Langkah Mudah untuk Membuat Sayuran Beku (Tips Blanch) yang Bisa Manjain Lidah

Diposting pada
Langkah Mudah untuk Membuat Sayuran Beku (Tips Blanch) yang Bisa Manjain Lidah

Sayuran Beku (Tips Blanch). Sayuran yang bisa dibekukan dengan metode blanching sederhana : brokoli, wortel, kembang kol, kol /kubis, kapri, kacang kapri, buncis, asparagus. Di bawah ini saya beri contoh cara membuat brokoli beku. KOMPAS.com -Kacang polong merupakan salah satu bahan masakan yang banyak dijual dalam keadaan beku di kemasan.

Langkah Mudah untuk Membuat Sayuran Beku (Tips Blanch) yang Bisa Manjain Lidah Blanching dapat diterapkan dalam proses penyimpanan sayuran rumahan maupun industri. Penerapan teknik ini dapat menghentikan aktivitas enzimatik yang bisa membuat sayuran busuk, sekalipun sudah dibekukan. Baca juga: Cara Cuci Sayuran yang Tepat, Bersihkan Tanah dan Kotoran.

Sedang mencari ide resep sayuran beku (tips blanch) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal sayuran beku (tips blanch) yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sayuran beku (tips blanch), mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan sayuran beku (tips blanch) yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Sayuran yang bisa dibekukan dengan metode blanching sederhana : brokoli, wortel, kembang kol, kol /kubis, kapri, kacang kapri, buncis, asparagus. Di bawah ini saya beri contoh cara membuat brokoli beku. KOMPAS.com -Kacang polong merupakan salah satu bahan masakan yang banyak dijual dalam keadaan beku di kemasan.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan sayuran beku (tips blanch) sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sayuran Beku (Tips Blanch) memakai 4 jenis bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Sayuran Beku (Tips Blanch):

  1. Gunakan Brokoli.
  2. Sediakan Jagung.
  3. Ambil 1 sdm Garam (utk rendam brokoli).
  4. Sediakan Air Panas.
BARU  Cara Gampang Menyiapkan Sayur Bening Bayam Simple Anti Gagal

Kamu dapat menerapkan metode blanching pada sayuran seperti brokoli. Makanan Beku Resep Collection Musim Panas Resep Ikuti tips untuk mendapatkan hasil maksimal dari karunia musim panas. Cepat Tips Bekukan buah-buahan dan sayuran ketika mereka berada di puncak kesegaran. Blanch sayuran terlebih dahulu, lalu menenggelamkan di air es.

Cara menyiapkan Sayuran Beku (Tips Blanch):

  1. Brokoli sblm di potong2 rendam di air garam dlu kurleb 15 menit agar klo ada ulat kluar & mati, lalu potong2 sesuai selera, cuci bersih kembali kemudian tiriskan. Jagung cukup di cuci bersih & di sisir/pipil. Masing2 di wadah terpisah ya bunda?.
  2. Masak air hingga mendidih. Lalu tuang ke wadah sayuran di atas hingga terendam (teknik blanch). Biarkan kurleb 10-15 menit. Angkat & tiriskan. Biarkan hingga dingin..
  3. Masukkan ke wadah, sayuran siap masuk freezer. Bs bertahan lama tp sayuran tetep fresh tdk berubah rasa maupun warnanya saat di masak & ga over cook. Silahkan di coba??.

Sebetulnya, sayuran yang dibekukan tanpa direbus dan dilakukan blanching tetap aman untuk dimakan. Tapi, sayuran tersebut akan memiliki warna, tekstur dan rasa yang tampak tidak sesuai. Proses blanching akan menghentikan aktivitas enzimatik yang merusak sayuran. Enzim ini dapat bertahan pada suhu beku dan melanjutkan proses pembusukan meskipun. Tentunya pembekukan sayuran ini juga dapat mempersingkat waktu memasak karena sayuran telah matang sebelumnya.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan sayuran beku (tips blanch) yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!