Cara Gampang Membuat Gepuk daging sapi, Sempurna

Diposting pada
Cara Gampang Membuat Gepuk daging sapi, Sempurna

Gepuk daging sapi. Mendiang ibuku kerapkali memasak Gepuk daging sapi ini sebagai lauk keluarga, Hingga kini lauk ini masih tetap tersaji sesuai resep.yang pernah dibuat ibuku dan proses pembuatan nya pun masih tetap sama dari A sampai. Kali ini Manis coba bikin gepuk nih. Manis kebetulan ada stok daging sapi ga banyak sih, tapi cukuplah buat menu makan siang di rumah.

Cara Gampang Membuat Gepuk daging sapi, Sempurna Bumbu manis gurih dengan daging yang empuk paling cocok dinikmati dengan sambal dadak dan nasi hangat. Disebut gepuk karena daging yang sudah dimasak dengan bumbu hingga empuk digepuk atau dipukuli hingga agak pipih. Gepuk daging atau empal gepuk khas Sunda merupakan olahan daging populer di Jawa Barat.

Sedang mencari inspirasi resep gepuk daging sapi yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal gepuk daging sapi yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari gepuk daging sapi, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan gepuk daging sapi enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Mendiang ibuku kerapkali memasak Gepuk daging sapi ini sebagai lauk keluarga, Hingga kini lauk ini masih tetap tersaji sesuai resep.yang pernah dibuat ibuku dan proses pembuatan nya pun masih tetap sama dari A sampai. Kali ini Manis coba bikin gepuk nih. Manis kebetulan ada stok daging sapi ga banyak sih, tapi cukuplah buat menu makan siang di rumah.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan gepuk daging sapi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Gepuk daging sapi menggunakan 18 bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Gepuk daging sapi:

  1. Siapkan I kg daging sapi.
  2. Ambil Bumbu.
  3. Siapkan Kelapa parut.
  4. Sediakan Bawang merah.
  5. Ambil Bawang putih.
  6. Sediakan Ketumbar.
  7. Gunakan Lada.
  8. Ambil Kemiri.
  9. Ambil Kunyit.
  10. Sediakan Daun sere.
  11. Siapkan Daun salam.
  12. Siapkan Daun jeruk.
  13. Siapkan Jahe.
  14. Gunakan Lengkuas.
  15. Gunakan Garam.
  16. Gunakan 1 buah Gula merah.
  17. Siapkan Penyedap rasa.
  18. Siapkan Minyak sayur.
BARU  Resep 9. Sayur Asem Bening ala Solo Anti Gagal

Daging sapi dimasak dengan bumbu lalu dimemarkan atau digepuk dan digoreng. Rasa gurih manis menjadi ciri khasnya. Biasanya gepuk daging sapi ini disajikan dengan nasi timbel, sayur asam, lalapan sayuran dan sambal dadak. Resep Empal Gepuk Daging Sapi – Gepuk adalah makanan khas Sunda Jawa Barat yang terbuat dari daging sapi.

Langkah-langkah membuat Gepuk daging sapi:

  1. Pertama cuci daging.
  2. Bumbu di blender lada,ketumbar,kunyit,jahe,bawang merah,bawang putih,dan kemiri,lengkuas dan daun sere di geprek.
  3. Tumis semua bumbu sampe harum, setelah itu kasih air masukan daging dan gula merah.
  4. Setelah itu masukan kelapa parut godok klo kering tambahkan air lg smpe daging bener2 empuk sampe kering.
  5. Cek rasa klo udh empuk daging didinginkan.
  6. Langkah terakhir daging di goreng sampe warna kecoklatan dan kelapa parut digoreng buat taburanya.
  7. Ayam gepuk siap dihidangkan..

Umumnya daging sapi yang digunakan pada hidangan ini adalah daging sapi bagian gandik atau sengkel. Gandik sendiri terletak di paha sapi bagian belakang. Bagian ini memiliki sedikit lemak dan didominasi oleh Daging sapi bisa diolah menjadi berbagai macam makanan, salah satunya adalah empal atau gepuk. Sesuai dengan namanya daging sapi yang jadi bahan utama resep ini benar-benar di gepuk alias dimemarkan sehingga daging sapi menjadi lebih empuk dan gurih karena bumbu lebih meresap. Di beberapa daerah di Indonesia mengenal jenis makanan ini dan gepuk sendiri sangat dikenal di suku Sunda, Jawa Barat.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat gepuk daging sapi yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!