Resep Rolade Daun Singkong Anti Gagal

Diposting pada
Resep Rolade Daun Singkong Anti Gagal

Rolade Daun Singkong. Resep rolade daun singkong memang sudah terbukti banyak yang mencari karena memang mudah dan hasil akhirnya cukup lezat dan bisa menjadi suguhan istimewa bagi keluarga. Bumbu yang tidak ribet dan proses pembuatan yang tidak memakan waktu lama menjadikan makanan ini begitu luar biasa memiliki banyak penggemar. Rolade daun singkong (Hanacaraka: ꦫꦺꦴꦭꦢꦼ ꦢꦻꦴꦤ꧀ ꦱꦶꦁꦏꦺꦴꦁ) adalah camilan gorengan khas Semarang.

Resep Rolade Daun Singkong Anti Gagal Buang daun singkong yang terlihat sudah tak layak pakai, lalu cuci hingga bersih dan tiriskan. Rebus daun singkong dengan sedikit garam hingga matang dan empuk. Daun singkong bisa diolah menjadi berbagai macam menu makanan dan salah satu olahan daun singkong lezat adalah dibuat menjadi rolade.

Sedang mencari ide resep rolade daun singkong yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal rolade daun singkong yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Resep rolade daun singkong memang sudah terbukti banyak yang mencari karena memang mudah dan hasil akhirnya cukup lezat dan bisa menjadi suguhan istimewa bagi keluarga. Bumbu yang tidak ribet dan proses pembuatan yang tidak memakan waktu lama menjadikan makanan ini begitu luar biasa memiliki banyak penggemar. Rolade daun singkong (Hanacaraka: ꦫꦺꦴꦭꦢꦼ ꦢꦻꦴꦤ꧀ ꦱꦶꦁꦏꦺꦴꦁ) adalah camilan gorengan khas Semarang.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari rolade daun singkong, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan rolade daun singkong yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian spesial.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah rolade daun singkong yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Rolade Daun Singkong memakai 7 jenis bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Rolade Daun Singkong:

  1. Sediakan 1 ikat daun singkong.
  2. Ambil 5 buah tahu putih / tahu bandung, haluskan.
  3. Gunakan 2 butir telur.
  4. Siapkan 1/2 sdt bawang putih bubuk / 2 siung bawang putih haluskan.
  5. Gunakan 1/4 sdt merica bubuk.
  6. Siapkan 1/4 sdt kaldu bubuk.
  7. Siapkan secukupnya Garam.
BARU  Resep Nasi Capjay Kuah Siram yang Enak

Rolade daun singkong merupakan salah satu jenis gorengan yang terbuat dari daun singkong rebus dicampur dengan tahu putih, telur, dan berbagai macam bumbu baru digoreng dengan tepung. Sajikan rolade daun singkong selagi hangat agar lebih lezat. Rolade Daun Singkong dibuat dalam beberapa versi. Selain dibentuk gulungan, ada pula rolade yang pembuatannya lebih mudah, yakni dengan dibentuk kepalan tangan.

Langkah-langkah menyiapkan Rolade Daun Singkong:

  1. Rebus daun singkong, tambahkan garam secukupnya. Bila sudah empuk, tiriskan dan peras airnya..
  2. Campur tahu dan semua bumbu. Tes rasa. Tambahkan 1 butir telur + 1 kuning telur. Aduk rata. (Simpan putih telurnya untuk membalur saat menggoreng nanti.).
  3. Susun daun singkong di atas daun pisang. Letakkan berjajar memanjang. Taruh tahu di atasnya, ratakan..
  4. Gulung daun singkong dan tahu, bungkus dengan daun pisang seperti membungkus lontong. Kukus selama 20 menit..
  5. Setelah dingin potong-potong..
  6. Kocok putih telur, tambahkan sejumput garam. Celupkan potongan rolade, goreng sampai tahu berwarna kecoklatan..
  7. Sajikan bersama cabe rawit atau saus sambal..

Rolade jenis ini lebih jamak ditemui di pedagang gorengan kaki lima. Selain itu, ada juga rolade daun singkong yang tidak menyertakan tahu di dalamnya. Rolade mulanya terbuat dari daun singkong rebus yang digulung di dalam adonan tahu, dibungkus dengan daun pisang, dikukus, dipotong-potong, dicelupkan ke dalam adonan terigu, kemudian di goreng dengan minyak panas. Gulungan rolade akan dikukus hingga matang lalu diiris dan digoreng dalam balutan telur hingga kecoklatan. Sajian tahu goreng anda pun jadi lebih istimewa, menarik, dan menggugah selera.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat rolade daun singkong yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!