Resep Ayam Serundeng yang Enak Banget

Diposting pada
Resep Ayam Serundeng yang Enak Banget

Ayam Serundeng. Ayam goreng is a very common dish in Sundanese area (West Java province, Indonesia) and always served in every Sundanese restaurants. It is accompanied with cooked white rice, lalab (fresh raw vegetables such as cucumber, tomatoes, lettuce, cabbage, etc), fried tofu and tempe (fermented soy bean cake), and of course sambal (red chili paste). Dengan taburan serundeng yang dihasilkan dari kelapa parut serta bumbu lainnya yang akan menambah kelezatannya pasti membuat Anda ketagihan.

Resep Ayam Serundeng yang Enak Banget Lihat juga resep Ayam srundeng kelapa enak lainnya. Ayam goreng serundeng ini punya cita rasa yang nikmat dan menggugah selera. Daging ayam yang terasa empuk dengan serundeng yang gurih akan membuatmu ketagihan saat menyantapnya.

Lagi mencari inspirasi resep ayam serundeng yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal ayam serundeng yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ayam goreng is a very common dish in Sundanese area (West Java province, Indonesia) and always served in every Sundanese restaurants. It is accompanied with cooked white rice, lalab (fresh raw vegetables such as cucumber, tomatoes, lettuce, cabbage, etc), fried tofu and tempe (fermented soy bean cake), and of course sambal (red chili paste). Dengan taburan serundeng yang dihasilkan dari kelapa parut serta bumbu lainnya yang akan menambah kelezatannya pasti membuat Anda ketagihan.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam serundeng, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan ayam serundeng yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan ayam serundeng sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Ayam Serundeng menggunakan 10 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Ayam Serundeng:

  1. Sediakan 800 gr/9 potong ayam, cuci bersih dan tiriskan.
  2. Siapkan 1/4 kg kelapa parut.
  3. Siapkan 1/2 sdm garam.
  4. Siapkan 1/4 sdm gula pasir.
  5. Ambil 300 ml air.
  6. Siapkan Bumbu halus : blender.
  7. Siapkan 10 butir bawang putih.
  8. Ambil 3 ruas jari kunyit.
  9. Ambil 2 ruas jari jahe.
  10. Sediakan 50 gr lengkuas muda.
BARU  Resep Pisang goreng adabi, Sempurna

Jika iya, mungkin sekarang waktunya kamu mencoba resep ayam serundeng. Dengan tambahan parutan kelapa yang gurih dan renyah, menu ini dijamin akan menjadi andalanmu selanjutnya. Ayam goreng serundeng terkenal dengan cita rasanya yang lezat karena adanya bahan pelengkap lain yaitu serundeng kelapa yang renyah dan krispi. Anda bisa memanfaatkan sisa bumbu ungkep ayam dengan menambahkan parutan kelapa tua ke dalamnya, yang biasa disebut dengan serundeng.

Cara menyiapkan Ayam Serundeng:

  1. Campur ayam, bumbu halus, garam, gula pasir dan air. Ungkep hingga airnya habis.
  2. Angkat ayam satu persatu, pisahkan dari bumbunya.
  3. Campur bumbu ayam dan kelapa parut. Aduk rata. Sisihkan dulu.
  4. Goreng ayam hingga setengah kering dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan.
  5. Goreng/sangrai campuran bumbu dan kelapa parut hingga kuning kecoklatan atau hingga menjadi serundeng dengan api cenderung kecil sambil terus diaduk supaya tidak gosong. Angkat dan tiriskan.
  6. Tata ayam dalam wadah/piring. Taburi dengan serundeng. Sajikan.

Walau hanya berbahan kelapa, serundeng krispi yang digoreng garing akan mampu menambah kenikmatan anda saat bersantap ayam goreng. Bukan rahasia pula jika serundeng ini juga nikmat bila disajikan sendiri sebagai lauk nasi hangat. Ayam goreng serundeng juga cukup bersahabat dihidangkan bagi tamu-tamu kecil yang biasanya tidak tahan dengan pedasnya hidangan Lebaran yang diolah dengan cabai. Pada dasarnya, proses memasak ayam goreng serundeng hampir sama dengan pembuatan ayam goreng lainnya. Yang menjadikannya spesial adalah bumbu serundeng yang menjadi pelengkap.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Ayam Serundeng yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!