Cara Gampang Membuat Ayam rica jawa tengah Anti Gagal

Diposting pada

Ayam rica jawa tengah. Lihat juga resep Ayam rica jawa tengah enak lainnya. Resep Rica – Rica ayam khas Jawa Tengah. Masakan rumahan yg sering aku masak ini rasanya gurih, manis dan pedas.

Cara Gampang Membuat Ayam rica jawa tengah Anti Gagal Source: Dian Ayu Safitri ?‍? Nah kan. berkat program #JelajahResep jadi tahu asal ayam rica-rica ini. Padahal hampir tiap bulan juga masak ayam pedas satu ini. ?? Ayam rica berasal dari Manado, Sulawesi Utara, Indonesia. Kata "rica" artinya adalah "cabai atau pedas".

Lagi mencari ide resep ayam rica jawa tengah yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal ayam rica jawa tengah yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Lihat juga resep Ayam rica jawa tengah enak lainnya. Resep Rica – Rica ayam khas Jawa Tengah. Masakan rumahan yg sering aku masak ini rasanya gurih, manis dan pedas.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam rica jawa tengah, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan ayam rica jawa tengah yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah ayam rica jawa tengah yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Ayam rica jawa tengah menggunakan 18 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Ayam rica jawa tengah:

  1. Ambil 1/2 ekor ayam (tepong dan sayap).
  2. Sediakan 4 siung bawang putih.
  3. Sediakan 7 siung bawang merah.
  4. Siapkan 1 ruas lengkuas.
  5. Ambil 1 ruas jahe.
  6. Sediakan 1 ruas kunyit.
  7. Gunakan 2 butir kemiri.
  8. Ambil 10 cabe rawit.
  9. Siapkan Garam.
  10. Gunakan Gula.
  11. Sediakan Totole/kaldu jamur.
  12. Siapkan 1 batang serai.
  13. Sediakan 1 daun bawang.
  14. Ambil Kecap manis.
  15. Siapkan Secukupnya air.
  16. Sediakan 1 buah tomat.
  17. Gunakan 1 daun salam.
  18. Ambil Jeruk nipis.
BARU  Langkah Mudah untuk Membuat Mie Goreng Saus Tiram yang Bisa Manjain Lidah

Bayangkan saja makan dengan lauk ayam rica-rica yang pedas menggoda, rasanya pasti ingin nambah terus. Bagi yang menyukai masakan/makanan pedas, boleh dicoba nih resep masakan ayam rica-rica jawa ini. Bagi yang tinggal diluar jawa, mungkin belum pernah merasakan kedahsyatan cita rasa ayam rica-rica khas jawa ini. Daging ayam memang cocok diolah dengan berbagai bumbu.

Cara menyiapkan Ayam rica jawa tengah:

  1. Cuci bersih ayam lalu lumuri dengan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis.diamkan 5 menit.lalu cuci bersih lagi..
  2. Haluskan semua bumbu cabe rawit,bawang merah,bawang putih,kunyit dan kemiri.bisa di blender biar praktis.geprek laos dan jahe..
  3. Panaskan minyak lalu tumis bumbu halus dan jahe serta laos hingga harum masukkan daun salam.tumis hingga layu dan harum.masukkan air secukupnya..
  4. Bumbui dengan garam,gula,dan totole.koreksi rasa.masukkan ayam sampai mendidih dan tercampur dengan bumbu.tunggu sampai ayam empuk.masukkan tomat dan kecap..
  5. Koreksi rasa,yang suka pedes bisa ditambahin cabe rawit potong.potongan terakhir masukkan daun bawang yang sudah dipotong. Sajikan dengan nasi panas dan kerupuk.yummy…..

Di antara banyaknya jenis olahan ayam, kamu bisa mencoba ayam rica-rica. Siapkan ayam di dalam mangkuk, lalu campur dengan kunyit bubuk dan garam. Apalagi ayam rica-ricanya yang cenderung pedas. Rasanya mantap, bikin sulit untuk melupakan kenikmatannya. Kalau belum berkesempatan ke Manado untuk mencicipi ayam rica-ricanya secara langsung, jangan sedih!

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Ayam rica jawa tengah yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!