Resep Buntil Daun Singkong Teri Tempe yang Lezat

Diposting pada
Resep Buntil Daun Singkong Teri Tempe yang Lezat

Buntil Daun Singkong Teri Tempe. Buntil adalah sajian berbungkus daun, bisa menggunakan daun singkong, daun pepaya, daun talas atau daun sayur lainnya. Lihat juga resep Buntil daun singkong isi teri+kelapa parut ? enak lainnya. resep buntil daun singkong Buntil adalah resep masakan tradisional Jawa dari olahan daun sebagai pembungkus yang diberi isi dengan teri campur kelapa parut serta bumbu-bumbu lainnya. Terdapat bermacam daun yang biasa digunakan, termasuk salah satunya adalah daun singkong.

Resep Buntil Daun Singkong Teri Tempe yang Lezat Daun yang digunakan bisa berbeda-beda, mulai dari daun talas hingga daun singkong. Lihat juga resep BuntiL Teri Medan Daun Pepaya enak lainnya. Sajian ini mirip dengan bothok, hanya saja tidak dibungkus dengan daun pisang.

Anda sedang mencari inspirasi resep buntil daun singkong teri tempe yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal buntil daun singkong teri tempe yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari buntil daun singkong teri tempe, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan buntil daun singkong teri tempe yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Buntil adalah sajian berbungkus daun, bisa menggunakan daun singkong, daun pepaya, daun talas atau daun sayur lainnya. Lihat juga resep Buntil daun singkong isi teri+kelapa parut ? enak lainnya. resep buntil daun singkong Buntil adalah resep masakan tradisional Jawa dari olahan daun sebagai pembungkus yang diberi isi dengan teri campur kelapa parut serta bumbu-bumbu lainnya. Terdapat bermacam daun yang biasa digunakan, termasuk salah satunya adalah daun singkong.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan buntil daun singkong teri tempe sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Buntil Daun Singkong Teri Tempe menggunakan 28 bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Buntil Daun Singkong Teri Tempe:

  1. Gunakan 2 ikat daun singkong, rebus sebentar.
  2. Siapkan 1 papan Tempe potong dadu.
  3. Ambil 75 gr Teri Medan ato Teri Asin.
  4. Sediakan 35 gr Petai Cina ato Lamtoro.
  5. Ambil 300 gr Kelapa Parut.
  6. Ambil Bumbu yg di haluskan :.
  7. Ambil 3 siung bawang putih.
  8. Siapkan 6 siung bawang merah.
  9. Gunakan 1 sdt ketumbat.
  10. Siapkan 6 bh cabe keriting.
  11. Gunakan 2 cm Lengkuas.
  12. Siapkan 1 btg serai, ambil putihnya.
  13. Sediakan 1 cm jahe.
  14. Siapkan 1 lbr daun jeruk, buang tulang tengahnya.
  15. Siapkan 2 cm kencur.
  16. Ambil secukupnya Garam.
  17. Gunakan secukupnya Gula.
  18. Siapkan sesuai selera Cabe rawit.
  19. Sediakan Bahan Kuah :.
  20. Gunakan 2000 ml Santan dri 1 kelapa.
  21. Siapkan Cabe rawit utuh sesuai selera,.
  22. Ambil 2 lbr daun salam.
  23. Siapkan 2 bh btg serai, ambil putihnya, memarkan.
  24. Sediakan 4 bh cabe keriting haluskan.
  25. Siapkan 4 bh cabe merah haluskan.
  26. Sediakan 8 siung bawang merah haluskan.
  27. Gunakan sesuai selera Garam.
  28. Siapkan sesuai selera Gula.
BARU  Resep Sayur Lodeh Simple Bumbu Iris Anti Gagal

Campuran dari kelapa muda, ikan teri, dan kacang merah dijadikan isian yang kemudian dibungkus dengan 'daun yang bisa dimakan' seperti daun singkong, talas, atau daun pepaya. Bungkusan buntil ini kemudian dimasak dengan bumbu-bumbu dan santan sehingga jadi hidangan berkuah pekat, meresap, dan nikmat. Ditambah lagi, cara membuat Resep Buntil Daun Singkong yang enak ini mudah diikuti, lo! Selamat Datang di situs Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat.

Cara membuat Buntil Daun Singkong Teri Tempe:

  1. Aduk rata teri medan, tempe, petai cina, kelapa parut, dan bumbu halus..
  2. Ambil 6 lembar daun singkong. Sendokkan campuran kelapa parut. Lipat kanan dan kirinya. Bungkus bentuk kotak. Ikat dengan benang kasur..
  3. Kukus di atas api sedang 30 menit sampai matang..
  4. Kuah, rebus bahan kuah sampai mendidih..
  5. Masukkan buntil. Masak sampai matang, meresap, dan kuah kental, kurleb 20 menit..
  6. Setelah kuah meresap dan kental, Buntil siap disajikan..

Situs ini sebagai salah satu media informasi dalam pelayanan publik Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) dan juga sebagai upaya transparansi publik. Bahan utama membuat buntil daun singkong. Sesuai namanya, bahan utama untuk membuat sajian ini tentu saja daun singkong. Pilih daun yang masih muda agar lebih cepat empuk ketika dimasak. Selain daun singkong, bahan lain yang turut menjadi bahan utama buntil daun singkong adalah ikan teri medan dan kelapa parut.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Buntil Daun Singkong Teri Tempe yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi ide untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!