Cara Gampang Menyiapkan Ayam Rica Balado Pedas yang Bisa Manjain Lidah

Diposting pada
Cara Gampang Menyiapkan Ayam Rica Balado Pedas yang Bisa Manjain Lidah

Ayam Rica Balado Pedas. Resep Ayam Rica-rica, enaknya bikin nagih! Ayam Balado – Kali ini kami akan membahas tentang ayam yang di masak dengan bumbu balado bun. Tapi sebelumnya akan kami bahas terlebih dahulu tentang sambal balado.

Cara Gampang Menyiapkan Ayam Rica Balado Pedas yang Bisa Manjain Lidah Ayam goreng bumbu balado merupakan masakan khas Padang yang sebaiknya jangan terlewatkan dalam menyusun daftar menu makanan keluarga sehari-hari. Bahan utama Tumis sambal balado hingga wangi. Masukkan ayam dan aduk hingga tercampur rata.

Anda sedang mencari inspirasi resep ayam rica balado pedas yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal ayam rica balado pedas yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Resep Ayam Rica-rica, enaknya bikin nagih! Ayam Balado – Kali ini kami akan membahas tentang ayam yang di masak dengan bumbu balado bun. Tapi sebelumnya akan kami bahas terlebih dahulu tentang sambal balado.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ayam rica balado pedas, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan ayam rica balado pedas enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat ayam rica balado pedas yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Ayam Rica Balado Pedas menggunakan 15 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Ayam Rica Balado Pedas:

  1. Ambil 1/2 kg ceker, kepala, sayap ayam.
  2. Sediakan 5 siung bawang merah.
  3. Sediakan 3 siung bawang putih.
  4. Sediakan 1 ruas laos.
  5. Gunakan 1 ruas kunyit.
  6. Gunakan 3 buah cabe merah besar.
  7. Ambil 15 buah cabe rawit.
  8. Sediakan 1 buah tomat.
  9. Sediakan 1 buah bawang bombay.
  10. Ambil Secukupnya gula, garam, penyedap rasa, merica bubuk dan kecap.
  11. Ambil Secukupnya daun bawang sebagai pelengkap.
  12. Siapkan 2 lembar daun salam.
  13. Sediakan 2 lembar daun jeruk.
  14. Siapkan Secukupnya minyak untuk menumis.
  15. Siapkan Secukupnya air.
BARU  Cara Gampang Menyiapkan Ayam Goreng queker oat Anti Gagal

Nah, itu tadi lima menu ayam pedas yang populer di Indonesia, ternyata tidak terlalu sulit ya membuatnya. Ayam rica-rica merupakan salah satu masakan khas Manado, Sulawesi Utara, yang terkenal dengan cita rasa pedasnya. Dalam bahasa Manado, kata "rica" sendiri berarti "cabai" atau "pedas". Ayam memang paling populer untuk dibuat rica, tapi hampir semua jenis daging, unggas, ikan air tawar.

Langkah-langkah menyiapkan Ayam Rica Balado Pedas:

  1. Cuci bersih ayam, tambahkan daun jeruk dan garam lalu rebus hingga matang. Setelah empuk, buang airnya lalu tiriskan.
  2. Blender / uleg semua bumbu hingga halus kecuali daun salam dan bawang bombay.
  3. Panaskan wajan, beri sedikit minyak. Tumis bawang bombay yg telah di iris hingga layu lalu masukkan bumbu halus. Tumis hingga harum dan matang.
  4. Tambahkan garam, gula, merica bubuk, kecap dan penyedap rasa. Masukkan ayam aduk sebentar lalu tambahkan air..
  5. Masak ayam hingga mendidih dan airnya menyusut. Jangan lupa koreksi rasa. Setelah air menyusut tambahkan irisan daun bawang. Ayam rica balado pedas siap dinikmati.

Ayam balado rica pedas ini bisa menjadi santapan makan malam yang lezat bersama keluarga, adapun bahan dan cara membuatnya seperti di bawah ini. Koreksi rasa, pastikan daging ikan matang sempurna dan bumbu meresap. Jika ayam balado rica pedas airnya sudah menyusut dan matang. Rasa pedas daging ayam rica langsung menusuk lidah. Cabai merah yang digunakan sukses membuat lidah kepanasan.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan ayam rica balado pedas yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!