Bagaimana Membuat Ayam Rica-rica Kemangi Pedas, Bisa Manjain Lidah

Diposting pada
Bagaimana Membuat Ayam Rica-rica Kemangi Pedas, Bisa Manjain Lidah

Ayam Rica-rica Kemangi Pedas. Rica-rica dalam bahasa Manado (Sulawesi Utara) berarti pedas atau cabe. dalam proses masaknya beraneka ragam. Masakan kali ini dengan menambah daun kemangi. Bagi pecinta pedas, ayam rica-rica memang memiliki banyak penggemar.

Bagaimana Membuat Ayam Rica-rica Kemangi Pedas, Bisa Manjain Lidah Inilah rahasia bumbu masakan ayam rica rica dan petunjuk cara membuat rica rica ayam. Resep ayam rica rica merupakan masakan selera pedas Resep rica rica sendiri sebenarnya tidak harus menggunakan bahan daging ayam saja. Resep Ayam Rica – Rica Pedas Enak dan Spesial Untuk Keluarga – Asal muasal dari resep ayam rica-rica ini berasal dari daerah Manado – Sul.

Lagi mencari inspirasi resep ayam rica-rica kemangi pedas yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal ayam rica-rica kemangi pedas yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Rica-rica dalam bahasa Manado (Sulawesi Utara) berarti pedas atau cabe. dalam proses masaknya beraneka ragam. Masakan kali ini dengan menambah daun kemangi. Bagi pecinta pedas, ayam rica-rica memang memiliki banyak penggemar.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam rica-rica kemangi pedas, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan ayam rica-rica kemangi pedas yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah ayam rica-rica kemangi pedas yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Ayam Rica-rica Kemangi Pedas menggunakan 19 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Ayam Rica-rica Kemangi Pedas:

  1. Gunakan 1/2 Kg Ayam (di daerah saya ayam nya kiloan).
  2. Sediakan 2 sdm Air Jeruk Nipis.
  3. Ambil 3 lembar Daun Jeruk.
  4. Ambil 2 Lembar Daun Salam.
  5. Ambil 2 ikat kemangi.
  6. Gunakan 1 Batang Sereh (Memarkan).
  7. Gunakan 4 sdm Minyak Goreng.
  8. Sediakan 1/4 sdt Gula Pasir.
  9. Ambil secukupnya Garam.
  10. Sediakan secukupnya Kaldu bubuk.
  11. Siapkan 100 ml air.
  12. Siapkan Bumbu Halus.
  13. Gunakan 4 buah Cabe Merah Besar.
  14. Ambil 20 buah Cabe Rawit Merah.
  15. Sediakan 5 buah Bawang Merah.
  16. Sediakan 3 buah Bawang Putih.
  17. Siapkan 1 Ruas Jahe.
  18. Gunakan 2 Ruas Kunyit.
  19. Siapkan 5 butir kemiri yang sudah di sangrai.
BARU  Cara Gampang Membuat Fritatta Macaroni Topping Pizza Anti Gagal

Rica merupakan bahasa Manado yang berarti pedas, bisa dimaknai bahwa kuliner ini merupakan ayam yang diberi bumbu pedas. Nah, untuk membuat resep Ayam Rica Kemangi khas Manado ini, tentu ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Sebut saja rica-rica, makanan dengan cita rasa pedas ini merupakan salah satu makanan asal Manado yang sudah melegenda di Indonesia. Rica-rica sendiri bisa terbuat dari berbagai bahan utama, namun yang paling populer adalah ayam.

Langkah-langkah menyiapkan Ayam Rica-rica Kemangi Pedas:

  1. Potong ayam sesuai selera, cuci sampai bersih kemudian lumuri dengan air jeruk nipis diamkan kurang lebih 5-10mnt.
  2. Giling bumbu halus yang sudah disiapkan (karena blender saya lagi rusak, jadi saya pakai ulekan tangan ya bund?).
  3. Panaskan minyak, masukkan Bumbu halus, daun salam, daun jeruk, serai lalu tumis hingga harum.
  4. Masukkan ayam, aduk-aduk hingga merata, lalu tambahkan air.
  5. Masak di api sedang hingga air menyusut, masukkan garam, kaldu bubuk, gula pasir, koreksi rasa, kemudian angkat.

Selain mudah didapat, daging ayam juga relatif. Bumbu rica-rica khas Manado bisa dipadukan dengan aneka bahan, seperti ayam. Coba membuat ayam panggang bumbu rica-rica berdasarkan resep ini. Kamu bisa coba membuat ayam panggang rica-rica. Bumbu rica-rica sendiri cukup populer karena punya rasa pedas sekaligus gurih.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan ayam rica-rica kemangi pedas yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!