Bagaimana Membuat Balado ayam bumbu segar komplit (tanpa rempah) yang Enak Banget

Diposting pada
Bagaimana Membuat Balado ayam bumbu segar komplit (tanpa rempah) yang Enak Banget

Balado ayam bumbu segar komplit (tanpa rempah). Biasanya kalau masak ayam goreng bumbu balado ini aku ungkep ayamnya di malam hari. Setelah di ungkep, ayamnya dimasukan ke dalam kulkas. Di masak dengan bumbu rempah asli khas Indonesia yang cukup komplit membuat masakan khas Sumatera Barat ini di sukai banyak orang.

Bagaimana Membuat Balado ayam bumbu segar komplit (tanpa rempah) yang Enak Banget Bumbu bumbu yang digunakan untuk membuat masakan telur balado pedas sangat sederhana yakni bawang putih, bawang merah, tomat, jahe, dan tentunya cabe merah. Tingkat pedas balado telur tergantung dari selera bunda sendiri, sehingga penggunaan cabe merah besar dapat disesuaikan. Resep ayam opor enak dengan bumbu sederhana.

Lagi mencari inspirasi resep balado ayam bumbu segar komplit (tanpa rempah) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal balado ayam bumbu segar komplit (tanpa rempah) yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari balado ayam bumbu segar komplit (tanpa rempah), mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan balado ayam bumbu segar komplit (tanpa rempah) yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Biasanya kalau masak ayam goreng bumbu balado ini aku ungkep ayamnya di malam hari. Setelah di ungkep, ayamnya dimasukan ke dalam kulkas. Di masak dengan bumbu rempah asli khas Indonesia yang cukup komplit membuat masakan khas Sumatera Barat ini di sukai banyak orang.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah balado ayam bumbu segar komplit (tanpa rempah) yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Balado ayam bumbu segar komplit (tanpa rempah) menggunakan 14 jenis bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Balado ayam bumbu segar komplit (tanpa rempah):

  1. Sediakan 10 potong daging ayam.
  2. Siapkan 1 mangkuk cabai merah keriting.
  3. Gunakan 10 siung bawang merah.
  4. Sediakan 6 siung bawang putih.
  5. Gunakan 5 lbr daun jeruk segar.
  6. Ambil 3 lbr daun salam hijau segar.
  7. Siapkan 1 ruas lengkuas.
  8. Sediakan 3 cm jahe geprek.
  9. Sediakan 1/2 bks kunyit bubuk.
  10. Ambil 3 btg serai geprek.
  11. Siapkan Sck Gula pasir.
  12. Ambil Minyak untuk menumis.
  13. Siapkan 1/2 ltr air.
  14. Sediakan Sck garam dan MSG.
BARU  Resep Ayam ungkep kuning Anti Gagal

Bumbu bumbu masakan ayam opor bumbu kuning yakni bawang merah, bawang putih, kunyit jahe Dengan tambahan santan kental segar akan menambah kenikmatan resep masakan tradisional jawa ini. Coba deh yang pertama ini adalah resep bumbu balado terong yang ditambahkan dengan telur puyuh. Bukan cuma sedap dan lezat saat disantap, resep ini juga akan menggugah selera. Selain itu, resep terong balado ini bisa dimasak dengan sangat praktis di rumah.

Cara membuat Balado ayam bumbu segar komplit (tanpa rempah):

  1. 1. Cuci bersih ayam yang sudah dipotong.
  2. Blender bawang merah, bawang putih dan cabai merah. (untuk blendernya gunakan minyak goreng 2 sdm dan air 3 sdm, biar bisa beroperasi blendernya. Kalau airnya banyak-banyak juga membuat bumbu tidak segar dan harum).
  3. Panaskan minyak, tumis bumbu tambahkan daun salam, daun jeruk, serai, lengkuas, jahe geprek, kunyit bubuk, garam dan MSG. Tumis dengan api sedang biar tidak cepat gosong. Biarkan bumbu harum dan benar-benar matang. Tambahkan gula pasir..
  4. 4. Masukkan air, didihkan. Masukkan daging ayam lalu aduk merata. Tutup ±5 menit, sesekali dibuka dan diaduk..
  5. 5. Kemudian buka tutupnya masak hingga air menyusut/menyisakan sedikit kuah saja..
  6. 6. Sajikan bersama nasi hangat dan lalapan. Ummm.
  7. #kunci masak ada pada bumbu, asal bumbu lengkap dan saat menumis bumbunya BENAR-BENAR harum dan matang..

Dibuat dari Bumbu dan Rempah Pilihan Ala Restoran, Warteg, Rumahan. Bumbu balado sendiri memilki varian lain untuk dimasak selain terong, ada juga ayam, ikan, dan telur. Rempah dapat juga dikatakan sebagai bumbu kering. Pada hakikatnya bumbu dan rempah keduanya memberi dan meningkatkan rasa dan aroma pada makanan, misalnya merica (spices) Bumbu adalah suatu bahan untuk mempertinggi aroma makanan tanpa mengubah aroma bahan alami. Ayam dengan saus madu ala Korea dengan bahan-bahan yang mudah didapat.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan balado ayam bumbu segar komplit (tanpa rempah) yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!