Cara Gampang Membuat Rendang Jengkol yang Bikin Ngiler

Diposting pada
Cara Gampang Membuat Rendang Jengkol yang Bikin Ngiler

Rendang Jengkol. Rendang Jengkol Selain dicabein, disemur maupun tahi lala ternyata jengkol juga enak dibikin rendang. Mamah dulu sering bikin ini tapi meras santan langsung dari kelapanya dan proses agak ribet karena masih pegang cara memasak jaman baheula. Akhirnya ketemu resep rendang jengkol yang paling banyak di recook yakn.

Cara Gampang Membuat Rendang Jengkol yang Bikin Ngiler Kali ini, Anda bisa membuat masakan yang berbeda, yaitu resep rendang jengkol. Selain semur, jengkol juga bisa dimasak dengan bumbu lain. Hidangan ini memiliki rasa yang gurih dan pedas dari bumbu rendang.

Anda sedang mencari inspirasi resep rendang jengkol yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal rendang jengkol yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Rendang Jengkol Selain dicabein, disemur maupun tahi lala ternyata jengkol juga enak dibikin rendang. Mamah dulu sering bikin ini tapi meras santan langsung dari kelapanya dan proses agak ribet karena masih pegang cara memasak jaman baheula. Akhirnya ketemu resep rendang jengkol yang paling banyak di recook yakn.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari rendang jengkol, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan rendang jengkol yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah rendang jengkol yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Rendang Jengkol memakai 20 bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Rendang Jengkol:

  1. Ambil 1 butir kelapa sdh diparut.
  2. Siapkan 1/2 kg Jengkol yang sudah direbus empuk.
  3. Sediakan Garam.
  4. Ambil Merica.
  5. Sediakan Kaldu ayam.
  6. Ambil secukupnya Air.
  7. Sediakan Daun salam.
  8. Siapkan Daun jeruk.
  9. Siapkan Serai, laos.
  10. Gunakan Gula jawa.
  11. Siapkan Bumbu halus.
  12. Ambil 7 butir bawang merah (disesuaikan besar kecilny ya Bun).
  13. Siapkan 5 butir bawang putih.
  14. Sediakan 2 ruas Kunyit.
  15. Siapkan 1 ruas Jahe.
  16. Ambil 5 butir Kemiri.
  17. Gunakan 2 iris Laos.
  18. Siapkan Merica.
  19. Ambil Cabai merah.
  20. Ambil sesuai selera Cabai rawit.
BARU  Resep Opor ayam kuah putih Anti Gagal

Jadi, rasanya tidak kalah dengan rendang daging, apalagi teksturnya juga legit. View the profiles of people named Rendang Jengkol. Hidangan ini memiliki rasa yang gurih dan pedas dari bumbu rendang. Jadi, rasanya tidak kalah dengan rendang daging, apalagi teksturnya juga legit.

Cara membuat Rendang Jengkol:

  1. Goreng bahan bumbu halus (masih utuhan blm di blender atau ulek) tambah kan 1,5 genggam kelapa parut.
  2. Kalau sudah digoreng lalu dihaluskan boleh di blender atau ulek.
  3. Lalu gongso bumbu halus tambahkan merica, daun salam, daun jeruk, serai gongso sampai wangi.
  4. Masukkan jengkol yg sudah di rebus, aduk" tambahkan garam, kaldu dan gula jawa.
  5. Lalu masukkan santan dari sisa parutan kelapa tadi.
  6. Didihkan sampai airny surut (pakai api kecil saja agar tidak gampang gosong dan bumbu meresap ke jengkol) jangan lupa aduk".
  7. Kalau airny sudah surut (sedikit kental) koreksi rasa.
  8. Lalu hidangkan… Selamat mencoba semoga suka ??.

Tidak akan menimbulkan bau yang berlebihan kok, biasanya akan benar-benar hilang apabila setelah makan langsung sikat gigi. Jengkol yang legit memberikan sensasi kenikmatan tersendiri bagi penikmatnya. Ada banyak cara untuk mengolah jengkol, salah satunya dengan bumbu rendang. Rasa gurih pedas dari bumbu rendang membuat hidangan jengkol semakin lezat. Pilih Jengkol yang Sesuai Cara Membuat Rendang Jengkol – Selamat pagi Bun, maaf si pengharum kamar mandi mau numpang lewat dulu nih ?.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan rendang jengkol yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!