Cara Gampang Membuat Ayam rica pedas Anti Gagal

Diposting pada
Cara Gampang Membuat Ayam rica pedas Anti Gagal

Ayam rica pedas. Resep Ayam Rica-Rica Bumbu Pedas – Hidangan masakan Nusantara yang berasal dari Kota Manado ini sangat diminati orang Indonesia. Masakan Ayam Rica-Rica adalah masakan khas orang Manado yang sudah tersebar diseluruh pelosok Nusantara. Kali ini, kami akan membagikan Resep Ayam Rica-Rica dengan Bumbu Pedas yang nikmat.

Cara Gampang Membuat Ayam rica pedas Anti Gagal Masak hingga matang dan bumbunya menyusut. Terakhir, masukkan daun bawang dan kemangi, masak sebentar. Setelah matang, angkat dan sajikan ayam rica-rica.

Sedang mencari ide resep ayam rica pedas yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal ayam rica pedas yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Resep Ayam Rica-Rica Bumbu Pedas – Hidangan masakan Nusantara yang berasal dari Kota Manado ini sangat diminati orang Indonesia. Masakan Ayam Rica-Rica adalah masakan khas orang Manado yang sudah tersebar diseluruh pelosok Nusantara. Kali ini, kami akan membagikan Resep Ayam Rica-Rica dengan Bumbu Pedas yang nikmat.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam rica pedas, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan ayam rica pedas yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan spesial.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat ayam rica pedas yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Ayam rica pedas menggunakan 15 jenis bahan dan 8 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Ayam rica pedas:

  1. Sediakan 1/2 kg ayam.
  2. Siapkan bahan uleg.
  3. Gunakan 10-15 buah cabai rawit.
  4. Siapkan 3 buah cabai merah kriting.
  5. Ambil 1 buah cabai merah besar.
  6. Siapkan 1 buah kunyit.
  7. Sediakan 1 ruas ibu jari Jahe.
  8. Gunakan 3 siung bawang putih.
  9. Sediakan 4 siung bawang merah.
  10. Gunakan 1 sdt garam.
  11. Gunakan bumbu geprek.
  12. Gunakan 2-3 batang serai.
  13. Gunakan 1 ruas ibu jari Lengkuas.
  14. Siapkan 3-4 lembar daun jeruk.
  15. Gunakan Kemangi untuk taburan.
BARU  Bagaimana Menyiapkan Ayam Goreng Saus Mentega yang Bikin Ngiler

Nah, itulah resep ayam rica-rica yang pedas dan nikmat. Rica-rica merupakan salah satu makanan khas Manado, Sulawesi Utara. Kata rica berasal dari bahasa Manado yang berarti pedas atau cabai. Resep untuk membuat ayam rica-rica sangat beragam, begitu pula cara memasaknya, persamaannya hanya terletak pada rasanya yang pedas.

Cara menyiapkan Ayam rica pedas:

  1. Tumis semua bumbu uleg sampe harum (jika tidak suka pedas bisa pakai 5 – 7 buah cabai rawit).
  2. Masukkan semua bumbu geprek.
  3. Masukkan setengah kg ayam yg sudah dipotong menjadi 8 bagian aduk sampai berubah warna kekuningan.
  4. Masukkan air nyemek2/become soggy/sedikit basah, cicipi, jika kurang pas bisa ditambah garam dan micin.
  5. Aduk2 lagi, tutup, tunggu 10 menit.
  6. Aduk2 lagi, pastikan ayam sudah empuk dan rasa sudah pas.
  7. Biarkan air berkurang sehingga bumbu lebih merasuk.
  8. Kecilkan api, masukkan kemangi yg sudah dicuci bersih, aduk2 sebentar, tutup, tunggu 5 menit, matikan api, sajikan.

Ayam rica-rica atau rica-rica ayam bisa jadi pilihan lauk buat penyuka pedas. Makanan khas Manado ini memakai banyak bumbu dan cabe hingga rasanya pedas mantap.. Ayam rica-rica adalah merupakan masakan tradisional nusantara yang asli berasal dari Manado, kata "Rica" itu sendiri adalah kata-kata khas dari masyarakat manado yang berarti "Cabai" atau "Pedas, jadi kalau diterjemahkan dalam bahasa Indonesia sih kurang lebih seperti ini "Ayam Pedas Berbumbu Cabe". Ayam rica-rica adalah salah satu makanan khas Manado, Sulawesi Utara. Kata rica berasal dari bahasa Manado yang berarti "pedas" atau "cabai".

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan ayam rica pedas yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!