Langkah Mudah untuk Menyiapkan Gulai Daun Singkong yang Lezat

Diposting pada
Langkah Mudah untuk Menyiapkan Gulai Daun Singkong yang Lezat

Gulai Daun Singkong. Hi Heidi, there are usually two versions, gulai daun singkong (curry version) and daun singkong rebus (plain boiled version). Gulai daun singkong is a delicious gulai (coconut curry, the base for dishes like gulai nangka) dish made of daun singkong or cassava leaves. This is one of the most popular ways of cooking this vegetable.

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Gulai Daun Singkong yang Lezat Kuah santan yang gurih dan pedas dari gulai daun singkong memberikan kenikmatan berlipat. Cocok banget dinikmati dengan lauk lainnya. Kalau kamu punya stok daun singkong di rumah, tak ada salahnya mencoba mengolahnya jadi gulai, lho.

Sedang mencari inspirasi resep gulai daun singkong yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal gulai daun singkong yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Hi Heidi, there are usually two versions, gulai daun singkong (curry version) and daun singkong rebus (plain boiled version). Gulai daun singkong is a delicious gulai (coconut curry, the base for dishes like gulai nangka) dish made of daun singkong or cassava leaves. This is one of the most popular ways of cooking this vegetable.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari gulai daun singkong, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan gulai daun singkong enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan spesial.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah gulai daun singkong yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Gulai Daun Singkong memakai 23 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Gulai Daun Singkong:

  1. Sediakan 20-25 batang daun singkong ambil 3 tingkat dari ujung atasnya.
  2. Gunakan 5 lembar daun salam.
  3. Ambil 5 lembar daun jeruk.
  4. Ambil 1-2 batang sereh.
  5. Gunakan Udang dawu/udang gedhe jg boleh (skip jg bs).
  6. Sediakan 1 bungkus kara/100ml santan kental.
  7. Ambil 1000-1500 L air untuk merebus.
  8. Sediakan 5-7 cm lengkuas geprek.
  9. Gunakan bumbu halus.
  10. Siapkan 10-15 cabe rawit (sesuai selera).
  11. Gunakan 2 cabe merah besar.
  12. Gunakan 3 cm kunyit (pake kunyit bubuk 3sdm).
  13. Ambil 1 sdm ketumbar.
  14. Sediakan 5 biji kemiri.
  15. Gunakan 1 cm kencur.
  16. Sediakan 1 cm jahe.
  17. Ambil 2 sdm garam.
  18. Siapkan 4-5 bawang putih.
  19. Ambil 10 bawang merah.
  20. Ambil 1 sdt ladaku.
  21. Siapkan secukupnya Gula pasir.
  22. Sediakan secukupnya Kaldu bubuk.
  23. Sediakan Minyak goreng seckupnya.
BARU  Resep Sayur Bayam Bening Anti Gagal

Caranya mudah, berikut resep gulai daun singkong untuk panduan memasakmu. Kalau kamu punya stok daun singkong di rumah, tak ada salahnya mencoba mengolahnya jadi gulai, lho. Bahan-bahan membuat gulai daun singkong Di daerah asalnya di Sumatra Barat, gulai daun ini biasanya dibuat dengan bahan dasar daun paku, makanya disebut "Gulai Daun Paku". Sementara di restauran padang saya sering melihat dengan bahan dasar kacang panjang dan kol.

Langkah-langkah membuat Gulai Daun Singkong:

  1. Daun singkong direbus sampai empuk seperti cerita saya diatas. ? setelah dibuang air rebusannya, daun diperas sampai airnya ckup habis. Kemudian dipoting2 daunnya..
  2. Lalu uleg semua bumbu halus..
  3. Siapkan wajan, kasih minyak goreng secukupnya untuk menumis bumbu halus. Kl minyak sudah panas masukkan bumbu halus, masukkan daun salam, daun jeruk, sereh dan lengkuas. Masak sampai harum dengan api sedang..
  4. Masukkkan daun singkong dan tmbahkan air. Masak beberapa menit biar bumbu meresap. Tmbahkan udang yg sudah digoreng/ udang dawu jg nikmat??gula pasir dan kaldu bubuknya jngn lupa ya bun….
  5. Setelah airnya agak menyusut tambahkan santan kental. Aduk rata. Dan masak smpai mendidih. Test rasa. Kl garamnya kurang bs ditmbah lg?.
  6. Setelah mendidih, bisa langsung dimakan bersama keluarga tercinta☺.

Daun singkong adalah favorit saya, sayangnya daun ini tidak tersedia di tempat tinggal saya sekarang. Salah satu olahan daun singkong paling enak yaitu dibuat dengan bumbu gulai. Gulai daun singkong berkuah santan yang gurih-pedas ini sangat cocok dengan lauk apapun di rumah. Resep gulai singkong berikut ini begitu mudah. Dilengkapi dengan tips-tips penting yang akan membuat masakan Anda lezat dan menggugah selera.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat gulai daun singkong yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!