Resep Rendang Jengkol Anti Gagal

Diposting pada
Resep Rendang Jengkol Anti Gagal

Rendang Jengkol. Rendang Jengkol Selain dicabein, disemur maupun tahi lala ternyata jengkol juga enak dibikin rendang. Mamah dulu sering bikin ini tapi meras santan langsung dari kelapanya dan proses agak ribet karena masih pegang cara memasak jaman baheula. Akhirnya ketemu resep rendang jengkol yang paling banyak di recook yakn.

Resep Rendang Jengkol Anti Gagal Jadi, rasanya tidak kalah dengan rendang daging, apalagi teksturnya juga legit. Hidangan ini memiliki rasa yang gurih dan pedas dari bumbu rendang. Jadi, rasanya tidak kalah dengan rendang daging, apalagi teksturnya juga legit.

Sedang mencari inspirasi resep rendang jengkol yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal rendang jengkol yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari rendang jengkol, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan rendang jengkol enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Rendang Jengkol Selain dicabein, disemur maupun tahi lala ternyata jengkol juga enak dibikin rendang. Mamah dulu sering bikin ini tapi meras santan langsung dari kelapanya dan proses agak ribet karena masih pegang cara memasak jaman baheula. Akhirnya ketemu resep rendang jengkol yang paling banyak di recook yakn.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah rendang jengkol yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Rendang Jengkol memakai 19 bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Rendang Jengkol:

  1. Ambil 1/2 kg Jengkol tua yg sudah direbus dengan daun jambu biji.
  2. Siapkan 1 Lt santan kental.
  3. Gunakan 1 bt serai, memarkan.
  4. Sediakan 1 ruas lengkuas, memarkan.
  5. Gunakan 4 lembar daun salam.
  6. Ambil 3 lembar daun jeruk.
  7. Siapkan 1 lembar daun kunyit.
  8. Gunakan 10 buah cabai utuh.
  9. Siapkan Secukupnya gula merah.
  10. Siapkan secukupnya Garam, kaldu.
  11. Gunakan Minyak untuk menumis.
  12. Sediakan Bumbu halus :.
  13. Siapkan 5 siung bawang putih.
  14. Siapkan 8 siung bawang merah.
  15. Gunakan 4 buah kemiri sangrai.
  16. Ambil 1 sdt ketumbar sangrai.
  17. Siapkan 1 ruas kunyit.
  18. Siapkan 2 cm jahe.
  19. Sediakan 10 buah cabai merah kriting.
BARU  Resep Rendang Ayam Kacang Merah yang Lezat Sekali

Tidak akan menimbulkan bau yang berlebihan kok, biasanya akan benar-benar hilang apabila setelah makan langsung sikat gigi. Memasak jengkol dengan bumbu rendang harus dilakukan dalam waktu yang lama. Gunakan api kecil selama memasak hingga bumbu rendang mengeluarkan minyak dan mengental. Itulah beberapa tips membuat rendang jengkol yang nikmat dan sedap.

Cara membuat Rendang Jengkol:

  1. Tumis bumbu halus, serai,daun salam, daun jeruk, daun kunyit,lengkuas hingga harum dan matang.
  2. Lalu tuangkan santan dan masukkan jengkol dan cabai utuh.
  3. Tambahkan gula, garam, kaldu dan tunggu hingga menyusut.
  4. Koreksi rasa dan jika sudah menyusut..angkat, sajikan.

Jengkol biasa diolah menjadi makanan dengan menggunakan bumbu yang banyak. Atau bisa juga diolah jadi makanan yang sudah umum ada di Indonesia. Misalnya kayak semur jengkol, gulai jengkol, sambel goreng jengkol atau rendang jengkol. Dari olahan jengkol tadi, salah satu menu yang menjadi kesukaan pecinta jengkol adalah rendang jengkol. Jengkol yang legit memberikan sensasi kenikmatan tersendiri bagi penikmatnya.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan rendang jengkol yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!