Bagaimana Menyiapkan Oseng Gambas(Oyong/Emes) yang Lezat

Diposting pada
Bagaimana Menyiapkan Oseng Gambas(Oyong/Emes) yang Lezat

Oseng Gambas(Oyong/Emes). Manfaat oyong atau gambas (Luffa acutangula) untuk kesehatan cukup beragam. Namun sayang, masih banyak orang yang menyepelekan sayuran berwarna hijau dan lonjong ini. Dilihat dari bentuknya, oyong terlihat sangat mirip dengan okra.

Bagaimana Menyiapkan Oseng Gambas(Oyong/Emes) yang Lezat Oyong/emes Sayuran yang mempunyai nama ilmiah Luffa acutangula ini mempunyai kaya serat dan vitamin yang tinggi, kandungan seperti saponin, luffein, cucurbitacin, citruline juga baik untuk kesehatan. Membuat benih oyong/emes sendiri Share this post, please! Sebelum mencoba menanam sayuran oyong alangkah baiknya kita mengenal sayuran oyong/emes terlebih dahulu. sayuran oyong atau gambas atau orang sunda sering menyebutnya dengan emes adalah jenis tanaman sayuran yang merambat yang tumbuh didataran tropis.

Lagi mencari inspirasi resep oseng gambas(oyong/emes) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal oseng gambas(oyong/emes) yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari oseng gambas(oyong/emes), pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan oseng gambas(oyong/emes) yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan spesial.

Manfaat oyong atau gambas (Luffa acutangula) untuk kesehatan cukup beragam. Namun sayang, masih banyak orang yang menyepelekan sayuran berwarna hijau dan lonjong ini. Dilihat dari bentuknya, oyong terlihat sangat mirip dengan okra.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan oseng gambas(oyong/emes) sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Oseng Gambas(Oyong/Emes) menggunakan 9 bahan dan 8 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

BARU  Langkah Mudah untuk Membuat Es cendol sawi hijau ? Anti Gagal

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Oseng Gambas(Oyong/Emes):

  1. Gunakan 2 batang gambas.
  2. Gunakan 3 siung bawang merah.
  3. Ambil 2 siung bawang putih.
  4. Siapkan 1 buah cabe merah.
  5. Ambil 1/2 sdt merica.
  6. Gunakan Secukupnya garam.
  7. Siapkan Secukupnya minyak goreng.
  8. Ambil Secukupnya air.
  9. Siapkan Secukupnya bawang goreng.

Di Indonesia, Oyong termasuk sayuran yang murah dan mudah didapatkan di tukang sayur ataupun pasar tradisional. Oyong dimanfaatkan sebagai sayur bening, oseng-oseng, sayur bobor, dan lain sebagainya. Lihat juga resep Tumis gambas telur enak lainnya. Sabut Loofah Spons Gambas Kering Emes Oyong Grade A.

Cara membuat Oseng Gambas(Oyong/Emes):

  1. Siapkan semua bahan..
  2. Kupas gambas lalu cuci dan potong-potong..
  3. Haluskan bawang merah, bawang putih, dan merica..
  4. Iris serong cabe merah..
  5. Tumis bumbu yang telah dihaluskan dan cabe merah hingga harum..
  6. Masukkan gambas. Aduk-aduk sebentar..
  7. Tambahkan air, gula pasir, dan garam..
  8. Masak hingga matang. Lalu tambahkan bawang goreng..

Lainnya di toko ini Lihat Semua. Aksesoris Box Jam Tangan Daniel Wellington DW. Gitar Klasik All Solid No Cort Yamaha Fender Cordoba. Soal rasa, oyong muda akan cenderung manis. Jika hendak memasak oyong, pastikan anda memilih oyong yang masih muda.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat oseng gambas(oyong/emes) yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!