Resep Gulai Daun Kelor dan Klentang yang Bisa Manjain Lidah

Diposting pada
Resep Gulai Daun Kelor dan Klentang yang Bisa Manjain Lidah

Gulai Daun Kelor dan Klentang. Resep Gulai Daun Kelor dan Klentang. Masih memanfaatkan pagar dirumah,yg juga bisa disayur alias si pohon kelor? Kemaren yg diolah bunganya,Kali ini ngolah daunnya skalian buahnya, saya sih nyebut buah kelor dgn sebutan klentang ya, kurang tau klo didaerah lain namanya apa. Lihat juga resep Balado Ayam Tempe Kentang Daun kelor tanpa minyak enak lainnya.

Resep Gulai Daun Kelor dan Klentang yang Bisa Manjain Lidah Belanja Sekarang Juga Hanya di Bukalapak. Gulai daun singkong mungkin belum begitu populer di seluruh Indonesia, namun sebenarnya hidangan ini sangat populer di pulau Jawa dan Sumatra. Nah buat kamu yang mau coba berkreasi membuat gulai pedas daun singkong ala Endeus, langsung aja lihat video selengkapnya dan bagikan.

Lagi mencari inspirasi resep gulai daun kelor dan klentang yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal gulai daun kelor dan klentang yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari gulai daun kelor dan klentang, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan gulai daun kelor dan klentang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan spesial.

Resep Gulai Daun Kelor dan Klentang. Masih memanfaatkan pagar dirumah,yg juga bisa disayur alias si pohon kelor? Kemaren yg diolah bunganya,Kali ini ngolah daunnya skalian buahnya, saya sih nyebut buah kelor dgn sebutan klentang ya, kurang tau klo didaerah lain namanya apa. Lihat juga resep Balado Ayam Tempe Kentang Daun kelor tanpa minyak enak lainnya.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan gulai daun kelor dan klentang sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Gulai Daun Kelor dan Klentang menggunakan 28 jenis bahan dan 8 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Gulai Daun Kelor dan Klentang:

  1. Gunakan 5 batang klentang (buah kelor).
  2. Ambil 9 genggam daun kelor yg sudah dipipil daunnya aja.
  3. Siapkan Air secukupnya (sekitar 1 Liter sampai 1½.liter).
  4. Siapkan 100 ml santan kental (saya pakai instant seperti santan kara).
  5. Sediakan 3 sdm minyak untuk menumis bumbu.
  6. Gunakan Garam halus (sesuai selera).
  7. Siapkan Gula jawa (sesuaikan selera, saya pakai 1.sdm yg sudah diiris).
  8. Siapkan Kaldu bubuk (sesuai selera).
  9. Ambil Bawang goreng (secukupnya).
  10. Sediakan B.) Bumbu halus=.
  11. Gunakan 3 siung bawang merah.
  12. Sediakan 7 siung bawang putih.
  13. Gunakan 2 sdm ebi/rebon.
  14. Ambil 2 butir kemiri (sangrai bentar biar gak langu).
  15. Sediakan 5 buah cabe (sesuaikan selera mau cabe merah/rawit).
  16. Gunakan 1 ruas kunyit.
  17. Gunakan 1 ruas jahe.
  18. Gunakan 1/2 sdt jintan.
  19. Sediakan 1 sdt ketumbar.
  20. Ambil 1/2 sdt merica.
  21. Gunakan C.) Bumbu Utuhnya=.
  22. Sediakan 1 batang sereh (geprek).
  23. Ambil 2 lembar daun salam.
  24. Ambil 5 lembar daun jeruk.
  25. Siapkan 2 buah cabe utuh.
  26. Sediakan 1 jempol lengkuas (geprek).
  27. Ambil D.) Pelengkap:.
  28. Gunakan Secukupnya ikan asin/ikan teri/ikan bilis (goreng).
BARU  Resep Sambal Goreng Kentang Buncis, Menggugah Selera

Masukkan klentang dan jagung manis, rebus sampai klentang empuk. Masukkan kacang panjang, garam, gula pasir. Lihat juga resep Sayur Asem Klentang (Pedas) enak lainnya. Pepaya di depan rumah mati, sementara buahnya banyak yang kecil-kecil.

Cara menyiapkan Gulai Daun Kelor dan Klentang:

  1. Kupas kulit luar klentang, klo saya pakai cara habis klentang dipatahkan, lalu tarik, maka kulit luar dgn mudah mengelupas,lalu cuci bersih, begitu juga dengan daunnya cuci bersih..
  2. Panaskan minyak dalam panci, masukkan bumbu halus tumis hingga harum, masukkan bumbu utuh aduk tumis beberapa saat, lalu masukkan klentang, aduk rata..
  3. Masukkan air, biarkan hingga air mendidih, jika air sudah mendidih, kemudian masukkan daun kelor, aduk rata, masukkan garam, gula jawa dan kaldu bubuk, kemudian tutup rapat pancinya dan masak hingga klentang menjadi empuk..
  4. Setelah klentang empuk, masukkan santan kental..
  5. Kecilkan api,masak sambil diaduk agar santan tidak pecah.
  6. Masak terus hingga santan seperti mengeluarkan minyak dgn sendirinya, test rasa pastikan sudah pas asin dan gurihnya, sebelum kompor dimatikan masukkan bawang goreng sekitar 2 genggam aduk rata, dan siap disajikan..
  7. Sajikan selagi panas, taburi dengan bawang goreng lagi, sajikan dengan nasi putih dan ikan asin, atau ikan teri asin goreng. Mantappp tenan wes pokoknya?? Alhamdulillah ?.
  8. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ?❤.

Dulu waktu kecil, ibu saya sering buat gulai pepaya muda, terutama bila musim panen. Biasanya dicampur dengan sejenis daun menyerupai daun lamtoro, tapi rasanya asam. Lihat juga resep Daun ubi gulai simpel enak lainnya. Lihat juga resep Perkedel kentang dan sayuran enak lainnya. Perkedel kentang, satu hidangan pendamping yang tidak hanya terkenal di Indonesia, namun juga di berbagai negara di dunia.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan gulai daun kelor dan klentang yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!