Bagaimana Menyiapkan Semur ayam, Bikin Ngiler

Diposting pada
Bagaimana Menyiapkan Semur ayam, Bikin Ngiler

Semur ayam. Semur ayam is a chicken and potato dish stewed in spices, nutmeg, and kecap manis (Indonesian sweet soy sauce). The taste is very bold, the chicken and potatoes tender and succulent, and you will want to mop up all the sauce with a big bowl of steamed white rice. Semur is easy to find in both cities, but there are significant differences between the two versions.

Bagaimana Menyiapkan Semur ayam, Bikin Ngiler I definitely prefer semur ayam Medan – Medan style chicken in nutmeg & sweet soy sauce, but it may just be my bias. Semur Ayam (Chicken Stew in Sweet Soy Sauce) Semur / se-mur / is an Indonesian dish made from boiled meat or chicken in thick brown gravy which made from sweet soy sauce. The word 'semur' itself derives from the Dutch word 'smoor' meaning 'smothered' or it could also mean the technique of cooking by boiling for a long time using a.

Sedang mencari inspirasi resep semur ayam yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal semur ayam yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari semur ayam, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan semur ayam enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan spesial.

Semur ayam is a chicken and potato dish stewed in spices, nutmeg, and kecap manis (Indonesian sweet soy sauce). The taste is very bold, the chicken and potatoes tender and succulent, and you will want to mop up all the sauce with a big bowl of steamed white rice. Semur is easy to find in both cities, but there are significant differences between the two versions.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat semur ayam sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Semur ayam menggunakan 20 bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

BARU  Cara Gampang Menyiapkan Tumis Ayam Suwir (menu anak) yang Bisa Manjain Lidah

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Semur ayam:

  1. Gunakan 1/2 kg Daging ayam.
  2. Sediakan 1/2 sdt kaldu bubuk /garam.
  3. Gunakan 1 sdt bubuk kunyit.
  4. Sediakan bumbu Halus:.
  5. Ambil 3 siung bawang putih.
  6. Sediakan 4 siung bawang merah.
  7. Siapkan 3 buah kemiri.
  8. Sediakan 1/2 buah tomat.
  9. Ambil 2 cabe merah keriting.
  10. Sediakan 1 cabe merah besar.
  11. Ambil 1/2 ruas jahe.
  12. Siapkan 2 daun salam.
  13. Gunakan 1/2 ruas kunyit.
  14. Gunakan 1 sdt kaldu bubuk.
  15. Sediakan 1 sdt penyedap.
  16. Ambil 1/2 sdt pala bubuk.
  17. Sediakan 1/2 sdt merica bubuk.
  18. Gunakan 1/2 ruas lengkuas.
  19. Gunakan 2 sdm kecap manis.
  20. Gunakan secukupnya Minyak goreng.

Lihat juga resep Semur ayam kentang enak lainnya. Semur ayam ini agak spesial, karena bumbu-bumbunya sedikit komplit, dengan tambahan kapulaga, kayu manis, pekak atau daun lawang, dan juga cengkeh. Namun, bumbu tersebut masih bisa Anda dapatkan dengan mudah dibeberapa warung ataupun pasar tradisional. Kali ini semur ayam gaya Betawi dengan bumbu lengkap.

Cara membuat Semur ayam:

  1. Pertama marinasi ayam dengan bumbu lalu simpan supaya merasap..
  2. Kemudian goreng daging ayam jangan terlalu kering.sisihkan.
  3. Tumis semua bumbu halus sampai harum lalu kasih daun salam dan lengkuas aduk sampai tercampur rata..
  4. Lalu kasih Air dan masukan daging ayam,kaldu bubuk, merica, penyedap, gula pasir dan kecap manis, aduk-aduk sampai tercampur rata tutup wajan sampai air nya menyusut.
  5. Setelah airnya agak menyusut angkat dan sajikan.
  6. Selamat mencoba ?‍?.

Semur merupakan jenis stew, hidangan yang dimasak dengan teknik slow cooking hingga kuah kental dan bumbu meresap. Jadi untuk sendiri maupun untuk keluarga, semur ayam saja rasanya sudah nikmat meskipun bersandingkan nasi putih saja. Tapi kalau bisa, sajikan juga resep masakan lainnya dari Masak Apa Hari Ini, ya! Dengan berbekal bahan-bahan setiap hari dan ayam segar, kamu sudah bisa memulai memasak sajian ini. Daging ayam merupakan salah satu makanan atau lauk yang sangat digemari orang Indonesia.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan semur ayam yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!