Langkah Mudah untuk Membuat gulai kuning asam daun ubi (singkong) Anti Gagal

Diposting pada
Langkah Mudah untuk Membuat gulai kuning asam daun ubi (singkong) Anti Gagal

gulai kuning asam daun ubi (singkong). Resep gulai kuning asam daun ubi (singkong). Salah satu masakan yang sering dimasak. Bahan dasar masakan ini adalah daun singkong.

Langkah Mudah untuk Membuat gulai kuning asam daun ubi (singkong) Anti Gagal Untuk membuat gulai daun singkong, alangkah baiknya untuk memilih daun singkong yang masih muda. Daun singkong muda lebih cepat empuk saat dimasak, teksturnya juga lebuh lembut. Lihat juga resep Gulai Ayam daun singkong dan tahu telur enak lainnya.

Lagi mencari ide resep gulai kuning asam daun ubi (singkong) yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal gulai kuning asam daun ubi (singkong) yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari gulai kuning asam daun ubi (singkong), pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan gulai kuning asam daun ubi (singkong) yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

Resep gulai kuning asam daun ubi (singkong). Salah satu masakan yang sering dimasak. Bahan dasar masakan ini adalah daun singkong.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah gulai kuning asam daun ubi (singkong) yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat gulai kuning asam daun ubi (singkong) menggunakan 20 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan gulai kuning asam daun ubi (singkong):

  1. Gunakan 1 ikat daun singkong.
  2. Gunakan 5 buah jengkol.
  3. Sediakan 1 genggam rimbang/takokak.
  4. Ambil 1 genggam ikan teri belah.
  5. Gunakan 1 butir kelapa (jadikan 5 gelas dari santan).
  6. Gunakan secukupnya minyak goreng.
  7. Sediakan secukupnya garam.
  8. Siapkan secukupnya kaldu ayam bubuk.
  9. Siapkan 2 lembar daun salam.
  10. Gunakan 2 lembar daun jeruk.
  11. Siapkan 1 batang serai.
  12. Siapkan 2 cm, geprek lengkuas.
  13. Ambil 3 keping asam potong/asam kandis.
  14. Sediakan Bahan yang dihaluskan.
  15. Siapkan 1 sdt ketumbar.
  16. Gunakan 5 siung bawang merah.
  17. Sediakan 2 siung bawang putih.
  18. Sediakan 2 butir kemiri.
  19. Ambil 1 cm jahe.
  20. Gunakan 3 cm kunyit.
BARU  Resep Sayur asem bening kecipir Anti Gagal

Di daerah asalnya di Sumatra Barat, gulai daun ini biasanya dibuat dengan bahan dasar daun paku, makanya disebut "Gulai Daun Paku". Sementara di restauran padang saya sering melihat dengan bahan dasar kacang panjang dan kol. Daun singkong adalah favorit saya, sayangnya daun ini tidak tersedia di tempat tinggal saya sekarang. Ayam kampung yang dibumbui dengan cabai hijau dan tomat muda.

Langkah-langkah menyiapkan gulai kuning asam daun ubi (singkong):

  1. Rebus sebentar daun singkong sampai layu dan warnanya berubah jadi hijau tua. Angkat, tiriskan, tumbuk (saya pake blender) sampai agak halus, sisihkan..
  2. Rebus jengkol sampai lunak, lalu geprek tiap permukaan kepingnya.
  3. Siapkan wajan, masukkan minyak goreng. Tumis bumbu yang dihaluskan. Tambahkan daun salam, daun jeruk, serai, lengkuas dan asamnya..
  4. Masukkan juga ikan teri dan rimbang. Aduk-aduk. Kalau sudah harum, masukkan santan. Aduk-aduk. Tunggu sampai mendidih, lalu masukkan jengkol dan daun singkong..
  5. Beri garam dan kaldu ayam bubuk. Koreksi rasa. Masak sampai mendidih lagi. Angkat dan sajikan..

Pedas asam segar rasanya, bikin ayam makin enak. Demikian juga dengan olahan sederhana, Gulai Daun Singkong Tumbuk. Daun singkong atau daun ubi yang diolah dengan kuah santan dan bumbu gulai kuning. Meski sayur daun singkong tergolong sebagai makanan sederhana, hidangan ini mengandung total asam amino esensial yang mirip dengan jumlah protein pada telur ayam. Bahkan, dibandingkan bahan makanan lain, seperti bayam, kacang kedelai, oat, dan beras, asam amino esensial pada daun singkong terbukti lebih tinggi.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan gulai kuning asam daun ubi (singkong) yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!