Bagaimana Membuat Ayam Tangkap (khas Aceh) yang Enak Banget

Diposting pada
Bagaimana Membuat Ayam Tangkap (khas Aceh) yang Enak Banget

Ayam Tangkap (khas Aceh). Selain terbuat dari rempah-rempah khas Nusantara, yang membuat unik masakan ayam goreng khas Aceh satu ini terletak pada penggunaan daun-daunan yang. Ayam Tangkap adalah masakan khas Aceh yang terbuat dari ayam yang digoreng dengan bumbu dan rempah-rempah khas. Kebiasaan menyantap ayam tangkap sudah menjadi bagian dari budaya masyarakat Aceh.

Bagaimana Membuat Ayam Tangkap (khas Aceh) yang Enak Banget Ayam tangkap khas Aceh siap disajikan! Menu kuliner ayam tangkap serta makanan khas Aceh lain telah terbukti lezat. ID – Ayam tangkap merupakan kuliner istimewa khas Aceh.

Sedang mencari ide resep ayam tangkap (khas aceh) yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal ayam tangkap (khas aceh) yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Selain terbuat dari rempah-rempah khas Nusantara, yang membuat unik masakan ayam goreng khas Aceh satu ini terletak pada penggunaan daun-daunan yang. Ayam Tangkap adalah masakan khas Aceh yang terbuat dari ayam yang digoreng dengan bumbu dan rempah-rempah khas. Kebiasaan menyantap ayam tangkap sudah menjadi bagian dari budaya masyarakat Aceh.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam tangkap (khas aceh), pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan ayam tangkap (khas aceh) yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah ayam tangkap (khas aceh) yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Ayam Tangkap (khas Aceh) menggunakan 16 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Ayam Tangkap (khas Aceh):

  1. Siapkan 1 ekor ayam.
  2. Siapkan 1 sdm ketumbar halus (yg sdh dgonseng).
  3. Gunakan 5 siung bawang putih.
  4. Ambil 1 ruas lengkuas.
  5. Ambil 1 L air kelapa.
  6. Siapkan 7 cm jahe.
  7. Gunakan 200 gr gula merah.
  8. Siapkan 7 sdm cuka.
  9. Sediakan 7 btg sereh.
  10. Siapkan Secukupnya garam.
  11. Ambil 5 sdm kecap.
  12. Gunakan Bahan Lainnya:.
  13. Ambil 10 btg daun kari (ambil daunnya).
  14. Sediakan 7 btg daun pandan.
  15. Ambil 7 siung bawang merah.
  16. Ambil Secukupnya minyak goreng.
BARU  Bagaimana Menyiapkan Caramel chocolate lychee pudding yang Bikin Ngiler

Aroma kari yang merebak membuat sajian yang satu ini terasa lebih gurih dan mengundang selera. Bagi kamu yang tertarik untuk membuatnya? Sedapnya sajian ayam penuh bumbu rempah khas kota Serambi Mekkah ini dijamin bisa membuat anda ketagihan. Tak perlu jauh-jauh, nikmati sepuasnya di rumah dengan resep otentik berikut.

Langkah-langkah membuat Ayam Tangkap (khas Aceh):

  1. Masukkan dalam wajan/panci 1 ekor ayam yg sudah dpotong2 ukuran sedang (tidak teralalu kecil seperti ayam utk bakmi ya). Lalu masukkan garam, kecap, dan ketumbar. Aduk sambil dpijit sampai merata..
  2. Masukkan batang sereh, lengkuas, jahe, dan bawang putih (kesemuanya di geprek). Lalu tambahkan cuka dan kecap. Tambahkan air kelapa dan masukkan gula merah. Rebus di atas kompor, aduk aduk sampai merata..
  3. Setelah airnya agak kering (jgn terlalu kering). Angkat, sisihkan dr airnya/tiriskan..
  4. Iris daun pandan dan bawang merah. Panaskan minyak goreng secukupnya, masukkan bawang merah setelah kering, tiriskan. Kemudian goreng daun pandan dan daun kari (Jgn sampai terlalu kering atau warna daun berubah kehitaman). Angkat dan tiriskan. Gabung semuanya (bawang goreng, daun pandan dan daun kari goreng)..
  5. Terakhir, goreng ayam yg sdh drebus tadi. Kalo mau terlalu garing boleh, atau mau agak basah jg boleh. Tiriskan dan gabung dg bawang goreng, daun pandan, dan daun kari goreng. Sajikan ☺️.

Ayam Tangkap adalah satu resep otentik khas Aceh yang tidak ada bandingannya. Keunikannya membedakan resep ini dengan berbagai masakan ayam lainnya. Secara rasa, penampilan, serta kelezatannya; ayam tangkap nyaris tidak ada tandingannya. Ayam tangkap khas Aceh ini biasa disebut juga dengan nama ayam tsunami karena tampilannya yang tampak porak-poranda selaksa daratan yang baru saja diterjang tsunami dahsyat. Nah, berikut adalah resep ayam tangkap khas Aceh, seperti yang sudah dirangkum GenPI.co dari berbagai sumber berikut.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan ayam tangkap (khas aceh) yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!