Resep Semur Ayam, Sempurna

Diposting pada
Resep Semur Ayam, Sempurna

Semur Ayam. Semur ayam is a chicken and potato dish stewed in spices, nutmeg, and kecap manis (Indonesian sweet soy sauce). The taste is very bold, the chicken and potatoes tender and succulent, and you will want to mop up all the sauce with a big bowl of steamed white rice. Semur is easy to find in both cities, but there are significant differences between the two versions.

Resep Semur Ayam, Sempurna I definitely prefer semur ayam Medan – Medan style chicken in nutmeg & sweet soy sauce, but it may just be my bias. Semur is an Indonesian type of meat stew (mainly beef), that is braised in thick brown gravy commonly found in Indonesian cuisine. The main ingredient used in semur gravy is sweet soy sauce, shallots, onions, garlic, ginger, candlenut, nutmeg and cloves, sometimes pepper, coriander, cumin and cinnamon might be added.

Lagi mencari inspirasi resep semur ayam yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal semur ayam yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Semur ayam is a chicken and potato dish stewed in spices, nutmeg, and kecap manis (Indonesian sweet soy sauce). The taste is very bold, the chicken and potatoes tender and succulent, and you will want to mop up all the sauce with a big bowl of steamed white rice. Semur is easy to find in both cities, but there are significant differences between the two versions.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari semur ayam, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan semur ayam yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan semur ayam sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Semur Ayam memakai 22 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Semur Ayam:

  1. Ambil 1 ekor ayam, potong-potong. Bisa direbus dulu sebentar.
  2. Sediakan 2 buah kentang potong-potong.
  3. Siapkan Bumbu halus :.
  4. Sediakan 3 siung bawang putih.
  5. Gunakan 6 siung bawang merah.
  6. Gunakan 3 butir Kemiri.
  7. Sediakan Bahan rempah dan bumbu lain:.
  8. Siapkan 2 ruas jahe.
  9. Gunakan 2 lembar Daun salam.
  10. Ambil 1 batang serai geprek.
  11. Ambil 1 ruas kecil Kulit manis.
  12. Ambil 1/2 sdt Pala bubuk.
  13. Ambil 4 Cengkeh.
  14. Sediakan 3 Kapulaga.
  15. Siapkan Merica 1/2 sdt (atau secukupnya).
  16. Gunakan 5-6 sdm kecap manis (bisa ditambahkan sesuai selera).
  17. Ambil 2 sdm saus tiram* optional.
  18. Gunakan secukupnya Garam.
  19. Ambil Pelengkap :.
  20. Siapkan 2 batang daun bawang iris2.
  21. Sediakan 1 buah tomat.
  22. Ambil secukupnya Air.
BARU  Langkah Mudah untuk Membuat Diet oat cookies chocochip, Enak

Resep Semur Ayam Lezat dan Nikmat – Semur ayam adalah kuliner nusantara yang terbuat dari bahan dasar ayam dan bumbu kecap manis yang meresap ke dalam ayam, menghadirkan cita rasa yang begitu familiar di lidah. Semur Ayam (Chicken Stew in Sweet Soy Sauce) Semur / se-mur / is an Indonesian dish made from boiled meat or chicken in thick brown gravy which made from sweet soy sauce. The word 'semur' itself derives from the Dutch word 'smoor' meaning 'smothered' or it could also mean the technique of cooking by boiling for a long time using a. Semur ayam ini agak spesial, karena bumbu-bumbunya sedikit komplit, dengan tambahan kapulaga, kayu manis, pekak atau daun lawang, dan juga cengkeh.

Langkah-langkah menyiapkan Semur Ayam:

  1. Pertama, tumis bumbu halus. Masukkan serai, jahe, bahan rempah dan daun salam. Tumis hingga wangi..
  2. Masukkan ayam yang sebelumnya sudah direbus sebentar. Aduk hingga rata..
  3. Masukkan air secukupnya. Kalau saya kira-kira sekitar 500 ml (sebenarnya gak saya takar sih waktu itu, tapi sekitar segitu kali ya). Masukkan kecap dan saus tiram sesuai selera. Aduk sebentar. Lalu masukkan kentang yang sebelumnya sudah dipotong dan dicuci bersih..
  4. Masak hingga ayam dan kentang matang. Masukkan garam. Cicipi rasa. Masukkan tomat. Cicipi kembali. Jika sudah pas rasanya, baru tambahkan daun bawang..
  5. Semur ayam siap disajikan hangat-hangat..

Lihat juga resep Semur ayam kentang enak lainnya. Daging ayam merupakan salah satu makanan atau lauk yang sangat digemari orang Indonesia. Hal ini tak lepas dari rasanya yang enak dan bisa dijadikan berbagai olahan makan, serta harganya yang cukup terjangkau. Salah satu olahan ayam yang di sukai banyak orang adalah semur ayam. Kali ini semur ayam gaya Betawi dengan bumbu lengkap.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Semur Ayam yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!