Langkah Mudah untuk Membuat Ayam Tangkap Khas Aceh yang Enak

Diposting pada
Langkah Mudah untuk Membuat Ayam Tangkap Khas Aceh yang Enak

Ayam Tangkap Khas Aceh. Ayam Tangkap adalah masakan khas Aceh yang terbuat dari ayam yang digoreng dengan bumbu dan rempah-rempah khas. Kebiasaan menyantap ayam tangkap sudah menjadi bagian dari budaya masyarakat Aceh. Pengolahan ayam ini tidaklah sulit yaitu hanya dengan menggoreng setelah sebelumnya sudah terlebih dahulu diberi bumbu agar gurih saat disantap.

Langkah Mudah untuk Membuat Ayam Tangkap Khas Aceh yang Enak Ayam tangkap adalah masakan khas Aceh yang terbuat dari ayam yang digoreng dengan bumbu dan rempah-rempah khas. Membuat ayam tangkap ini tidak sukar, iaitu hanya dengan menggorengnya setelah dibumbui sebelum ini sehingga enak ketika dimakan. Nama masakan ayam tangkap sendiri sampai saat ini belum ada yang tahu dari mana asal-usulnya.

Sedang mencari inspirasi resep ayam tangkap khas aceh yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal ayam tangkap khas aceh yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ayam Tangkap adalah masakan khas Aceh yang terbuat dari ayam yang digoreng dengan bumbu dan rempah-rempah khas. Kebiasaan menyantap ayam tangkap sudah menjadi bagian dari budaya masyarakat Aceh. Pengolahan ayam ini tidaklah sulit yaitu hanya dengan menggoreng setelah sebelumnya sudah terlebih dahulu diberi bumbu agar gurih saat disantap.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ayam tangkap khas aceh, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan ayam tangkap khas aceh yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan spesial.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah ayam tangkap khas aceh yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Ayam Tangkap Khas Aceh menggunakan 20 bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Ayam Tangkap Khas Aceh:

  1. Siapkan 1 ekor ayam kampung/pejantan, potong kecil.
  2. Siapkan 1 batang daun kari/salam koja.
  3. Ambil 700 ml air kelapa.
  4. Siapkan 2 ruas lengkuas, memarkan.
  5. Siapkan 1 lembar daun pandan simpulkan.
  6. Gunakan 1 sdm air asam.
  7. Ambil Secukupnya garam.
  8. Siapkan Secukupnya minyak untuk menggoreng.
  9. Gunakan Bumbu halus :.
  10. Sediakan 3 siung bawang putih.
  11. Gunakan 3 cm kunyit.
  12. Sediakan 1 sdt lada butiran.
  13. Sediakan 1 sdm ketumbar.
  14. Ambil Bahan pelengkap :.
  15. Sediakan 4 tangkai daun kari/salam koja petiki daunnya.
  16. Siapkan 2 lembar daun pandan muda potong 1 cm.
  17. Gunakan 1 lembar daun kunyit muda iris tipis.
  18. Ambil 6 lembar daun jeruk buang tulangnya.
  19. Siapkan 6 buah cabai hijau keriting patang kasar.
  20. Siapkan 1 batang serai bagian putih saja, iris serong.
BARU  Bagaimana Menyiapkan Opor Ayam Kuah Putih yang Lezat Sekali

Secara bercanda, masyarakat Aceh suka menyebut jika nama tersebut muncul dari kebiasaan orang setempat yang baru menangkap ayamnya ketika akan dimasak. Bisa jadi informasi ini cuma guyon, namun bisa jadi hal itu benar. Bismillah Cerita sedikit yah.dulu saya pernah punya Tante dan keluarganya tinggal di Lhokseumawe Aceh. Tapi sayang sampai beliau pindah ke Riau, saya belum sempat menjejakan kaki di kota Serambi Mekah tersebut.

Langkah-langkah membuat Ayam Tangkap Khas Aceh:

  1. Uleg/blender semua bumbu halus. Campurkan semua bahan ayam. Ungkep hingga empuk & bumbu meresap..
  2. Panaskan minyak, masak ayam hingga 3/4 matang..
  3. Jika sudah 3/4 matang, masukkan semua bahan pelengkap. Goreng sampai kering. Angkat & tiriskan. Lebih nikmat disajikan panas/hangat..

Intip-intip resep masakan Aceh selalu membuat saya. Aceh atau yang sering dijuluki Serambi Mekkah punya sejumlah hidangan lezat dengan bumbu rempah. Pemakaian rempah berlimpah menjadi ciri khas sajian Aceh. Ayam Tangkap adalah masakan khas Aceh yang terbuat dari ayam yang digoreng dengan bumbu dan rempah-rempah khas. Kebiasaan menyantap ayam tangkap sudah menjadi bagian dari budaya masyarakat Aceh.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Ayam Tangkap Khas Aceh yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!