Cara Gampang Membuat Empal gepuk, Lezat Sekali

Diposting pada
Cara Gampang Membuat Empal gepuk, Lezat Sekali

Empal gepuk. Empal gepuk manis is an Indonesian sweet and spicy fried beef dish. It's commonly popular in Java island, but originally belong to Sundanese cuisine of West Java. The name 'gepuk' means 'beaten' which literally the meat is cut into thick slices then beaten by using stone pestle and mortar – to loosen the fibers and spread its size a little bit.

Cara Gampang Membuat Empal gepuk, Lezat Sekali Nah kebetulan kemarin sy bikin lg jd ini sy posting sendiri empal nya. Empal ini enaak , lebih enak dibanding punya nyonya yg top di bandung itu. Gepuk means to beat something with a stone pestle until it reaches the consistency that we want.

Lagi mencari ide resep empal gepuk yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal empal gepuk yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari empal gepuk, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan empal gepuk enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan spesial.

Empal gepuk manis is an Indonesian sweet and spicy fried beef dish. It's commonly popular in Java island, but originally belong to Sundanese cuisine of West Java. The name 'gepuk' means 'beaten' which literally the meat is cut into thick slices then beaten by using stone pestle and mortar – to loosen the fibers and spread its size a little bit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan empal gepuk sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Empal gepuk menggunakan 20 bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Empal gepuk:

  1. Gunakan 500 gram daging sapi has dalam, potong tipis tipis melebar.
  2. Gunakan 100 ml santan kara kental ditambah dengan 100 ml air biasa.
  3. Ambil 2 sdm minyak goreng untuk menumis bumbu halus.
  4. Sediakan secukupnya Minyak untuk menggoreng.
  5. Siapkan Bumbu halus :.
  6. Sediakan 5 siung bawang putih.
  7. Ambil 8 siung bawang merah.
  8. Sediakan 1 sdm ketumbar halus.
  9. Siapkan 3 kemiri.
  10. Siapkan 1/2 sdt merica.
  11. Gunakan 1/2 sdt penyedap rasa dari sayuran (tortole).
  12. Ambil Bahan pelengkap:.
  13. Siapkan 4 lembar daun salam.
  14. Siapkan 1 batang sereh digeprek ujungnya kemudian di ikat.
  15. Gunakan 3 lembar daun jeruk.
  16. Siapkan 1 buah ukuran kecil gula merah.
  17. Gunakan 1.5 sdt garam.
  18. Gunakan 4 sdm kecap manis.
  19. Ambil 5 cm lengkuas digeprek.
  20. Siapkan 2 sdm air asam jawa.
BARU  Langkah Mudah untuk Membuat Gulai Ikan Layar Terong Cabe Ijo, Enak Banget

For example in this dish (Empal Gepuk), means we have to beat the beef mildly to make it thin and to stretch it. Then there is also Es Gepuk or Ice Gepuk, which means we beat a big cube of ice into tiny small parts. Salah satu hidangan Nusantara berbahan dasar daging adalah empal gepuk. Kata gepuk sendiri berasal dari cara pembuatannya.

Cara menyiapkan Empal gepuk:

  1. Haluskan bumbu halus, kemudian tumis dengan 2 sdm minyak goreng didalam panci hingga harum. Masukkan daging sapi, aduk aduk hingga berubah warna..
  2. Kemudian masukkan bahan pelengkap, aduk aduk hingga wangi. Kemudian tuang santan. Aduk aduk, cicipin, jika bumbu dirasa sudah cukup enak tidak perlu ada penambahan lagi, jika dirasa kurang ditambahkan lagi garam nya atau gulanya..
  3. Angkat daging 1/2 matang, kemudian di pukul pukul dengan ulekan hingga daging memipih dan melebar. Setelah itu taruh kembali daging kedalam godokan bumbunya..
  4. Masak sampai daging empuk dan air hampir habis. kurang lebih kalau saya 1 jam di godog. Matikan api, kemudian tunggu dingin atau biarkan 1 jam hingga bumbu meresap..
  5. Kemudian goreng empal sebentar saja, sebab kalau empal di goreng sampai kekuningan akan terasa keras bila dimakan..
  6. Sajikan dengan nasi uduk atau nasi hangat dan sambal empal. Untuk sambalnya akan di bahas di resep terpisah..
  7. Selamat mencoba ☺️.

Jadi, sebelum dibumbui dan diungkep, daging digepuk (dipukul-pukul) terlebih dahulu. Empal gepuk adalah olahan daging khas Sunda. Empal gepuk ini rasanya agak manis dan gurih. Salah satu empal gepuk populer berasal dari restoran Gepuk Ny. Empal gepuk mudah ditemui di restoran khas Sunda.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Empal gepuk yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!