negeri tercinta yang kaya akan rempah, mari kita manfaatkan. Kali ini kita masak gulai daun singkong ditambah dengan tahu, biar lebih sehat dengan tambahan proteinnya. Rebus daun singkong di dalam air sampai lunak.

Langkah-langkah membuat Gulai Daun Singkong:

  1. Petik petik daun singkong, lalu rebus sesuai cara pada tips terlampir agar hasilnya lembut dan warna tetap hijau segar (lihat tips).
  2. Cuci bersih dan rendam teri sebentar (sekitar 15 menit), lalu goreng hingga kering.
  3. Haluskan seluruh bahan bumbu halus.
  4. Siapkan juga bahan bumbu cemplung (cabai rawitnya lupa kefoto).
  5. Panaskan minyak, tumis bumbu halus dan bumbu cemplung hingga harum. (cabai rawit utuhnya lupa kefoto).
  6. Masukkan air. Setelah mendidih, tambahkan santan..
  7. Bumbui dengan garam, lada, kaldu bubuk dan gula pasir.
  8. Lalu masukkan daun singkong dan teri. Masak hingga matang. Selesai.

Salah satu olahan daun singkong paling enak yaitu dibuat dengan bumbu gulai. Gulai daun singkong berkuah santan yang gurih-pedas ini sangat cocok dengan lauk apapun di rumah. Resep gulai singkong berikut ini begitu mudah. Dilengkapi dengan tips-tips penting yang akan membuat masakan Anda lezat dan menggugah selera. Di daerah asalnya di Sumatra Barat, gulai daun ini biasanya dibuat dengan bahan dasar daun paku, makanya disebut "Gulai Daun Paku".

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan gulai daun singkong yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!